ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Sabtu, 02 Agustus 2014

Hipnotis Adalah Sulap Tanpa Trick

Hipnotis adalah Sulap Tanpa Trick demikian komentar si Hai Hai Bengcu dalam menyindir mengenai ilmu hipnosis atau hipnotis dalam salah satu artikelnya. Si Hai hai Bengcu ini pada pertengahan tahun kemarin sempat membikin heboh kancah dunia Hipnotis dengan kritikan-kritikan pedasnya kepada praktek hipnosis ataupun hipnoterapi yang dilakukan oleh beberapa Tokoh Senior dalam ilmu Hipnotis.  Seperti Pak Yan Nurindra ataupun Adi W Gunawan. Dan bahkan dalam salah satu status Facebooknya, pak Adi W Gunawan sempat menyinggung persoalan ini. Baca di sini : Adi W Gunawan Menjawab Bengcu .

Dalam tulisan kali ini, saya tidak akan membahas mengenai kehebohan itu. Tetapi saya lebih terinspirasi oleh kalimat yang dilontarkan oleh si Bengcu, yaitu : Hipnotis Adalah Sulap Tanpa Trick atau kalau dalam terjemahan bebas bahasa Inggris saya sebut dengan The Magic Without Tricks. Silahkan cari di terjemahan atau silahkan buka Google Translate, maka Kata "Sulap" akan diterjemahkan menjadi kata "Magic".

Sulap VS Magic
Bila kalimat Hipnotis Adalah Sulap Tanpa Trick ini saya alih bahasakan menjadi Hipnosis is "The Magic Without Tricks", maka konotasi maknanya akan menjadi jauh berbeda. Karena kalimat Magic dalam bahasa Indonesia mempunya banyak arti, tidak hanya berarti Sulap saja. Tetapi juga bisa diartikan sebagai : Gaib, Sihir,  Keajaiban,  sakti, Magis, Linuwih, dll. Jadi kalimat "The Magic Without Tricks" bisa dimaknakan menjadi sebuah kemampuan lebih yang dilakukan tanpa tipuan. Dan makna ini tentu bersifat positif dan baik.

Sedangkan kalimat "Hipnotis Adalah Sulap Tanpa Trick" nuansa dan vibrasinya sangat beda jauh. Sangat terkesan negatifnya. Karena Kalimat "Sulap" identik dengan kalimat "Palsu" atau "Silap Mata". Dan memang Ilmu Sulap hakikatnya adalah sebuah kemampuan yang ditunjang oleh keahliaan untuk menipu panca indra para penontonnya sehingga tercipta sebuah Ilusi terhadap realita yang ada. Dan Ilmu Sulap walaupun di dalamnya ada keahlian untuk menipu, tentu saja melakukan sulap tidaklah termasuk suatu penipuan, karena ini hanya sebuah hiburan belaka. Dan pada umumnya, semua penonton juga sudah tahu bahwa ilmu sulap itu adalah sebuah ilmu tipuan panca indra. Walaupun penonton tidak tahu rahasia tipuan yang dilakukan oleh si pesulap.

Memaknai Ilmu Hipnosis sebagai Sulap Tanpa Trick tentulah sangat tidak tepat. Karena tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Hipnosis berbeda dengan Sulap. Tidak ada tipuan dalam praktek hipnosis modern, Semua langkah-langkah dalam praktek hipnosis ataupun hipnoterapi serta kerangka kerja yang melatar belakangi Ilmu Hipnosis dan hipnoterapi sudah dibicarakan dan disampaikan kepada subjek / klien dalam tahap Pre Induction. Atau tahapan prolog dari sebuah proses hipnosis. Memberikan edukasi kepada klien / subjek merupakan salah satu protokol wajib dalam sebuah proses hipnosis.

