ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Rabu, 11 September 2013

Presentasi 'Ala Pecha Kucha

Barusan saya membaca artikel mengenai Metode Presentasi Pecha Kucha... Menurut saya, ini tekhnik presentasi yang sangat luar biasa.... hahahahahaha... Mantabz Abiz.... Siap diaplikasikan untuk merevolusi presentesi di workshop saya nanti.. Betul-betul tekhnik presentasi yang sangat Efektif dan powerfull, Singkat Padat dan mengena. Dengan metode ini, waktu yang saya perlukan untuk menjabarkan Teori dari Materi Workshop hanya cukup 6 menitan saja. Sehingga waktu untuk praktek dapat diperbanyak... Wow... Mantabz bukan...?

Apa itu metode presentasi Pecha Kucha?
Pecha Kucha adalah format presentasi sederhana di mana Anda hanya menggunakan 20 slide dan masing-masing slide hanya ditampilkan selama 20 detik. Setelah dua puluh detik slide akan berpindah otomatis. Jadi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu sesi presentasi adalah 6 menit 40 detik.

Metode presentasi atau format presentasi Pecha Kucha ini dibuat oleh Astrid Klein dan Mark Dytham. Presentasi Pecha Kucha pertama kali diadakan di Tokyo pada bulan februari 2003. Seiring dengan berjalannya waktu metode presentasi Pecha Kucha ini berkembang cukup pesat. Sampai saat ini Pecha Kucha sudah dilakukan di hampir 500 kota di seluruh dunia, termasuk di Indonesia antara lain ada Pecha Kucha Jakarta, Pecha Kucha Bandung dan Pecha Kucha Jogja.

Presentasi 'ala Pecha Kucha ini sangat unik dan menarik. Dalam sebuah Pecha Kucha Night Anda dapat menyaksikan presenter-presenter dari berbagai latar belakang. Beberapa presentasi dalam Pecha Kucha Night menceritakan kisah besar tentang sebuah proyek atau perjalanan. Beberapa sangat pribadi, beberapa sangat lucu, tetapi semua sangat unik, menarik dan meluaskan wawasan.

Apa yang bisa Anda pelajari dari metode presentasi Pecha Kucha ini?

Ada 3 hal penting yang dapat kita pelajari dari metode presentasi Pecha Kucha ini.

1. Anda bisa belajar bagaimana mempersiapkan konten dengan lebih ringkas dan terstruktur.
Konten adalah pondasi pertama untuk suksesnya presentasi. Ini berlaku untuk presentasi berdurasi panjang maupun pendek. Semua harus dipersiapkan sedemikian rupa.

Terbatasnya jumlah slide mengharuskan kita selektif dalam memilih fokus pembahasan dari topik yang akan kita presentasikan. Struktur presentasi yang baik harus teralokasi dalam 20 slide termasuk beberapa slide transisi dari sesi pembukaan, isi dan penutupan.

Kita harus pintar-pintar memilih mana konten yang akan dimasukkan dan mana konten yang dapat dikeluarkan dari sebuah sesi presentasi demi efektifitas pesan yang ingin disampaikan kepada audiens dalam waktu singkat.

2. Anda bisa belajar bagaimana memvisualisasikan pesan yang Anda sampaikan.
Jika Anda diundang sebagai pembicara dalam Pecha Kucha dan Anda membawa atau memberikan slide yang tidak menarik atau penuh bullet point maka slide Anda kemungkinan tidak akan dapat digunakan.

Dalam presentasi Pecha Kucha akan terasa sekali bahwa slide hanyalah alat bantu visual seorang presenter. Kebanyakan slide yang ditampilkan sangat ideal dengan ciri satu slide satu pesan.

Tugas presenter adalah menyiapkan slide presentasi menggunakan prinsip-prinsip desain yang baik. Meringkas teks dan menampilkan gambar visual yang relevan sehingga slide tidak kebanyakan informasi maupun data yang sulit dicerna dalam waktu singkat oleh audiens.

3. Anda bisa belajar bagaimana menghargai waktu audiens Anda.
Harus kita akui kebanyakan presentasi itu mengumbar kata. Sesuatu yang seharusnya bisa dikatakan cukup sepuluh kata dikatakan menjadi dua puluh kata. Ini jelas bukan ciri presentasi efektif.

Namun dengan metode presentasi Pecha Kucha Anda benar-benar akan belajar menghargai waktu. Anda tidak perlu berbicara lebih cepat. Anda hanya perlu berkonsentrasi pada apa yang sekiranya penting untuk disampaikan dengan pilihan kata yang lebih sedikit namun jelas dan tidak bertele-tele.

Di sinilah Anda akan sadar bahwa setiap waktu yang Anda miliki dan dimiliki oleh audiens untuk mendengar presentasi Anda benar-benar berharga.

Demikianlah ulasan singkat tentang metode presentasi Pecha Kucha. Semoga menambah wawasan Anda tentang berbagai alternatif metode presentasi yang dapat dipakai dalam mempersiapkan presentasi Anda selanjutnya.

Dan bagi anda para peserta Workshop NAQS DNA, selamat menikmati Presentasi Kilat Super Cepat Dan Mantabz 'ala Pecha Kucha dari saya nanti ya...  Tunggu Tanggal Mainnya... Dijamin Josss Gandoz.... hahahahaha........

Referensi artikel : Presentasi dot Net 

DOWNLOAD BUKU GRATIS, KLIK GAMBAR ATAU KLIK DI SINI..