ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Kamis, 16 Januari 2014

Sun Tzu's Hipnotis The Art Of Mind Control

Apa kaitannya antara Sun Tzu dengan Hipnotis..? Sun Tzu khan ahli strategi perang dan bukan ahli hipnotis..? Penasaran khan.. ? Okey, simak tulisan saya kali ini ya..

Lebih dari 2400 tahun silam di tanah Tiongkok, ahli strategi perang Sun Tzu melalui karyanya yang melegenda, yakni 13 bab strategi perang telah menginspirasi banyak jendral perang dari berbagai masa. Dan tidak hanya itu, strategi perang Sun Tzu juga diterapkan oleh berbagai praktisi profesional. Misalnya oleh para bisnisman.

Ya, perang hakikatnya adalah sebuah strategi Negosiasi di antara dua fihak yang berbeda kepentingan. Agar mempunyai persamaan persepsi, visi, dan misi.

Dan Sun Tzu's lebih menitik beratkan pada perang pikiran daripada perang fisik. “Memenangkan seratus kemenangan dalam seratus peperangan bukanlah kemampuan sempurna. Berhasil membuat musuh menyerah sebelum berperang adalah kemampuan yang sempurna.” – Sun Tzu

Jadi, dari cara menyusun rencana saja, kita sudah dapat meramalkan, apakah kita akan meraih kemenangan, atau dikalahkan lawan! Ditambahkan pula oleh Sun Tzu tentang konsep "Che Chi Chie Bie, Pai Chan Pai Sen". Artinya, mengetahui kekuatan maupun kelemahan diri sendiri, sekaligus mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan. Hasilnya, 100 kali berperang, 100 kali menang!

“Kenali lawan dan kenali diri sendiri. Dalam seratus perang Anda tidak akan pernah dalam bahaya.” – Sun Tzu

Bagian ini merupakan salah satu perkataan Sun Tzu yang paling terkenal. Ilustrasi detailnya juga diucapkan oleh Sun Tzu :

Kalau Anda mengenali diri sendiri namun tidak mengenali lawan, ada peluang Anda menang ada peluang Anda kalah. Kalau tidak mengenali diri sendiri dan tidak mengenali lawan, sudah pasti Anda kalah. Kalau tidak ingin kalah, Anda harus mengenali diri sendiri dan mengenali lawan.

Dalam istilah bisnis modern, hal ini disebut dengan “Business Intelligence”.

Nah, dari bab ini saja sudah menyumbang banyak hal untuk dunia hipnosis. Bukankah perang itu terkait dengan Manusia, dan Ilmu Hipnosis adalah juga ilmu yang terkait dengan Manusia..?

Ini Keywordnya : PERENCANAAN, MENGENAL POTENSI DIRI, DAN MENGENAL POTENSI ORANG LAIN (SUBYEK).

PERENCANAAN (FRAMEWORK)
Sebagai praktisi Hipnosis, anda sudah harus mempunyai rencana yang matang dan juga gambaran yang jelas serta detail sebelum melakukan sebuah sesi hipnosis. Baik hipnosis untuk hiburan serta pertunjukan ataupun hipnosis untuk terapy. Sesuai dengan Outcome dari setiap sesi yang dijalankan itu.

Pastikan outcome atau hasil apa yang ingin diraih dari sesi terapy yang di adakan. Karena biasanya klien itu datang dengan segudang masalah. Maka perlu disepakati, masalah apa yang perlu diselesaikan terlebih dulu.. Sebagai Terapist anda harus punya outcome yang jelas untuk setiap langkah yang anda lakukan.

Bila Outcome sudah jelas, barulah Strategi Hypno Therapeutic dapat di susun.

MENGENAL POTENSI DIRI
Sebagai praktisi Hipnosis,sudahkah kita mengenal kelebihan serta kekurangan kita..? Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Mengingat luasnya cakupan serta aplikasi Hipnosis dan sejauhmana perjalanan kita dengan ilmu hipnosis.

Dengan mengenal diri, kita akan menjadi tahu. Mana yang bisa dan mampu dilakukan dengan hasil yang sempurna, dan mana yang belum mampu kita lakukan dengan baik. Dengan demikian kita akan senantiasa terpacu untuk melakukan peningkatan kompetensi diri.

MENGENAL POTENSI ORANG LAIN (SUBYEK)
Bila anda mengamati kepiawaian para Performer dan Master Hipnosis yang tampil di Televisi. Maka anda akan melihat betapa jagonya mereka dalam melakukan hipnosis kepada orang lain. Bahkan terhadap subyek yang belum dikenal sebelumnya.

Hal itu dapat terjadi jika kompetensi kita dalam mengenali Type Sugestibilitas Manusia sudah menjadi Unconscious Competence. Sebuah kemampuan yang bekerja secara alamiah dan ndak pake mikir lagi. Seolah-olah kita sudah mempunyai intuisi yang sangat tajam dalam menilai Type Sugestibilitas orang lain dan memilih subyek. Sehinggaseolah-olah semua orang dapat kita hipnotis dengan mudah.

Selain itu, bila kemampuan intuisi kita sudah menjadi sangat tajam. Kita juga akan dapat dengan mudah menemukan solusi bagi permasalahan klien kita. Karena dengan sekali lihat, kita sudah dapat melihat akar masalah yang menjadi biang masalah bagi klien kita.

Demikianlah sekilas Ulasan saya mengenai Sun Tzu's Hipnotis The Art Of Mind Control, semoga bermanfaat. Dan sampai jumpa di tulisan-tulisan saya selanjutnya...

SALAM HIPNOTIS.