ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Rabu, 20 Agustus 2014

Di Copas? Siapa Takut.?

Trainer Copas, Trainer tidak Original, Trainer KW, Trainer Abal-abal, dll. itulah julukan-julukan yang dituduhkan serta digosipkan oleh Trainer yang merasa tersaingi oleh existensi NAQS DNA yang berkembang semakin besar. Tuduhan itu mereka luncurkan dengan alasan, bahwa sebagian tulisan yang ada di blog ini adalah hasil copas dari tulisan di blog lain.

Dan itu adalah Hipnotis FalseLogic, sebuah tekhnik hipnotis massal untuk menyesatkan pikiran orang lain. Yang mempengaruhi pikiran orang lain dengan menyuguhkan sebuah logika yang seolah-olah benar, padahal salah.

Dan dengan mengasosiasikan profesi saya sebagai blogger dengan profesi saya yang lain sebagai Trainer. Mereka melakukan penyesatan informasi kepada publik. Dengan tujuan memberikan citra yang negatif kepada NAQS DNA.

Melihat perilaku beberapa rekan trainer yang seperti itu, saya hanya tertawa kecil saja. Dan malah merasa kasihan banget, karena ternyata nama besarnya tidaklah sebanding dengan keluasan ilmunya. Dan dengan sikap mereka yang demikian, justru menunjukkan bahwa ilmu yang mereka miliki tidaklah sedalam perkiraan orang lain.

Di dalam dunia blogging atau menulis di blog / web, tradisi meng-Copas sebuah artikel ataupun tulisan dari blog lain untuk di posting ulang ke dalam blognya adalah suatu hal yang biasa. Dan kode etik yang berlaku di dunia blogging adalah mencantumkan Link dari sumber tulisan tersebut.

Tulisan memang dapat di Copas, tetapi ilmu tidak akan dapat di Copas dengan mudah. Jadi, mengapa takut di Copas..? They Will Steal Your Idea, But Not Your Passion. Demikian judul sebuah artikel yang saya baca malam ini di : http://startupbisnis.com dan untuk menambah wawasan kita bersama, berikut ini adalah tulisan selengkapnya.

“If you were the inventors of facebook, you would have invented Facebook”- Mark “Jesse Eisenberg” Zuckerberg

Pastinya Anda sudah menonton film berjudul “The Social Network”, sebuah film tentang cerita pendirian Facebook. Kutipan diatas sangat saya ingat, dan membuat saya menyadari bahwa mencuri sebuah “ide” sama dengan hanya mencuri sebuah gambaran kecil.

Bahkan saat seseorang mencuri ide Anda yang berharga, mereka tidak bisa mencuri sumber daya dan kemampuan, sesuatu yang lebih penting dan tidak tercakup dalam gambaran yang kecil itu.

Berfokuslah pada hal-hal unik milik Anda yang tidak bisa dicuri oleh para kompetitor :

Mereka tidak bisa mencuri visi jangka panjang Anda:
Craiglist dimulai di SF, Facebook di Harvard, Google memulai dengan hanya satu juta halaman, dan Microsoft memulai sebagai interpreter dasar (basic interpreter). Semuanya memiliki market sangat minimum yang bisa dijalankan. Pertanyaannya adalah: “Apa visi jangka panjang Anda?” Visi ini dan jalan yang akan Anda ambil, tidak bisa dicuri. Saat seseorang mencoba mencuri ide Anda, biasanya mereka hanya mencuri market yang sedang Anda incar sekarang. Bisakah Anda membayangkan ConnectU memiliki visi yang sama dengan Facebook seperti yang dimiliki Mark? Saya meragukan hal itu. 

Mereka tidak bisa mencuri keahlian Anda:
Ide yang benar-benar bagus datang secara alami dan biasanya berdasarkan pada pengalaman Anda sendiri. Marc Benioff memulai salesforce.com setelah bertahun-tahun mempelajari dunia bisnis software saat bekerja di Oracle. Banyak startup lain yang dilahirkan dari rasa frustasi pendirinya dengan proses yang berjalan di bidang keahlian mereka. Pengetahuan mendalam tersebut hanya bisa didapat dari pengalaman secara pribadi.

Mereka tidak bisa mencuri pengalaman yang Anda miliki:
Versi sukses dari produk Anda tentunya akan terlihat berbeda dari ide yang dicuri seseorang, yang tentunya masih dalam tahap pengembangan. Setelah mereka mencuri ide Anda, jalan akan bercabang oleh poros dan kegagalan yang Anda lewati. Seseorang yang berani “mencuri ide Anda” tentunya sudah sangat terkesima dengan ide tersebut dan kemungkinan besar tidak akan mendengarkan feedback yang mungkin bisa mengubah pendapatnya.