Hipnosis adalah sebuah keajaiban tanpa trick. Hipnosis adalah sebuah ilmu yang mengeksplorasi keajaiban dan potensi yang ada di dalam diri manusia. Khususnya yang terkait dengan potensi alam bawah sadarnya.  Baik itu dimensi pikiran bawah sadar, dimensi batin, Dimensi Rasa / Emosi, dimensi jiwa, dan bahkan dimensi ruhaniahnya.

Dan bila ada seseorang yang melecehkan ilmu hipnosis. Menurut saya, sesungguhnya dia telah melecehkan dan menghina kemampuan dirinya sendiri. Tidak percaya dengan potensi yang telah dianugrahkan Tuhan ke dalam dirinya. Tidak percaya dengan potensi Alam Bawah sadarnya, tidak percaya dengan Potensi pikirannya, potensi batinnya, potensi jiwanya, dan bahkan tidak percaya dengan potensi ruhaniahnya. Dan bahkan mungkin tidak percaya pada kekuasaan Tuhannya.

Dan inilah keajaibannya, semakin dia tidak percaya, semakin dia membenci. Maka semakin dia memperoleh bukti-bukti dalam kehidupannya bahwa semua yang dia katakan adalah benar. Yang artinya, tidak ada keajaiban apapun yang akan hadir dalam kehidupannya.

Einstein mengatakan bahwa ada dua cara dalam memandang kehidupan ini. Pertama dengan memandang bahwa kehidupan ini penuh dengan keajaiban. Dan kedua, dengan memandang bahwa tidak ada keajaiban di dunia ini. Dan apapun pandangan seseorang, dia akan memperoleh hasil sesuai dengan sudut pandangnya.

Ketika anda memandang hipnotis sebagai ilmu yang tidak bermanfaat dan tidak berguna, maka anda tidak akan mendapatkan manfaat sedikitpun dari ilmu hipnots. Tetapi bila anda memandang ilmu hipnotis sebagai sebuah tanda-tanda kebesaran Tuhan, memandang Ilmu Hipnotis sebagai salah satu ayat KauniyahNya, memandang Ilmu Hipnosis sebagai sebuah ilmu yang bermanfaat. Maka anda akan memperoleh banyak manfaat dari ilmu hipnotis.

Orang yang menganggap Ilmu Hipnotis sekedar seperti ilmu sulap biasanya  menyatakan bahwa Ilmu hipnotis itu tidak ilmiah karena tidak mempunyai parameter yang pasti seperti ilmu matematika.

Ini juga sebuah pandangan yang salah kaprah. Karena Ilmu Hipnotis adalah sebuah keilmuan yang berasal dari ilmu psikologi. Dan logika ilmu psikologi tentu berbeda dengan logika ilmu fisika, matematika, ataupun logika ilmu-ilmu lainnya. Oleh karena itu, tidaklah tepat bila menggunakan parameter Ilmu Kimia ataupun matematika untuk menilai Ilmu Psikologi.

Sebuah contoh :
Dalam Logika Ilmu Biologi dan Ilmu Gizi, daging babi adalah salah satu sumber protein yang sangat tinggi dan baik bagi kesehatan. Namun dalam Logika Keimanan Islam, daging Babi adalah Haram dan tidak boleh dimakan dalam kondisi normal. Demikian juga daging sapi yang menurut logika keimanan Islam adalah Halal, namun dalam logika keimanan Hindu adalah termasuk sakral dan tidak boleh dimakan.

Nah, setiap logika itu adalah benar, karena disesuaikan dengan kerangka berfikir dari masing-masing bidangnya. Dan tentu saja kita tidak boleh membenturkan logika tersebut.

Ilmu Hipnotis adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada bidang Kesadaran Manusia, khususnya untuk mengeksplorasi Pikiran Bawah sadar, dan salah satu hukum pikiran adalah hukum keyakinan.

