ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Jumat, 25 Februari 2011

Tips Menidurkan Bayi

Allah menjadikan bagi kamu istri-istri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari istri-istri kamu itu, anak anak dan cucu-cucu, dan memberimu rizki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?” (An-Nahl: 72)

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Agama (Allah); (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia yang tidak mengetahui.” (QS 30 : 30)

Setiap anak dilahirkan dalam keadaan di atas fitrah. Maka, kedua orangtuanyalah yang menjadikan anak tersebut menjadi Yahudi, Nasrani atau Majusi.” (HR. Al-Bukhari no. 1384, dan Muslim no. 2658, dari hadits Abu Hurairah z)

Tips Menidurkan Bayi
Tidur adalah aktifitas penting bagi bayi. Bayi membutuhkan waktu tidur lebih lama untuk mendukung perkembangan tubuh dan otaknya. Bayi usia 0-2 bulan, membutuhkan jam tidur 10,5 – 18 jam sehari. Bayi usia 2-12 bulan membutuhkan jam tidur 14 – 15 jam sehari. Dan untuk usia 1-3 tahun, mereka membutuhkan tidur 12 – 14 jam sehari.

Membuat bayi untuk tertidur memang tidak mudah, bahkan bisa membuat jengkel orangtua jika sang anak tidak kunjung tidur juga. Pada dasarnya bayi itu sangat sensitif terhadap rangsangan, itulah hal yang menyebabkan bayi tidak bisa langsung tertidur.

Salah-salah jika sang ibu tidak benar menaruh sang bayi ditempat tidur, sang bayi benar-benar tak mau tidur. Untuk itulah, sang ibu harus benar-benar tahu teknik yang tepat dalam menidurkan sang bayi dan cara menaruh bayi tersebut ditempat tidur.

Berdasarkan hal tersebut, artikel ini akan membahas beberapa tips yang bisa dipakai sang ibu dalam menidurkan bayinya dan cara meletakkan bayinya ditempat tidur. Tetapi, kunci keberhasilan dari tips-tips ini adalah kesabaran dan kasih sayang yang tulus dari sang ibu. Selamat membaca dan semoga berguna.

Berikut ini tips pendukung yang perlu diperhatikan sebelum menidurkan bayi:
  1. Memberi Makanan dan Minuman yang Cukup. Banyak bayi sulit tidur atau sering terbangun dari tidurnya karena merasa belum kenyang. Karena itu, penuhi kebutuhan makan dan minum bayi sebelum tidur. Jika kebutuhan fisiknya dipenuhi, si kecil tidak lagi sering terbangun di tengah malam. Yang perlu diperhatikan, ditinjau dari kesehatan gigi, kebiasaan memberikan susu di malam hari sebaiknya dihentikan setelah gigi bayi muncul (sekitar usia 6 bulan setelah masa ASI eksklusif). Sebagai gantinya, berikan air putih jika ia memang haus atau tenangkan bayi agar tidur kembali.
  2. Memakaian Baju yang Tepat. Pilihlah baju untuk tidur yang nyaman. Sesuaikan ukurannya dengan tubuh bayi. Jangan terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil yang dapat membuatnya sesak. Pilih yang bahannya lembut. Baju tidur yang nyaman membantu bayi terlelap semalaman.
  3. Bersihkan Badan Bayi. Tubuh lengket karena keringat dan kotor sehabis makan dan bermain gampang membuat kulit bayi gatal-gatal yang mengganggu tidurnya. Sebaiknya, seka tubuh bayi dengan waslap basah sebelum tidur. Kalau perlu sapukan bedak ke lipatan kulitnya dan oleskan minyak telon di perut dan punggungnya. Cara itu bisa membuat bayi nyaman dan cepat tertidur.
  4. Atur Kamar dan Ruangan. Atur suasana kamar sehingga nyaman untuk tidur. Ini meliputi tata cahaya, ventilasi, tata warna, suhu, dan juga keadaan boksnya. Anda bisa meletakkan boks di dalam kamar tidur, di samping ranjang orangtua atau di kamar tersendiri. Masing-masing pilihan ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Jika bayi sering gelisah dan terbangun dari tidur, ganjal sisi tubuhnya dengan bantal kecil atau buntalan selimut (bisa juga handuk lembut) sehingga bayi merasa ada yang menjaganya. Hindarkan juga suara bising yang membuatnya mudah terjaga. Jangan gunakan pewangi ruangan dan obat pengusir nyamuk yang bisa membuatnya sesak. Nyamuk memang sering membuat bayi tidak nyenyak tidur. Pakailah kelambu yang bisa melindungi bayi dari serangan nyamuk. Bayi sangat suka sekali dengan kehangatan, baik dari suhu dimana tempat ia berada ataupun dari dekapan sang ibu. Maka dari itu, ketika sang ibu mau menidurkan sang bayi, ada baiknya sang ibu mendekap sang bayi sambil menggoyangkan-goyangkan badan dengan ritme yang lembut dan konstan, lalu sang ibu juga sebaiknya memilih kamar yang hangat agar bayi bisa tidur terlelap.
  5. Buang Air sebelum Tidur. Celana basah dan kotor bisa mengganggu tidur bayi. Karena itu, usahakan agar bayi buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) sebelum tidur. Memang, ini tidak menjamin bayi tidak BAB dan BAK di waktu malam, karena sering tidaknya bayi buang air dipengaruhi asupan minuman dan makanan, juga beragam faktor lain. Tapi setidaknya, bayi terbiasa mengatur jam biologisnya, termasuk untuk BAB dan BAK. Nah, agar bayi bisa tetap “kering” jangan biasakan memberinya susu jika ia bangun malam atau gunakan pospak. Kebutuhan nutrisi bayi 6 bulan ke atas sebaiknya dipenuhi pada pagi hingga 1-2 jam sebelum tidur malam saja.
  6. Jika Masih Memakai Popok, Pilihlah yang Tepat. Ini karena, banyak bayi yang tidak merasa nyaman dengan jenis popok tertentu. Apalagi sekarang banyak pilihan popok bayi dengan beragam harga dan kualitas serta jenisnya. Jika memang bayi tidak nyaman dengan popok biasa, membuat kulitnya kemerahan atau terasa panas sehingga sering menangis, pilihlah popok yang berjenis soft atau ultra soft. Harganya memang lebih mahal, tetapi untuk kenyamanan bayi, mengapa tidak?
  7. Pijat-pijatlah mata bayi anda dengan lembut dan berikan kecupan. dengan melakukan ini, sang bayi akan merasa nyaman dan aman dengan keadaan disekitarnya. Sebaiknya hal ini dilakukan ketika anda menggendong bayi anda, biarkan ia merasakan kasih sayang anda. Maka dengan sendirinya, sang bayi akan merasa mengantuk dan tertidur di gendongan anda.
  8. Taruhlah bayi anda ditempat tidur dengan sangat perlahan. Tapi, sebelum anda menaruh bayi anda ditempat tidurnya, anda harus sudah menyiapkan kasur yang benar-benar nyaman dan empuk dan susunlah bantal dan guling agar menjadi penyangga dan pelindung bagi bayi anda. Nah, ingatlah dalam menaruh bayi keatas tempat tidurnya, anda harus benar-benar tidak membuat sang bayi terkejut.. Jika sang bayi terkejut, maka ia akan menangis dan tidak mau tertidur lagi. Cara yang terbaik adalah menggendong bayi anda sambil bergerak menuju tempat tidur dan ketika anda ingin merebahkan bayi anda, biarkanlah badan anda ikut merebah sedikit, dengan tujuan agar sang bayi tidak mendapat goncangan yang bisa membuatnya menangis.

