ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Rabu, 31 Oktober 2012

RAHASIA ALAM BAWAH SADAR

MIND CONTROL
"Selamat sore pak, saya mau bertanya pak, dan ini selalu mengganggu pikiran saya, dulu saya tidak mengerti kekuatan pikiran dan perkataan, dan kata2 yg dulu sya katakan kok sekarang benar2 menjadi kenyataan, n sekarang ini apa yg saya pikirkan sangat cpt terwujud...? kenapa dng saya ya pak?" Tanya seorang sahabat di inbox FB...

Saya jawab melalui status ini : Sebagaimana saya tulis dalam status kemarin.

"Begitu dahsyat dan luar biasanya pengaruh pikiran bawah sadar ini hingga banyak pakar di bidang neurosains mengatakan lebih dari 85 % hidup kita dikendalikan oleh pikiran bawah sadar. Artinya hanya 15 % saja pengaruh pikiran sadar dalam hidup kita.

Dan itu artinya 85% dari waktu yang kita gunakan selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu..... Kondisi kesadaran kita lebih banyak berada di area Bawah sadar....atau terhubung dg alam bawah sadar. dan untuk itu anda tidak harus masuk kondisi Alpha.....

SOLUSI UNTUK MASALAH DI ATAS :
KUASAI ILMU PENGENDALIAN PIKIRAN........... STATE OF MIND CONTROL.....

atau kendalikan fikiran, kata-kata, & tindakan anda.
Fokuskan ke hal-hal yg positif, baik positif thinking ataupun positif feeling. dan perbanyak zikrullah, agar selalu mendapat tuntunan dan bimbinganNya...."
PIKIRAN BAWAH SADAR
Di dalam diri kita sesungguhnya ada dua macam pikiran, yaitu pikiran sadar(conscious) dan pikiran bawah sadar(subconscious). Pengaruh dan peran pikiran sadar terhadap diri kita sebesar 15%, sedangkan pikiran bawah sadar mencapai 85%. Fakta Ini menunjukkan bahwa pikiran bawah sadar ternyata lebih dominan dan sangat besar pengaruhnya terhadap pembentukkan karakter, cara berpikir dan bertindak kita. Pikiran sadar dan bawah sadar saling mempengaruhi dan bekerja sama. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakan pikiran anda. Saya pernah membaca sebuah kutipan asing yang mengatakan bahwa We are what we think (Kita adalah apa yang kita pikirkan). Ada juga ungkapan lain yang mengatakan Jika kita berpikir kita bisa maka kita pasti bisa ( If you think you can, you can). Kutipan-kutipan di atas sesungguhnya mau menggambarkan kepada kita betapa dahsyatnya kekuatan pikiran manusia itu. Oleh karena itu, kita harus menggunakan pikiran kita secara baik karena dapat mempengaruhi pola tindak dan pola laku kita.

Otak sadar manusia layaknya bongkahan gunung es yang muncul di permukaan. Selebihnya berupa alam bawah sadar yang memiliki kekuatan maha dahsyat. Banyak keberhasilan bisa diperoleh dari mengelola alam bawah sadar.

Pernahkah kita berpikir sejauh mana kemampuan otak kita? Yang kita pahami selama ini, kemampuan otak kita hanyalah secara analistik, namun kita tak pernah menyadari bahwa kemampuan otak manusia tak hanya sekedar analistik. Ada banyak hal yang bisa diungkapkan dalam otak.

Secara garis besar, otak manusia terbagi dalam dua bagian, otak kanan dan otak kiri. Otak kiri memproses segala macam angka, matematika, bahasa, hitung-hitungan dan sebagainya. Sementara otak kanan, memproses segala macam keindahan, tata kata tak lagi tersusun secara verbal. Musik dan warna-warna indah adalah basil kerja otak kanan.

Hanya sebatas itukah otak kita? Tidak. Laiknya gunung es yang muncul di permukaan, yang tampak hanya 15 persen saja, 85 persen sisanya masih tenggelam di dalam lautan. Yang 12 persen itu dise-but sebagai alam atau pikiran sadar (conscious mind). Sisanya, 85 persen, disebut alam bawah sadar (subconsious). Antara alam sadar dan bawah sadar dibatasi se-buah garis filter yang disebut reticular activating system. Garis ini berfungsi melindungi manusia dari informasi-inforrnasi yang tak perlu, sehingga seseorang tetap terlihat sadar dan waras. Nah, selama ini, kemampuan otak yang digunakan oleh manusia hanya 12 persen, sisanya tenggelam dalam diri kita.

Bayangkan, dengan 15 persen dari keseluruhan otak manusia, kita sudah sedemikian hebat. Bisa hitung-hitungan, bisa menelorkan gagasan-gagasan managemen yang begitu spetakuler, mampu menghasilkan sebuah tayangan televisi fenomenal, dan sebagainya. Lalu bagai-mana kalau kemampuan otak yang 88persen itu kita bisa manfaatkan? Hasilnya tentu saja lebih luar biasa.