Hukum Keyakinan menyatakan bahwa apapun yang kita yakini dapat menjelma menjadi sebuah realita yang nyata, Keyakinan akan mengaktifkan dan menggerakkan kekuatan diri kita menuju suatu arah tertentu sedemikian hinga kita akan meraih sebuah hasil tertentu… Apapun yang anda yakini dengan sepenuhnya akan menjadi kenyataan bagi anda.

Anda selalu berjalan sesuai dengan keyakinan anda. Anda selalu berjalan konsisten dengan keyakinan anda. Tak perduli apakah keyakinan itu benar atau salah, anda akan melihat yang anda yakini. Keyakinan anda sangat menentukan kehidupan nyata anda.

Fakta Psikologis menyatakan, bahwa :
Anda bukan mempercayai yang anda LIHAT. 
Tetapi anda melihat apa yang anda PERCAYAI.

Dan ketahuilah, keyakinan yang paling berbahaya adalah kepercayaan yang membatasi diri atau disebut sebagai ”Self Limiting Belief”,  ini adalah keyakinan diri anda terhadap "POTENSI ANDA" yang sebenarnya menghambat diri anda sendiri dan membuat anda jalan di tempat, sedemikian hingga kesuksesan diri anda tidak dapat bertumbuh dan berkembang dengan sehat.

Semua yang anda yakini saat ini adalah hasil dari sebuah proses pembelajaran selama kehidupan anda kemarin. Semua keyakinan dan juga kepercayaan yang anda miliki tidaklah anda peroleh sedari lahir, semua itu dipelajari. Namun begitu keyakinan tersebut sudah tertanam di dalam pikiran bawah sadar maka untuk selanjutnya, keyakinan tersebutlah yang akan mengendalikan anda.

Bukankah setiap manusia menginginkan sebuah perubahan dan peningkatan dalam kehidupannya..? Tetapi mengapa perubahan yang diharapkan itu sangat sulit untuk terjadi...?

Hal itu disebabkan adanya program pikiran yang mengendalikan sikap dan perilaku kita, dan program pikiran itu letaknya ada di dalam pikiran bawah sadar. Sehingga, bila kita ingin mengubah program tersebut, maka kita harus melakukan perubahan di tempat program tersebut berada. Yaitu di dalam pikiran bawah sadar. Dan salah satu cara untuk melakukan perubahan diri itu adalah Ilmu Hipnosis.

Dan ketika akar masalah tersebut berhasil dibersihkan dan direformasi, maka secara ajaib orang tersebut akan memperoleh percepatan dalam perjalanan suksesnya. Hal ini di ibaratkan seperti aliran air yang selama ini mampet, maka ketika sumbatan yang menghambat aliran air tersebut berhasil dibersihkan. Maka aliran air akan kembali mengalir lancar. Dan bahkan menjadi lebih deras dari sebelumnya.

Inilah Keajaiban Ilmu Hipnosis, dan semuanya adalah ilmiah dalam sudut pandang Logika Ilmu Psikologi. Semua proses perubahan itu terjadi berdasarkan mekanisme kerja dari pikiran dan juga sistem kemanusiaan kita. Dan menurut saya, ini adalah salah satu dari ayat-ayat kauniyahNya, dan ini adalah salah satu tanda-tanda dari kekuasaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Namun, walaupun hasil dari terapi hipnosis sangatlah ajaib dan menakjubkan. Ilmu hipnosis ini tidak akan bermanfaat terhadap orang yang tidak mempercayai dan meyakininya.

Why..?
Karena orang yang seperti ini, baru dalam tahap proses hipnosisnya saja sudah resisten dan menolak, sehingga dia akan mengalami kesulitan untuk dibimbing masuk ke dalam kondisi Hipnosis State untuk berkomunikasi dengan pikiran bawah sadarnya. Akibatnya, Proses Instalasi & Reprogramming yang dilakukan menjadi kurang efektif.

