ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Minggu, 13 Februari 2011

DNA atau Deoxyribonukleic acid

DNA atau Deoxyribonukleic acid adalah sejenis asam nukleat yang menjadi "cetak biru" sebuah organisme yang tersusun dari Gugus Fosfat, Gula deoksiribosa, dan Basa Nitrogen yang terdiri dari Adenin, Timin, Guanin, dan Sitosin. Kombinasi dari seluruh elemen di atas membentuk serangkaian Kromosom yang terletak dalam Inti sel ( kecuali pada beberapa jenis Virus ).

DNA pertama kali di ekstrak oleh seorang Ilmuwan Swiss yang bernama Friedrich Miescher pada tahun 1868. Hingga kini penelitian mengenai DNA masih terus dilakukan oleh para ahli di seluruh dunia. Berikut ini fakta unik mengenai DNA :
  1. DNA berukuran mikroskopik dan memiliki berat hanya satu per 200 miliar gram dan lebar hanya 1/500.000 milimeter untuk setiap sel namun jika direnggangkan, akan memiliki panjang sekitar tigameter. sebuah sel ternyata menyimpan semua informasi lengkap tentang organisme.
  2. Karena DNA menyimpan semua informasi tentang organisme, maka secara teori semua sel itu sama dan dapat menggantikan kerja sel lainnya. Misalnya DNA pada sel syaraf memiliki DNA yang juga sama dengan sel kulit oleh karena itu seharusnya sel kulit dapat digunakan untuk meng-implan jaringan syaraf yang rusak. Namun teknologi kita belum memungkinkan hal tersebut.
  3. Seandainya setiap orang di dunia menyumbang satu sel berisi DNA dan dikumpulkan, maka ukuran DNA keseluruhan tidak lebih dari ukuran sebutir BERAS.
  4. Dalam organisme multiseluler, misalnya manusia, terkadang satu atau lebih sel mengalami pembelahan tidak sempurna -karena satu dan lain hal- yang mengakibatkan penyimpangan kinerja sel hasil pembelahan tersebut. Tapi hal ini akan segera diketahui oleh sel tetangganya dan dengan suatu mekanisme yang rumit memberitahukan penyimpangan ini kepada sel-sel daran putih untuk memusnahkan sel yang menyimpang tadi. Ini adalah efek dari informasi dalam DNA yang mengetahui bagaimana setiap sel seharusnya membelah, melakukan aktifitas, dan sebagainya.
  5. Kanker merupakan penyimpangan DNA paling mematikan yang pernah diketahui, hal ini terjadi karena jumlah sel yang mengalami penyimpangan DNA lebih banyak daripada yang dapat ditanggulangi oleh tubuh.
  6. DNA memberikan pengaruh terhadap kepekaan individu, daya tahan tubuh, insting dasar dan sebagainya. Dengan memanipulasi DNA kita dapat memperoleh hasil yang diinginkan terhadap kualitas individu. Saat ini dikenal adanya Rekayasa DNA yang secara progresif dikembangkan di seluruh dunia.
  7. Dalam sebuah molekul DNA tunggal milik manusia, terdapat cukup informasi untuk mengisi kira-kira sejuta halaman ensiklopedia.
  8. Riset menemukan bahwa informasi dalam DNA yang menyerupai ensiklopedia besar ini diperkirakan mengandung 5 miliar potongan informasi yang berbeda. Jika satu potong informasi yang ada di dalam gen manusia akan dibaca setiap detik, tanpa henti, sepanjang waktu, maka dibutuhkan 100 tahun untuk menyelesaikan prosesnya. Ini berlaku untuk satu sel saja.

Menyelami dunia sel tak ubahnya menemukan sebuah super komputer yang masih belum dapat dikenali dan dikendalikan sepenuhnya bahkan setelah jutaan tahun keberadaan manusia. Tapi dengan pengetahuan kita saat ini, meski belum seluruhnya dan masih dalam penelitian lanjut, kita dapat menyelami samudera rahasia yang justeru ada dalam diri kita dan lebih sering kita abaikan untuk menemukan hasil karya seni yang agung ini.