ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Sabtu, 26 Februari 2011

SIMBOL REIKI USUI

Dalam berlatih Reiki, Level 1 diajarkan bagaimana kita menyalurkan Reiki kepada diri sendiri dan orang lain, pada Level 2 kita belajar bagaimana menggunakan energi lebih jauh lagi dan mempelajari sifat-sifat energi seperti disimbolkan dalam simbol chokurei (fokus: untuk mempercepat hasil dan memperkuat rasa), Se hei Ki (Harmonis: keseimbangan dan penyebaran energi) dan Hon Za she zo nen ( Sifat dasar dari energi adalah tidak ada ruang dan waktu).

Ketika Sensei Usui ingin mengajarkan pemahaman Beliau tentang energi dan sifat-sifatnya, beliau merasa bahwa penjelasan yang bagaimana bagusnya tidak akan mampu menandingi pemahaman yang diperoleh seseorang secara langsung. Ini dibuktikan melalui pengalaman beliau sendiri ketika sedang belajar mencari pemahaman spiritual tertinggi (Satori). Hingga suatu saat ketika beliau bertemu dengan seorang biksu Zen, sang biksu menganjurkan Sensei untuk menjalani latihan spiritual sendiri dan tidak mencari pemahaman dari buku atau guru-guru spiritual.

Apa yang dirasakan oleh Sensei Usui, tentu tidak mudah bagi kita di dunia modern untuk bisa mengalaminya. Sehingga Sensei Usui memberikan suatu petunjuk melalui penggunaan simbol-simbol dalam Reiki level 2(Okuden).

Dalam Cho ku Rei, kita belajar tentang pentingnya konsentrasi untuk mendapatkan hasil.

Dalam Se Hei Ki, kita belajar bahwa segala sesuatu pasti di seimbangkan kembali, yang berlebihan akan dikurangi dan yang kurang akan ditambahkan. Dalam simbol ini terkandung pelajaran tentang hukum sebab-akibat.

Dalam Hon Za She Zo Nen, kita belajar tentang sifat hakiki tentang segala sesuatu, yaitu tidak terbatas oleh ruang dan waktu, tidak pernah terlahir dan tidak pernah mati.

Kedalaman pelajaran Reiki yang terkandung didalam simbol-simbol tersebut, terbuka bagi anda dan siapa saja yang melatih Reiki dan memberi kesempatan bagi diri anda untuk mengerti

Seorang praktisi reiki level 2 sudah bisa menggunakan simbol reiki dalam melakukan healing baik diri sendiri atau orang lain. Attunement Reiki pada level 2 ini juga akan meningkatkan intensitas energi seorang praktisi reiki. Simbol reiki dapat diartikan sebagai lambang energi spesifik yang merupakan kristalisasi dari suatu fungsi energi yang digunakan dalam reiki.

Salah satu simbol penguat reiki berfungsi untuk menguatkan vibrasi energi reiki agar bekerja semaksimal mungkin dibarengi affirmasi yang tepat sesuai dengan karakter simbol reiki yang sedang digunakan. Praktisi Reiki dapat juga mempergunakan simbol lain yang dirancang untuk membersihkan unsur negative dari
suatu lokasi atau tempat.

Sebaliknya praktisi Reiki dapat mempergunakan simbol pengiriman energi jarak jauh untuk penyembuhan pasien di beberapa tempat berlainan dalam jumlah banyak sekaligus. Simbol dapat digambarkan secara fisik dengan memanfaatkan chakra atau secara visualisasi.

Secara fisik praktisi Reiki menggambar simbol di depan dadanya dengan menggunakan tangan kanan atau kiri. Gerakan tangan ini menggambar simbol layaknya melukis simbol di kertas. Setelah digambarkan simbol dihubungkan dengan kekuatan alam semesta agar dapat menjalankan fungsinya.

Simbol Reiki ini hanya dapat digunakan oleh praktisi Reiki ketika sudah menduduki level 2 dalam tataran pembelajaran Reiki. Attunement Reiki level 2 ini juga akan meningkatkan intensitas energi praktisi Reiki mencapai 10 kali lipat dibandingkan praktisi Reiki di level 1. Simbol-simbol Reiki merupakan perangkat penghubung antara praktisi Reiki dengan pembimbing Reiki.

Penggunaan simbol ini dapat membantu meningkatkan vibrasi energi seorang praktisi Reiki. Hal ini disebabkan simbol-simbol tersebut mempunyai fungsi-fungsi tertentu yang sangat khas atas penyembuhan penyakit juga kasus penyaluran energi jarak jauh terhadap pasien lain di tempat berbeda dan waktu berbeda pula.

Simbol Reiki dapat diartikan sebagai lambang energi spesifik yang merupakan kristalisasi dari suatu fungsi energi dalam Reiki.

Dalam tradisi Reiki lain misal gTummo, Tummo, Usui Tibetan setelah mendapatkan attunement seorang praktisi Reiki akan memperoleh hak atas penggunaan simbol ini di mana simbol ini dilukiskan sebagai simbol daya, simbol mental/emosi dan simbol relativitas.