Umumnya bayi mulai tidur teratur saat memasuki usia 6-8 bulan. Pada masa-masa inilah saat yang tepat untuk melatih bayi agar memiliki jam tidur yang teratur.

Bayi menyukai rutinitas, begitu pula saat saat ia beristirahat. Bantu si kecil agar dapat tidur nyenyak dengan membiasakannya menjalani rutinitas tidur yang menyenangkan. Apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menidurkan bayi?

Yang Boleh Dilakukan:
  • Amati hal-hal yang dapat membantu bayi tidur nyenyak dengan cepat. Ada bayi yang dapat tidur dengan mendengar suara vacum cleaner, suara gemericik air atau lagu-lagu lembut.
  • Pastikan bayi dalam keadaan kenyang dan nyaman, sehingga ia dapat terlelap dalam waktu yang lama
  • Latih bayi mengenali jam tidurnya dengan melakukan hal-hal rutinitas sebelum tidur, misalnya dengan mandi air hangat dan berganti baju, suasana kamar yang redup dan tenang, membaca buku cerita atau mendengarkan musik lembut.
  • Biasakan tidur malam lebih lama dibanding tidur siang, bangunkan bayi jika perlu
  • Atur suhu ruangan sekitar 18 derajat celcius
  • Tidurkan bayi dalam posisi terlentang
  • Si kecil dapat dibiarkan tidur sendiri di kamarnya saat usia 6 bulan
  • Gunakan bumper di sekeliling boks tidur bayi terutama jika ia sudah pandai berguling. Pilih yang cukup tebal dan empuk.
  • Bicarakan aturan anda dengan pasangan dan pengasuh bayi agar konsisten dan bayi tidak bingung

Yang Jangan Dilakukan:
  • Membiasakan anak tidur tanpa jadwal yang tetap atau terlalu lama tidur siang sehingga bayi terbangun semalaman
  • Hindari menyusui bayi sampai ia tertidur karena jika ia terbiasa akan susah mengajarkannya tidur sendiri
  • Suhu ruangan yang terlalu hangat (di atas 20 derajat celsius) atau terkalu dingin (di bawah 16 derajat Celsius)
  • Menggendong bayi hingga ia tertidur, karena akan sulit melatihnya tidur sendiri
  • Hindari mengganggu rutinitas sehari-hari si kecil terutama jadwal dan rutinitas tidurnya
  • Jangan menaruh mainan bayi di boks tidurnya, karena sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian
  • Hindari menyelimuti bayi hingga pangkal leher untuk mencegahnya menyusup ke dalam selimut dan mengalami sesak napas.

Semoga tips pendukung menidurkan bayi di atas bermanfaat sehingga bayi bisa tidur nyenyak. Dengan demikian jam tidurnya terpenuhi dan bayi tumbuh sehat dan cerdas.

Sayang Anak.....
Sayang Anak.....
He....he....he....