Alam bawah sadar kita sangat kuat sekali. Dalam proyeksi kehidupan, alam bawah sadar ini merupakan sebuah gudang yang luas, yang menyimpan semua pengalaman hidup kita, citra diri kita,”

Alam bawah sadar bisa terprogram. Dan, kata-kata yang negatif lebih cepat diserap dan tersimpan dalam gudang alam atau pikiran bawah sadar. Sebagai contoh, sebut saja si A. Ketika duduk di sekolah dasar, guru si A terlihat putus asa melihat nilai matematikanya selalu empat. Sang guru pun berkata, “Kamu bodoh, tak bisa hitung-hitungan.” Seiring pertumbuhan dirinya, si A pun membenci matematika dan merasa bodoh di bidang yang satu ini. Sebetulnya, ketika dibilang bodoh, tanpa disadari kita mencitrakan diri sebagai orang bodoh, dan alam bawah sadar mengambil alih pencitraan diri Anda. Setiap kali Anda mencoba menghitung dan merasa bodoh, alam bawah sadar memasuki pikiran Anda, mengatakan bahwa Anda tidak bisa matematika. Sehingga akhirnya Bodoh dalam hal matematika menjadi sebuah keyakinan di dalam diri si A dan akhirnya mempengaruhi sikap dan perilaku si A terhadap matematika. Dan pada akhirnya, jadilah si A mempunyai citra diri bahwa dirinya tidak pandai matematika.

Kekuatan pikiran bawah sadar begitu besar. Kekuatan pikiran bawah sadar dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan tiga sampai tujuh kali lebih cepat.

Pikiran bawah sadar tidak pernah mengetahui perbedaan antara imajinasi dengan kenyataan. Pikiran bawah sadar tidak pernah memiliki mekanisme untuk mengetahui hal-hal yang nyata ataupun bukan. Ada empat hukum pikiran bawah sadar, yaitu positif, kalimat saat ini (present tense), bersifat pribadi, dan pengulangan. Dalam memprogram diperlukan emosi positif dengan mencurahkan segenap jiwa. Saat meditasi, kita harus membayangkan bahwa keinginan kita benar-benar terjadi. Ketika menginginkan menikah, maka pikiran alam bawah sadar kita tuntun dan ciptakan sebuah visual yang indah. Begitu juga saat kita menginginkan gaji Rp 20 juta perbulan, maka visualisasikan dalam alam pikiran bahwa kita secara mental telah menerima uang sebanyak itu.

Sifat fikiran selalu penuh dengan keraguan. Kondisi Beta akan mendorong kita untuk merasa ragu melakukan sesuatu. Karena itu, alam bawah sadar memerlukan sifat tegas, tentu saja dibarengi dengan unsur emosi yang kuat, dalam hal ini hindari emosi negatif, tetapi gunakan emosi positif.

Adi W. Gunawan dalam bukunya yang berjudul Hypnotherapy, The Art of Subconscious Restructuring menyatakan bahwa pikiran sadar dan pikiran bawah sadar mempunyai fungsinya masing-masing, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Pikiran Sadar mempunyai empat fungsi spesifik, yaitu:
  1. Mengidentifikasi informasi yang masuk 
  2. Membandingkan 
  3. Menganalisis 
  4. Memutuskan
2. Pikiran Bawah Sadar mempunyai fungsi atau menyimpan hal-hal sebagai berikut:
  1. Kebiasaan (baik, buruk dan refleks) 
  2. Emosi 
  3. Memori jangka panjang 
  4. Kepribadian 
  5. Intuisi 
  6. Kreatifitas, 
  7. Persepsi
  8. Belief dan value.
Berdasarkan uraian di atas anda bisa melihat bahwa salah satu fungsi pikiran bawah sadar adalah sebagai tempat penyimpanan memori atau informasi. Memori yang tersimpan dalam pikiran bawah sadar bersifat permanen. Memori atau informasi yang tersimpan ini bisa berupa informasi yang baik dan buruk. Apa yang akan terjadi jika memori atau informasi yang tersimpan dalam diri seseorang adalah hal-hal buruk atau yang bersifat traumatis. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi kepribadian, cara berpikir dan pola laku orang tersebut. Kita ambil contoh kasus sebagai ilustrasi, ada seorang anak yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah dan memiliki prestasi sekolah yang sangat rendah. Setelah diteliti ternyata anak ini sejak masa kecilnya sering dikatakan bodoh, baik oleh guru dan juga orantuanya sendiri. Karena sering dikatakan bodoh maka lama kelamaan pikiran bawah sadar anak itu akan menangkap dan menerima informasi ini sebagai sebuah kebenaran. Hasilnya? Ya, anak ini akan merasa dirinya benar-benar bodoh seperti yang sering dilontarkan oleh gurunya tadi. Ia menjadi bodoh bukan karena tidak mempunyai kapasitas untuk pintar, tetapi lebih karena didikte oleh program "bodoh" yang telah terinstall di pikirannya (Adi W. Gunawan).