Dalam istilah tradisional Reiki dikenal dengan nama Cho Ku Rei, She Hei Ki, dan Hon Sha Ze Sho Nen. Hanya Reiki tradisi Inti Reiki dan Kundalini Reiki simbol ini tidak dipergunakan.

Sebagai gantinya kekuatan dan ketepatan merancang afirmasi yang diucapkan ketika mulai menyalurkan energi. Kendati demikian sebagai seorang praktisi Reiki diwajibkan mengenal dan memahami bentuk dan cara membuat ketiga simbol tersebut. Bila praktisi Reiki sudah menduduki level Personal Mastery atau level
Master penggunaan simbol ini sudah tidak dipergunakan lagi, karena pada level ini penyembuhan hanya dilakukan dengan niat.

Dengan niat energi akan bekerja sesuai dengan simbol yang digunakan saat healing. Tentunya tingkatan ini memerlukan latihan praktek yang konsisten dalam memahami simbol yang dimaksud serta keyakinan tinggi dalam menggunakan simbol tadi. Semakin tinggi level praktisi Reiki simbol cukup diniatkan saja bekerja
tanpa menggunakan gerakan tangan dalam melukis simbol di depan tubuh praktisi Reiki.

Dengan memahami kerja simbol ini bukan berarti praktisi reiki mengkultuskan simbol reiki. Simbol reiki hanya alat bantu saja dalam penyaluran reiki kepada pasien. Tak ubahnya kalau kita berkehendak pergi ke Bandung misalnya, kita bisa menggunakan sarana transportasi yang dapat membantu mencapai tujuan dengan cepat dengan naik bus, kereta api atau pesawat terbang dibandingkan bila kita berjalan kaki. Memang nanti juga sampai ke Bandung tapi memakan waktu lama untuk sampai tujuan. Nah dalam pembelajaran Reiki ini simbol mulai dipakai bila praktisi sudah menduduki level 2 dan sudah sejauh mana mempraktekkan Reiki untuk mendapatkan kesehatan serta kebugaran tubuh pribadi dan tentu saja menyalurkan Reiki untuk orang lain baik jarak dekat atau jarak jauh.

Praktek menggunakan simbol-simbol

CHO KU REI

1. Meningkatkan energi
  • Hadapkan kedua telapak dengan jarak kira2 25 cm didepan pusar. Niatkan cakra jantung menggambar simbol cho ku rei diantara kedua telapak tangan itu.
  • Afirmasikan: chokurei 3X, tarik energi reiki sesuai simbol dan bentuk bola energi. Tunggu 1/2 mnt.
  • Kemudian dorong bola energi masuk cakra pusar, sambil afirmasikan: masuklah seutuhnya dalam cakra pusar saya, dantingkatkan energi saya/pasien jadi 3X lipat secara merata.

2. Melindungi orang atau benda
  • Lakukan prosedur menggambar simbol.
  • Setelah terbentuk bayangkan orang atau benda yang dilindungi berada dalam bola energi dan afirmasikan: bola energi ini sangat kuat, sehingg tidak ada kekuatan negatif yang bisa menembusnya. Dan bola ini akan bertahan selama 1 minggu.
  • Kekuatan bertahan bola itu, tergantung kekuatan anda.

3. Membersihkan benda
  • Lakukan prosedur menggambar simbol. Cuma sekarang dilakukan diatas benda yg akan dibersihkan, kira2 10 cm.
  • Kemudian dorong bola ketarget dan afirmasikan: masuklah dlm benda ini, bersihkan dan penuhi dengan energi reiki.

3. Menguatkan simbol lain
  • Digambar setelah simbol lain digambar dan diberi perintah.
  • Afirmasinya: perkuatlah kerja simbol, mis: she hei ki.

SEI HEI KI

  • Membersihkan energi negatif
  • Lakukan prosedur menggambar simbol diatas bagian yang sakit.
  • Kemudian dorong masuk bola energi, dan niatkan agar membersihkan energi negatif dibagian tsb.

Hon sha she so nen

  • Jembatan energi untuk pengiriman energi jarak jauh
  • Lakukan prosedur gambar simbol, kali ini didepan dada.
  • Afirmasikan: semua energi dan simbol yang dikirim akan diterima: si A/semua pasien yang ada pada daftar (kalau pasien banyak bikin daftar). Pada saat ini/1jam yang lalu/2jam lagi. Dan simbol akan bekerja setelah pasien siap menerima energi.
  • Lalu lepas tangan sebentar. Ulangi prosedur menggambar simbol cho ku rei.
  • Setelah bola terbentuk, afirmasikan: perkuat kerja simbol (HSSN) agar masing2 pasien menerima energi 100% utuh. Kemudian lakukan healing seakan pasien ada didepan anda.

Tiga simbol itu merupakan simbol pokok.

Nb. 
Simbol dalam Reiki NAQS berbeda dengan Reiki USUI. Namun sama dalam aplikasinya. Sehingga bagi anda yang sudah pernah belajar Rei Ki dari tradisi yang lain. Tentu sudah terbiasa dengan penggunaan simbol Rei Ki.

Pemakaian simbol dan bola energi di dalam Rei Ki NAQS bukanlah sebuah keharusan. Namun boleh digunakan.