Pengertian Training/Workshop dan Seminar

Anda mungkin sudah sangat sering mengikuti acara yang orang lain sebut seminar, training atau workshop. Dari 3 jenis acara ini, mana yang lebih bermanfaat untuk anda? Artikel ini saya buat dengan judul “Pengertian Training dan Seminar“. Kenapa? Karena dua jenis acara ini memang berbeda. Seminar maupun training keduanya merupakan acara pertemuan, namun ada satu perbedaan yang sangat mencolok, yaitu “praktek”!

Supaya tidak panjang lebar mari saya jelaskan satu per satu apa itu training dan apa itu seminar…

Definisi / Pengertian Training (workshop)
Training jika diartikan dalam bahasa indonesia artinya pelatihan. Dengan definisi seperti itu sudah sangat jelas bahwa kita benar-benar akan praktek. Training bersifat “learning by doing”, dipandu oleh si pelatih dan anda praktik apa yang diajarkan. Ini bagus untuk anda yang ingin menguasai sebuah topik tertentu. Misalnya ada pelatihan NLP Practitioner atau Kuantum Husada, anda akan belajar bukan sebatas teori melainkan anda juga pasti praktek.

Lebih rincinya, berikut adalah beberapa pengertian yang bisa anda tarik untuk sebuah acara yang di sebut training:
  • Tujuannya untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan para target / sasaran (Karyawan, Direktur, Manager, dll)
  • Obyeknya seorang atau sekelompok orang
  • Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada target sesuai dengan kebutuhan masing-masing (Karyawan, Direktur, Manager, dll)
  • Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan apa yang menjadi topik sesuai dengan prosedur sehingga menjadi kebiasaan
  • Hasilnya bisa segera terlihat karena memang langsung praktek. Sehingga ada perubahan yang memungkinkan tercipta setelah mengikuti acara training tersebut

Pengertian / Definisi Seminar
Seminar bisa diartikan sebuah bentuk pengajaran akademis. Baik diberikan di sebuah universitas, oleh organisasi tertentu atau diberikan oleh profesional. Kata seminar itu sendiri berasal dari kata Latin yaitu Seminarum, yang artinya “tanah tempat menanam benih”.

Seminar biasanya fokus pada sebuah suatu topik tertentu yang khusus (sama seperti training), di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Namun, seminar seringkali dilaksanakan dalam bentuk dialog dengan moderator, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang formal. Kadang kala ada sesion debat dan ada kala berbagi pengalaman.

Pastinya, jika anda berperan sebagai peserta, anda harus siap menulis apa yang ingin anda tanyakan / yang belum anda pahami dari apa yang dibahas oleh si pembicara. Karena memang anda harus mendapat sesuatu dan hasil, bukan? Hal ini harus anda lakukan mengingat anda sama sekali tidak akan praktek pada saat acara berlangsung.

Jadi, mana yang lebih anda minati, setelah anda membaca artikel “Pengertian Training dan Seminar Ini?” Seminar atau training? Semua bisa anda ikuti sesuai dengan kebutuhan anda. Terpenting apa yang anda pelajari tidak menguap dalam beberapa saat. Baru saja 1 hari sudah lupa, tentunya kita sendiri yang rugi jika begitu.

Semoga sharing kita bermanfaat, apaila ingin menambahkan silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini.

Source : tikettraining.com
Pengertian Training/Workshop dan Seminar Pengertian Training/Workshop dan Seminar Reviewed by Edi Sugianto on 22.02 Rating: 5

1 komentar:


kelas Gendam Online
Diberdayakan oleh Blogger.