ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Rabu, 05 Desember 2012

Struktur Hypnotherapy Klasik

Hypnosis adalah suatu fenomena yang sering sekali memunculkan reaksi beragam dari masyarakat, sebagian beranggapan positif, sebagian beranggapan negatif. Anda mungkin beranggapan hypnosis adalah suatu fenomena yang dapat membuat orang normal "berkokok seperti ayam". Mungkin pula anda beranggapan hypnosis adalah suatu hal yang sangat berbahaya dan harus dijauhi.

Hypnotic trance sebenarnya telah ada sejak berabad-abad yang lalu, namun karena sering kali dihubungkan dengan aktifitas magis dan belum memiliki penjelasan ilmiah sehingga banyak individu yang memberikan stigma negatif pada metodologi yang sangat berguna ini. Ketika ada individu yang mengatakan,"Semua komunikasi adalah hypnosis". Dan individu yang lain mengatakan,"Saya tidak percaya, tidak ada yang disebut sebagai hypnosis". Sebenarnya keduanya mengatakan hal yang serupa, hal yang sama benarnya.

Jika saya menceritakan kepada anda mengenai pengalaman saya berjalan-jalan di perkebunan teh, dan saya meminta anda juga membayangkan, seandainya anda bersama saya di sana. Menikmati suasana di pagi hari yang sangat sejuk. Ketika udara segar di perkebunan teh itu dapat saya rasakan meresap masuk melalui hidung hingga ke paru-paru saya.... ahhhhhhhh..................segar rasanya......... dan membawa serta kesegaran dan angin yang semilir lembut menyentuh kulit,  terasa SEJUUUK........ di seluruh permukaan tubuh, sementara........ sejauh mata memandang.............. terhampar perkebunan teh yang hijau.......... dan beberapa pekerja...... yang sedang sibuk memetik daun teh.......... dengan sesekali diiringi dengan canda tawa mereka. Betapa bahagianya menikmati udara pagi di perkebunan teh ini...........

Dan jika anda akhirnya anda memutuskan untuk segera pergi ke perkebunan teh, setelah mendengar cerita saya, maka dapat dikatakan bahwa saya telah menciptakan suatu komunikasi yang efektif  yang dapat mempengaruhi kesadaran anda.

Hal serupa juga dilakukan oleh banyak individu, dari salesman hingga pemuka agama. Jika anda beranggapan bahwa hypnosis adalah suatu cara untuk mempengaruhi kesadaran individu maka semua komunikasi adalah hypnosis.

Banyak praktisi yang memberikan gambaran mengenai hypnosis sebagai suatu hal ketika anda harus duduk dan melakukannya sendiri atau bersama orang lain untuk jangka waktu tertentu, umumnya untuk memecahkan masalah. Lalu setelahnya anda terbangun dan melakukan sesuatu. Jika anda masih membayangkan hypnosis seperti itu maka anda sangat membatasi manfaat dan kegunaan dari metodologi ini.

Anda dapat menggunakan hypnosis untuk berbagai kebutuhan, personal maupun profesional. Berbagai manfaat yang anda dapatkan mulai dari memecahkan permasalahan hingga menghancurkan batasan dalam pembelajaran. Sebagai tambahan, anda juga dapat memanfaatkan hypnosis untuk meningkatkan kemampuan anda dalam banyak hal, semakin baik dalam bekerja dan belajar.

Banyak tokoh yang telah memberikan kontribusi pada dunia hypnosis. Salah seorang tokoh yang terpenting dalam dunia hypnosis dan hypnotherapy adalah Milton H. Erickson, MD. Pengalamannya dengan hypnotherapy selama puluhan tahun telah memungkinkannya menciptakan berbagai metode yang mampu meningkatkan efektifitas sesi terapi.

Apa yang kami jelaskan di bawah ini adalah proses hypnosis yang mengacu pada praktek hypnosis klasik. Apa itu hypnosis klasik? Hypnosis klasik adalah teori dan praktek hypnosis yang berkembang sebelum masa Dr. Milton H. Erickson. Ciri khas dari hypnosis klasik adalah klien harus melalui fase trance "semacam tidur" sebelum terapi yang sesungguhnya dimulai. Hypnosis klasik adalah teknik hypnosis yang paling populer.

Hypnotherapy bisa saja dilakukan dengan tanpa melalui trance, tapi kebanyakan klien dan hypnotherapist merasa lebih nyaman apabila melakukan terapi dengan gaya hypnosis klasik. Kami mengutamakan prosedur hypnosis klasik dalam setiap sesi hypnotherapy yang kami lakukan. Namun tidak jarang, kami mengunakan waking hypnosis, NLP, Quantum Healing, dan EFT. Semua itu disesuaikan dengan kondisi klien.

