ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Jumat, 24 Agustus 2012

MAAF BUAT YANG ULANG TAHUN

Buat sahabat di facebokk, twitter, dan di dunia maya semuanya, yang sedang Ulang Tahun, Yang sudah Ulang Tahun, dan Yang Akan Ulang Tahun. Saya ucapkan MOHON MAAF YANG SEBESAR-BESARNYA, bila saya jarang atau tidak pernah mengucapkan "SELAMAT ULANG TAHUN" pada hari bersejarah anda tersebut...

Bukan karena saya pelit ataupun sombong atau tidak menghargai anda, tetapi karena tradisi Ulang Tahun tersebut tidak ada di dalam keseharian saya. Sejak saya lahir hingga sekarang, saya tidak pernah merayakan ulang tahun. Demikian juga anak-anak sayapun tidak pernah saya rayakan ulang tahunnya.

Tradisi yg biasa kami lakukan adalah, biasanya sekedar mengadakan slametan kecil-kecilan berupa nasi dan lauknya di atas nampan/lengser/tampah, yang dimakan secara bersama-sama oleh tetangga. Dan itu biasanya kami lakukan bukan pd tanggal kelahiran namun pd hari kelahiran sesuai weton jawa, yg artinya itu bisa dilakukan setiap bulan. Dan itupun tidak pake kado-kadoan ataupun ucapan-ucapan selamat ulang tahun dll.

Dalam Tradisi di kampung saya, itu disebut bancaan weton. Namun bancaan weton inipun juga tidak seperti adat orang dari daerah Jawa Tengah ataupun selatan pada umumnya. Yang mempunyai ubo rampe lengkap, silahkan baca artikel BANCAAN WETON ADAT JAWA. Bancaan di kampung kami biasanya lauknya bebas, bisa hanya berupa telur rebus, tahu tempe dan lalapan sayur, ataupun bisa yang lainnya. Jadi ndak ada aturan baku dalam hal ini. Cara kami melakukan bancaan makan bersama ini persis seperti foto di atas.

Jadi sekali lagi, karena merayakan Ulang tahun tidak pernah kami lakukan. Maka sering saya itu lupa untuk mengucapkan "SELAMAT ULANG TAHUN" pada hari bersejarah anda tersebut... SEKALI LAGI MAAF YO....

FOTO by Syam Sopandi Sofyan