Dan persoalan yang kedua adalah Paska terapi Hipnosis. Yang mana orang seperti ini biasanya akan menyibukkan diri untuk menganalisa serta membanding-bandingkan hasil yang sudah diperoleh. Alih-alih mensyukuri setiap perubahan yang berhasil dicapai. Orang seperti ini akan memfokuskdan dirinya untuk mengeluh dan menggerutu.

Dan karena Fokus perhatiannya hanya tertumpu pada sisi negatifnya saja, maka semua program positif yang telah di instal ke dalam pikiran bawah sadarnya secara otomatis akan ter-anulir dan menjadi netral alias gagal.

Dan akhirnya, diapun memperoleh hasil terapi hipnosis sebagaimana yang dia yakini. Yaitu Ilmu Hipnotis adalah ilmu yang tidak berguna, tidak bermanfaat, dan akhirnya mengambil kesimpulan bahwa Hipnotis Adalah Sulap Tanpa Trick. Ilmu Hipnotis sekedar penipuan belaka, dll.

Maka benarlah yang dinyatakan oleh Albert Einstein yang mengatakan bahwa ada dua cara dalam memandang kehidupan ini. Pertama dengan memandang bahwa kehidupan ini penuh dengan keajaiban. Dan kedua, dengan memandang bahwa tidak ada keajaiban di dunia ini. Dan apapun pandangan seseorang, dia akan memperoleh hasil sesuai dengan sudut pandangnya.

Dan apapun sudut pandang anda terhadap Ilmu Hipnotis, apakah anda memandangnya sebagai sebuah metode yang ajaib, ataukah anda memandangnya sebagai sekedar ilmu sulap. Maka apapun pandangan anda, maka itulah realita yang terjadi pada anda.

Dan semuanya kembali terserah pada diri anda sendiri.

Sekian ulasan saya kali ini, semoga bermanfaat untuk anda semua. Dan silahkan bagikan tulisan ini ke sahabat-sahabat anda. Terima Kasih.

Salam Hipnotis.


+Edi Sugianto, C.Ht., MNLP
Founder +NAQS DNA INSTITUTE



LINK TO THIS PAGE : http://goo.gl/UrmBdt

INFO : Pelatihan Hipnotis Plus Tenaga Dalam

CATAT DALAM AGENDA ANDA..!!!


ONE DAY TRAINING
Pelatihan Master Neo Hipnotis Plus Train The Trainer Grand Master Hipnotis
Fundamental Hypnotherapy & 15 Jenis Ilmu Hipnotis.
Yang akan menjadikan anda seorang Master Hipnotis 
yang Penuh Rasa Percaya Diri, Full Power, dan Penuh Daya Kuasa.

Bonus : PANDUAN SERTIFIKASI MASTER HIPNOTIS LUAR NEGERI (AMERIKA)

Jakarta, 17 Agustus 2014
di Hotel Atlantic
Jl. Salemba Raya 26 Jakarta Pusat

Materi Khusus : NUSANTARA MAGNETISM
Pelatihan Tenaga Dalam Untuk Bela Diri & Pengobatan by. Bang Beni Budaya GMPS.
(Guru Besar Perguruan Pencak Silat Panca Suci)

Investasi : Rp. 3.500.000,-
Ticket Early Bird : Rp. 2.500.000,- (Bagi Pendaftar yang telah mendaftar sebelum tanggal 5 Agustus 2014 dan telah melunasi Uang Muka sebesar Rp. 500.000)

SMS PENDAFTARAN, KETIK :Reg_NeoJKT_Nama_Alamat
Kirim ke : 081 231 649 477

Info Materi Klik : http://goo.gl/9w700s

Jadwal SURABAYA :
✔ 9 Agustus 2014 : Pelatihan Master Neo Hipnotis + Train The Trainer GMH. [http://goo.gl/9w700s]
✔ 10 Agustus 2014 : One Day Professional Hypnotherapy (CHt).Workshop [ http://goo.gl/R0wV5I ]