ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Kamis, 22 Agustus 2013

Tips Menulis Artikel di Website Berbasis Blogger

Video Tutorial Posting Artikel di Website yang berbasis Blogger, baik dengan tekhnik Copas (Copy Paste) ataupun artikel Non Copas.



Sebenarnya mempublikasikan artikel di blog sangat mudah walau bagi pemula sekalipun. Posting artikel adalah rutinitas yang dilakukan seorang blogger. Bagi pemula kendala utama dalam posting artikel di blogger disebabkan karena kurangnya pemahaman atas fungsi fitur-fitur yang terdapat dalam halaman entri di blogger.

Cara menulis artikel di blog kurang lebih sama dengan cara menulis email ataupun status Facebook. Bagi yang sudah biasa menulis di komputer menggunakan aplikasi microsoft office seperti microsoft word pasti tidak menemui kesulitan dalam menulis artikel yang akan di posting di blog. Posting artikel di blog memberikan kepuasan dan pengalaman yang sangat menyenangkan terlebih lagi apabila posting yang dipublikasikan di blog kita, mendapat apresiasi dari pengunjung dan para pembaca di internet.

Berikut panduan cara posting artikel di Blogger bagi pemula beserta penjelasan singkat fungsi beberapa fitur yang sering digunakan dalam mempublish artikel di halaman entri blogger.

Pertama : Login ke Akun Blogger anda, klik di sini..


Login ke blogger lanjutkan dengan pilih blog dimana kita akan posting artikel, kemudian klik entri baru. Kita akan dibawa ke halaman entri blogger seperti pada gambar berikut:

Pilihlah metode Compose bukan HTML untuk memudahkan kita dalam menulis suatu artikel. Sedangkan bila anda menulis dalam mode HTML jangan lupa untuk memasukkan kode paragraf seperti ini <br/> di antara paragraf tulisan anda.

Masukkan judul artikel seperti pada gambar diatas, judul posting yang baik adalah rangkaian kata yang bisa mewakili semua isi artikel agar meiliki relevansi yang baik antara judul dan isi artikel. Usahakan judul artikel dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat pembaca.

Fungsi tombol F adalah untuk memilih font tulisan, Selain menggunakan font default yang sudah disetting dalam template blog kita juga bisa menggunkan font yang lain seperti verdana Trebuchet Courier Georgia Helvetica dan sebagainya. Font yang berlainan biasanya digunakan untuk memperjelas kata tertentu yang ingin diberikan penekanan lebih seperti keyword dan sebagainya.

Tombol TT berfungsi untuk memilih besarnya huruf atau font yang akan ditampilkan dalam posting blog.Kita bisa memilih ukuran font dari yang terkecil hingga paling besar seperti berikut:



Cara posting artikel di blogspot
Kita juga bisa menentukan format tulisan berdasarkan fungsi dari suatu kalimat misalnya untuk judul dan sebagainya perhatikan contoh penggunaan format tulisan urut dari , Heading, Subheading, Minor heading, Normal dibawah ini:


Fungsi beberapa tombol selanjutnya adalah Tombol B yaitu Bold berfungsi untuk mencetak tebal, Tanda huruf I atau Italic berguna untuk mencetak miring Tanda U atau Underscore untuk membuat tulisan dengan garis bawah.Tanda ABC berguna untuk membuat tulisan dengan garis tengah. Beberapa tanda huruf yang lain juga dapat kita jadikan pilihan dengan tujuan agar artikel yang kita posting di blog terkesan lebih hidup.

Untuk membuat tulisan dengan efek seperti tersebut diatas kita hanya mem-blok atau mark tulisan yang akan di beri efek kemudian klik tanda yang akan dipilih. Misalnya kita akan memberi efek garis bawah pada kalimat Cara posting artikel di blogspot bagi pemula maka mulailah dengan memberi blok atau mark pada kalimat tersebut seperti ini Cara posting artikel di blogspot bagi pemula kemudian klik tanda U.sehingga akan menjadi seperti ini Cara posting artikel di blogger bagi pemula.

Perhatikan gambar berikut :

Cara membuat link pada posting blog di blogger juga sangat mudah.Mark terlebih dahulu kalimat yang akan dibuat link kemudian klik Tombol Link yang ada di atas. begitu juga untuk menambahkan gambar, dan video. Kita juga bisa membuat jump break. Jump break berfungsi untuk memotong artikel yang akan ditampilkan pada halaman beranda blog. Secara default posting blog akan ditampilkan utuh pada halaman beranda blogspot, sehingga tampilanya kurang menarik. Cara menambahkan readmore standar blogspot dapat dilakukan dengan memotong artikel yang ditampilkan di halaman beranda blog dengan insert jump break.

Demikian panduan singkat cara posting artikel di blogger bagi pemula saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan anda ke http://www.naqsdna.com.