ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Rabu, 19 Januari 2011

Melatih Ketajaman Mata Dengan Metode Stereogram 3D

Dulu waktu saya kelas 1 SMA, saya di belikan sebuah buku oleh bapak saya. pas saya lihat ternyata buku tersebut isinya hanya gambar-gambar yang ga jelas bentuknya. setelah saya teliti ternyata buku tersebut adalah buku steogram 3D. nah disini saya smakin bingung "3d apaan, orang ga ad gambarnya sama sekali!??", sejak saat itu saya mempelajari terus caranya supaya bisa melihat gambar 3D yang tersembunyi di dalam gambar-gambar yang tidak jelas maksudnya itu..he2. akhirnya setelah 3 hari saya bisa juga melihat gambar tersebut (lama betul, padahan adik saya dalam waktu 1 jam langsung bs melihat gambar tsb).. wiih tenyata gambarnya bagus bangat..

Gambar-gambar stereogram memiliki keindahan yang luar biasa. Bagaimana tidak, dengan kedalaman pandangan tertentu, kita bisa melihat “sesuatu yang tidak nampak alias kasat mata”. hehe tapi bukan setan loh. Begini maksudnya, gambar yang menurut orang terlihat biasa-biasa saja, ternyata dengan teknik tertentu kita bisa melihat gambar itu menjadi luar biasa, sangat indah, dan tentu saja bentuknya berbeda dengan yang dilihat dengan pandangan biasa. Itulah gambar stereogram.

Sebenarnya apasih stereogram itu? Stereogram merupakan gambar 3 dimensi (3D) yang berada di obyek 2 dimensi (2D). Kalo menurut wikipedia begini: A stereogram is an optical illusion of depth created from flat, two-dimensional image or images. Originally, stereogram referred to a pair of stereo images which could be viewed using stereoscope.

ilustrasi cara melihatnya

Untuk pemula, ada beberapa cara untuk melihat gambar stereogram,
Cara 1, seperti gambar di atas. Langkah-langkahnya:
  1. Letakkan 2 jari anda pada gambar stereogram/pada monitor
  2. Arahkan mata kiri ke jari sebelah kiri, dan mata kanan ke jari sbelah kanan.
  3. Kaburkan pandangan sampai seolah-olah muncul jari tangan ketiga di tengah-tengahnya, atau sampai kedua tangan seolah-olah bersatu. lihatlah keindahan gambar 3D yang tampak.

Cara 2:

  1. Arahkan pandangan mata kiri ke sebelah kanan obyek gambar, dan mata kanan ke sebelah kiri obyek gambar (dijulingkan)
  2. Kaburkan pandangan sampai mata anda masuk ke dalam obyek 3 D.

Cara 3:

  1. Dekatkan pandangan (mata) ke gambar stereogram
  2. Kaburkan pandangan sambil menjauhi gambar tersebut.
  3. Obyek 3D akan muncul di dalam gambar 2 D.

Setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda untuk mampu melihat obyek 3D nya. Ada yang cepat, ada yang lambat. Yang jelas, melihat obyek 3D pada gambar stereogram bukan dengan mencari-cari dan melihat seteliti mungkin. Karena obyek 3D ada dibelakang (tepatnya di dalam) gambar tersebut.

Beberapa contoh gambar stereogram, coba tebak gambar apa ini :
3 RING
BABI
ELANG
SIPUT
SATURNUS

LUMBA-LUMBA

MESJID

Sudah tahu gambar apa saja yang di atas sana? Jangan melihat gambar itu apa adanya, karena sebenarnya obyek gambar ada di dalam gambar tersebut, dengan kedalaman tertentu. Semakin dalam obyek gambar, semakin susah dilihat, karena dibutuhkan ketajaman pandangan.

Kalo sudah mengerti tekniknya, sekarang kita sudah bisa menebak apa sebenarnya gambar2 yang tersembunyi dibalik gambar-gambar di atas. Kitapun bisa mengasah kemampuan dengan melihat gambar stereogram yang lain. Kita juga bisa membuat sendiri gambar-gambar stereogram dengan tools-tools yang disediakan di internet, baik secara online maupun dengan bantuan software.

HIKMAH :
  • Ternyata sudut pandang seseorang akan mengubah cara pandang seseorang.
  • Ternyata tidak semua yang dilihat orang menunjukkan keadaan sebenarnya.
  • Ternyata tidak semua orang mampu melihat keindahan dibalik obyek yang biasa-biasa saja.