ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Rabu, 20 November 2013

Mengatasi Virus Pikiran

Mengatasi Virus Pikiran

"Saya stres Pak, mikirin ucapan teman saya," keluh seorang klien.

"Apa yang dia katakan mengenai Anda," tanya saya.

"Dia jelek-jelekan saya di depan teman yang lain. Dia bilang saya begini, begitu...padahal semuanya nggak benar," jelas si klien.

"Menurut Anda, apakah yang dikatakan teman Anda mengenai diri Anda, benar atau tidak benar?" tanya saya lagi.

"Semuanya nggak benar," jawabnya agak ketus.

"Kalau memang tidak benar, lalu apa yang membuat Anda stress?" tanya saya.

"Soalnya saya teringat terus apa yang ia katakan," jawabnya.

Demikianlah kerja pikiran. Sesuatu yang kita pikirkan, baik secara sengaja atau tidak sengaja, secara terus menerus akan menjadi semakin kuat dan semakin kuat.

Sesuatu yang kita pikirkan, ucapkan, dan rasakan ibarat tanaman yang mendapat pupuk, siraman air, dan sinar matahari yang cukup. Dengan demikian tanaman pikiran ini semakin lama akan bertumbuh semakin besar dan semakin kuat.

Salah satu cara paling mudah untuk melemahkan bentuk pikiran, sejalan dengan sifat pikiran yang hanya bisa memikirkan satu hal pada satu saat, adalah dengan tidak memberinya energi untuk bertumbuh. Caranya adalah dengan secara sengaja dan konsisten tidak memikirkan bentuk pikiran ini, mengalihkan pikiran memikirkan hal-hal positif dan konstruktif.

Bagaimana kalau bentuk pikiran ini sudah terlanjur besar dan kuat dan kita sulit untuk mengalihkan pikiran memikirkan hal yang lain?

Kalau ini kondisinya, tataplah bentuk pikiran ini dengan tenang, hanya menyadari keberadaannya, tidak memberi label, memberi makna, atau masuk dan larut ke dalam bentuk pikiran ini. Bentuk pikiran yang hanya disadari, lama kelamaan akan kehilangan kekuatannya.

Cobalah... dan rasakan manfaatnya.

Bagaimana menurut Anda?

Source : Adi W Gunawan