1. Pre-Induction
Ketika Anda pertama kali mengetahui suatu informasi tentang kami atau pada waktu bertemu kami, inilah yang disebut Pre-Induction, tahap sebelum dimulai induksi. Setelah Anda mengisi formulir terapi, kami membuka percakapan mengenai masalah Anda, menghilangkan miskonsepsi dan rasa takut Anda terhadap hypnosis, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda. Pre-Induction juga disebut tahap Pre-Talk

2. Suggestibility Test / Uji sugestibilitas
Uji sugestibilitas digunakan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki tipe Physical Suggestibility (sugestibilitas fisik) atau Emotional Suggestibility (sugestibilitas perasaan). Mengetahui tipe sugestibilitas seseorang sangat penting untuk menentukan tipe induksi yang digunakan dan teknik terapi yang cocok.

3. Induction / Induksi
Induksi (dalam bahasa hypnosis) adalah cara yang digunakan oleh hypnotist (ahli hypnosis) untuk membimbing klien mengalami trance hypnosis atau masuk ke alam bawah sadar.

Trance hypnosis adalah suatu kondisi kesadaran dimana bagian kritis pikiran sadar tidak aktif, sehingga klien sangat reseptif terhadap sugesti yang diberikan oleh hypnotist.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk induksi. Akan sangat panjang dan terlalu teknis bila kami jelaskan disini. Silahkan untuk menghadiri Workshop Quantum Mind Technology untuk mengenal secara praktek beragam tekhnis induksi yang bisa digunakan dengan mudah dan efektif tanpa perlu banyak menghafalkan script.

Cukup Anda perhatikan satu hal penting ini:
Syarat utama agar proses induksi berjalan lancar adalah Anda harus bersedia dihipnotis. Bila Anda menolak dihipnotis maka kami atau siapapun tidak akan mampu menghipnotis Anda. Hypnosis tidak bisa diterapkan secara paksa.

4. Deepening
Deepening merupakan kelanjutan dari induksi. Tujuannya dari penggunaan teknik deepening adalah untuk membuat klien semakin suggestible (meningkatkan kemampuan untuk menerima sugesti). Kita mengenal ada beberapa tingkatan trance hypnosis.

Secara sederhana kita bisa membagi tingkatan trance hypnosis menjadi
  1. Light trance, 
  2. Medium trance, 
  3. Deep trance atau somnambulism. 
Somnambulism adalah kondisi mental dimana pikiran subjek menjadi sangat sugestif. Level trance hypnosis yang paling tepat untuk terapi ataupun untuk stage hypnosis adalah somnambulism.

Oleh karena itu, apabila setelah induksi seorang klien belum mencapai kondisi somnambulism, hypnotist perlu melakukan deepening dengan teknik tertentu yang bisa membuat klien mengalami somnambulism. Untuk mengetahui tingkat tance hypnosis yang dialami klien, hypnotist bisa melakukan trance level test, atau bagi hypnotist yang berpengalaman cukup melihat dari tanda-tanda yang ditunjukkan klien.

5. Terapi Pikiran Dimulai
Banyak hypnotist pemula yang kurang memahami bahwa dalam menjalankan hypnotherapy, ada teknik-teknik tertentu yang harus dikuasai. Sering kali ada hypnotist pemula yang karena sudah menguasai teknik induksi (membimbing orang mengalami trance hypnosis), maka dia merasa sudah menguasai seluruh ilmu hypnosis.

Misalkan komputer dengan OS Windows, teknik induksi hanyalah password. Orang yang mengetahui password dan berhasil membuka windows belum tentu memahami cara mengoperasikan atau membuat program komputer dengan benar, salah-salah malah bisa merusaknya. Begitu juga dengan hypnosis, orang yang baru bisa menghipnotis belum tentu bisa melakukan terapi untuk menyelesaikan masalah yang serius.

Dalam banyak kasus, memberi sugesti secara langsung (direct suggestion) memang sangat efektif dan sudah bisa membuat klien mengalami perubahan drastis. Namun apabila masalah yang dihadapi klien sebenarnya disebabkan oleh peristiwa traumatik di masa lalu, maka perlu dilakukan teknik khusus seperti age regression, time line therapy, hipnoanalisa, forgiveness therapy, chair therapy, atau teknik-teknik lainnya.

6. Terminasi / Mengakhiri Sesi Hypnotherapy
Inilah bagian yang kami suka. Karena begitu klien membuka mata, kami sering melihat senyum yang ceria dan mata berbinar. Itulah mengapa kami selalu ketagihan melakukan hypnotherapy. Membangunkan klien dari hypnosis adalah hal yang paling mudah dan menyenangkan, lebih mudah daripada membangunkan remaja di hari minggu. Siapapun tidak perlu takut dihipnotis karena takut tidak bisa bangun. Sepanjang sejarah penggunaan hypnosis yang saya tahu, tidak satupun orang yang tidak bisa bangun dari kondisi hypnosis.