Mereka tidak bisa mencuri talenta Anda (yang ada sekarang):
Apakah Anda berpikir bahwa si kembar Winkelvoss bisa saja merekrut tim yang sekarang berada di Facebook? Dibutuhkan karisma tertentu dari seorang founder untuk bisa menarik orang-orang yang bertalenta. Banyak orang berpikir bahwa mereka bisa melakukan outsourcing developer atau menyewa seseorang untuk menulis dengan upah 10 dolar per jam agar bisa menjual sesuatu. Mereka sangat konyol! Jika Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang sangat cerdas, yang Anda percayai di hari-hari awal, maka mereka tidak bisa dicuri. Walaupun bisa, artinya Anda sudah memilih orang yang salah sebagai cofounder. Hanya saat Anda melewati tahap ‘ide’, gangguan dari perusahaan sejenis akan menjadi masalah. 

Mereka tidak bisa mencuri wawasan dan kemampuan analisa Anda:
Data yang Anda kumpulan pada masa-masa awal sangatlah penting dan untuk kebanyakan bagian, menambah keunikan pada konsep yang Anda miliki. Catatlah setiap klik, konversi, dan setiap complain yang datang dari pengguna. Temukan apa yang bekerja, dan yang lebih penting, apa yang tidak bisa bekerja. Orang-orang yang mencoba mencuri ide Anda akan berpikir bahwa hal-hal seperti tagline atau kegiatan yang Anda lakukan bisa “ada” karena terlihat atau terdengar bagus. Apa yang tidak mereka ketahui adalah setiap tindakan dan kata-kata Anda memiliki arti yang didapat melalui analisa yang teliti.

Mereka tidak bisa mencuri rencana Anda untuk mendapat penghasilan:
Anda bisa meneliti sebagian besar model pendapatan di internet sampai ke bagian paling sederhana, seperti apakah yang menjadi tujuan sebuah iklan. Nilai utamanya datang dari detail. Siapa yang Anda targetkan? Seberapa banyak? Tipe iklan apa yang Anda jalankan? Kenapa Anda bisa menentukan harga tersebut? Kenapa hal itu bisa menghasilkan konversi?

Yang mungkin bisa dicuri hanyalah daftar harga Anda. Mereka tidak bisa mencuri hasil pengujian berkali-kali yang Anda lakukan, pengembangan pelanggan, dan arti sebenarnya dari angka-angka tersebut. Saat tiba saatnya mereka harus mengganti angka-angka yang mereka “tiru” itu, mereka tidak akan mengetahui apa yang harus dilakukan. Anda akan berada sangat jauh di depan sebelum mereka menyadari tindakan yang harus diambil. 

Mereka tidak bisa mencuri passion Anda untuk menyediakan servis yang luar biasa:
Zappos bukan menjual sepatu, yang mereka jual adalah pelayanan pelanggan yang hebat. Jika seseorang mencoba untuk mencuri ide Zappos satu dekade yang lalu, maka mereka mungkin akan berpikir: “Ayo membuat sebuah ecommerce yang menjual sepatu. Zappos sudah sukses. Ini merupakan ide yang hebat!”

Sesuatu yang mereka lewatkan adalah passion untuk memberikan pelayanan pelanggan yang luar biasa. Bisakah Anda berpikir bahwa orang yang mencuri ide itu juga akan meniru ide untuk “menuliskan catatan terima kasih untuk pelanggan”?

Mereka tidak bisa mencuri semangat (passion) Anda untuk membuat “Ide” menjadi kenyataan:
Orang-orang yang mencuri ide seringkali merupakan “follower”.  Mereka adalah produk hasil dari passion dan visi yang Anda tunjukkan kepada mereka. Seringkali mereka akan merasa bersemangat tentang ide tersebut untuk beberapa hari, tapi semangat itu akan hilang segera setelah mereka menyadari kesulitan yang menghadang di depan. Karena ide yang mereka curi hanya berupa gambaran kecil, mereka kemungkinan akan kehilangan semangat setelah tersesat dalam jalan yang ada di balik ‘gambaran kecil’ itu.

Mereka tidak bisa mencuri keberuntungan Anda:
Keberuntungan adalah hal yang lucu, dan bisa melipat gandakan kesuksesan Anda. Hal ini bisa saja terjadi (atau tidak terjadi) pada startup. Ini bisa menjadi pembeda antara mendapat uang dalam jumlah sedikit, atau sangat banyak. Anda tidak bisa mencuri keberuntungan. Seperti hantu yang hanya bisa Anda lihat samar-samar di foto.

Terbukalah dengan ide Anda. Saya menyarankan untuk membagikan ide Anda di blog Anda untuk mendapat masukan dari orang lain. Jangan takut pada seseorang yang akan mencuri ide Anda, cemaskanlah hal-hal yang tidak bisa mereka curi dari Anda.

Nah, masihkah ada Trainer yang takut dicopas tulisannya..? Kalau ada, mungkin itu hanya Trainer KW kayaknya...

Referensi Artikel : They Will Steal Your Idea, But Not Your Passion, Link : http://startupbisnis.com/they-will-steal-your-idea-but-not-your-passion/