ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Minggu, 13 Oktober 2013

HipnoTeaching Bukan School of Hipnosis

Dari pengamatan saya terhadap beberapa buku yang menulis mengenai Hipnoteaching. Saya merasa ada suatu hal yang aneh. Mengapa demikian..?? Karena konsep yang ditawarkan  ini sebenarnya tidaklah mengajarkan bagaimana memanfaatkan fenomena hipnosis untuk meningkatkan mutu belajar siswa, akan tetapi ini adalah sekedar Materi pelajaran hipnosis umum hanya saja untuk dilakukan di ruangan kelas sekolah. Jadi ini ilmu hipnosis umum yang dilakukan oleh guru untuk menghipnotis siswa. Menurut saya sih, ini bukan HipnoTeaching. Ini kelas Hipnosis biasa... Dan tidak mungkin dapat diaplikasikan secara pragmatis untuk di integrasikan ke dalam ruang kelas. Karena kalau ini diaplikasikan, maka suasananya bukan lagi suasana kelas sekolah, tetapi panggung pertunjukan ilmu hipnosis.

Makanya saya kok merasa ini agak aneh, lucu, dan terkesan agak dipaksakan...

Ya, ini memang haruslah dimaklumi. Karena kurikulum baku mengenai HipnoTeaching memang tidak ada. Jadi bisa dikatakan, Metode HipnoTeaching yang berkembang saat ini adalah merupakan suatu formulasi keilmuan yang bersumber dari kreatifitas para Trainernya sendiri dan bukan bersumber dari suatu literatur yang baku.

HipnoTeaching, seharusnya memberikan aplikasi yang lebih khusus bagaimana memanfaatkan fenomena Hipnosis bagi peningkatan prestasi siswa. Dan bukan sekedar kelas training hipnosis yang pindah tempat ke sekolahan.

Dan untuk dapat merumuskan sebuah formulasi HipnoTeaching yang aplikatif dan praktis. Menurut saya, kita harus berfikir Out of The Box. Dan lebih berporoskan kepada Definisi inti dari ilmu hipnosis sebagai suatu ilmu komunikasi efektif yang mampu menembus pikiran alam bawah sadar siswa. Fokuskan pada intinya, sedangkan untuk tekhnisnya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Dan diharapkan, ketika para guru menguasai ilmu ini. Maka akan dapat meningkatkan efektifitas dari delivery materi pelajaran yang diberikan.

Untuk sampai pada tahap yang demikian, Maka hipnosis ini jangan lagi di anggap sebagai sebuah tekhnik. Tetapi Hipnosis haruslah sudah menjadi The Way of Life. Menyatu dengan Sikap serta perilaku para guru. Sehingga dengan demikian, setiap ucapan, gerakan, dan apapun yang dilakukan oleh guru. Semuanya dapat menghipnotis siswanya secara alamiah. Dan hal itu baru terjadi ketika Ilmu Hipnosis sudah mendarah daging dan menjadi Unconscious Competence bagi para guru. Hipnosis sudah menjai bagian dari dirinya.

Jadi sekali lagi saya tegaskan, HipnoTeaching bukanlah panggung hipnotis yang pindah tempat. HipnoTeaching adalah Hipnosis The Way of Life For Teacher. Dengan HipnoTeachning, Penampilan guru akan menjadi lebih kharismatik dan mampu menghipnotis semua siswanya sehingga materi pelajaran dengan mudah masuk ke dalam pikiran siswa. Itulah HipnoTeaching yang sejati.

Untuk langkah tekhnisnya, silahkan baca artikelnya di sini..