Ingat, pengaruh pikiran bawah sadar itu 85% menguasai diri kita, jika pikiran anda berisi 85% pikiran negatif maka apa pun yang anda lakukan hanya akan mendapat pencapaian yang merugikan.Jika pikiran negatif sudah menguasai diri kita, maka apa yang harus dilakukan? Cara yang sangat sederhana adalah dengan melakukan affirmasi positif secara berulang-ulang karena segala sesuatu yang dilakukan secara konsisten atau berulang-ulang akan masuk ke bawah sadar dan menjadi kebiasaan. Sebagai contoh, jika selama ini anda selalu berpikir bahwa anda bodoh maka gantilah kata-kata itu menjadi "saya cerdas, saya mampu atau saya bisa". Lakukanlah berulang-ulang setiap hari, baik sebelum tidur atau setelah tidur sesuka anda. Sebaiknya sebelum atau sesudah melakukan afirmasi, lakukan relaksasi. Cara lain adalah dengan hipnosis dan menurut para ahli yang bergelut dalam bidang ini menyatakan bahwa hipnosis adalah cara yang paling efektif dan cepat untuk masuk dalam pikiran bawah sadar seseorang. Dengan hipnosis pikiran negatif kita akan dibuang dan program baru akan diinstall secara cepat dalam pikiran bawah sadar kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Hiduplah secara positif, berpikir positif dan bertindak positif.

PROGRAM PIKIRAN
Ada sesuatu yang selalu menghalangi kita untuk bergerak maju. Suara-suara kecil yang kadang muncul tapi cukup merisaukan. Ketika kita akan melakukan sesuatu yang cukup besar dengan tujuan yang besar. Suara itu pun membesar untuk sekedar mengingatkan bahwa itu hal yang tidak mungkin. Parahnya suara itu seringkali mengungkit-ngungkit keburukan kita. Sehingga menunjukkan betapa lemah dan hinanya kita.

Jika suara itu berhasil menguasai alam bawah sadar kita, secara sistematik maka kita pun akan terjungkal dalam kegagalan. Dalam banyak tulisan dan sering disampaikan di seminar-seminar motivasi, suara kecil yang mengguman dan berdengung yang menghalangi kesuksesan kita sering di sebut mental block. Mental block adalah salah satu program pikiran yang bersifat negatif sehingga menghambat kesuksesan kita.

Satu hal yang perlu kita mengerti, sebenarnya program pikiran adalah baik. Program pikiran selalu bertujuan membahagiakan kita. Program pikiran diciptakan atau tercipta demi kebaikan kita berdasarkan level kesadaran dan kebijaksanaan kita saat itu.

Program pikiran menjadi mental block apabila bersifat menghambat kita dalam mencapai impian atau tujuan kita. Sebaliknya program pikiran akan menjadi stepping block, batu lompatan, bila bersifat mendukung kita.

Menurut Adi w Gunawan, salah seorang pakar hypnotherapi, Proses pemrograman pikiran sebenarnya telah terjadi sejak seorang anak masih di dalam kandungan ibunya, sejak ia berusia 3 bulan. Pada saat ini pikiran bawah sadar telah bekerja sempurna, merekam segala sesuatu yang dialami seorang anak dan ibunya. Semua peristiwa, pengalaman, suara, atau emosi masuk ke dan terekam dengan sangat kuat di pikiran bawah sadar dan menjadi program pikiran.

Saat kita lahir, kita lahir hanya dengan satu pikiran yaitu pikiran bawah sadar. Bekal lainnya adalah otak yang berfungsi sebagai hard disk yang merekam semua hal yang kita alami. Sejak lahir, dan sejalan dengan proses tumbuh kembang, kita mengalami pemrograman pikiran terus menerus, melalui interaksi kita dengan dunia di luar dan di dalam diri kita.

Pada anak kecil, yang memprogram pikirannya adalah terutama kedua orangtuanya, pengasuh, keluarga, lingkungan, guru, tv, dan siapa saja yang dekat dengan dirinya. Saat masih kecil pemrograman terjadi dengan sangat mudah karena pikiran anak belum bisa menolak informasi yang ia terima. Ketidakmampuan memfilter informasi ini disebabkan karena pada saat itu critical factor, atau faktor kritis, dari pikiran sadar belum terbentuk. Kalaupun sudah terbentuk critical factor masih lemah.

Pemrograman pikiran saat anak masih kecil terjadi melalui dua jalur utama yaitu melalui imprint dan misunderstanding. Definisi imprint adalah adalah apa yang terekam di pikiran bawah sadar saat terjadinya luapan emosi atau stress, mengakibatkan perubahan pada perilaku.

Misunderstanding adalah salah pengertian yang dialami seseorang saat memberikan makna atau menarik simpulan dari suatu peristiwa atau pengalaman.

Baik imprint maupun misunderstanding, setelah terekam di pikiran bawah sadar, akan menjadi program pikiran yang selanjutnya mengendalikan hidup seseorang.

Jadi, cek ulang program pikiran kita. Karena tanpa kita sadari, hal-hal masa kecil kita sangat dominan menentukan karakter kita sekarang. Jika mental blok lebih dominan tercipta, sehingga kesuksesan lambat sekali menghampiri, perlu rasanya untuk kita reset ulang program yang tertanam di alam bawah sadar ini.

Salam pembelajaran…