ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Selasa, 18 November 2014

Bagi File Dengan DropBox

Mau berbagi eBook atau File Video dan Audio ke teman-teman yang ada di internet dengan mengupload File dan mengirimnya satu persatu ke semua teman kamu.? Ya ndak efisien dan menguras Kuota Pulsa Internetan kamu kalau menggunakan cara yang seperti itu. Gunakan saja DropBox. Satu kali Upload sudah bisa kamu bagikan ke semua teman, dengan membagikan Link Downloadnya ke orang-orang yang kamu inginkan. Mudah dan murah khan..?

Terdapat banyak sekali aplikasi penyimpanan di awan saat ini. Banyak diantaranya menyuguhkan fitur yang beragam. Salah satu yang paling populer, dan menurut saya yang terbaik adalah Dropbox. Saat ini Dropbox sudah menjadi bagian dari sistem kerja dan merupakan sarana penyimpanan dan backup yang paling handal. Dalam artikel kali ini, saya akan menunjukan penggunaan dropbox untuk berbagai kebutuhan.

Dropbox sebagai sinkronisasi sistem

Dengan menggunakannya kita dapat sinkronisasi library suatu aplikasi ke beberapa komputer sekaligus asalkan terhubung dengan internet.

Berikut ini tautan ke beberapa laman yang menjelaskan cara singkronisasinya.
  1. Singkronisasi catatan Chat
  2. Singkronisasi Clipboard
  3. Singkronisasi Coda
Sebagai File Sharing
Mau ngirim file ke klien tapi ukurannya 30MB? Masukan saja ke folder Public Dropbox, kemudian kirimkan alamat URL file tersebut ke klien. Dropbox merupakan sebuah aplikasi file sharing yang sangat mudah digunakan, karena langsung terintegrasikan dengan Finder.

Dropbox sebagai backup
Dropbox merupakan sistem backup yang mendukung versioning, yaitu dapat menyimpan beberapa versi dari file tersebut yang dapat diambil kalau kita membutuhkannya. Untuk versi Dropbox gratis dapat menyimpan lima versi saja, sedangkan untuk yang berbayar dapat menyimpan sampai dengan …. versi. Miriplah dengan sistem kerja Time Machine,

Versioning dropbox telah menyelamatkan banyak jam kerja saya karena salah timpa berkas. Dan enaknya, adalah sistem backup dropbox dilakukan otomatis.

Sebagai Web Hosting
Ingin punya website tapi tidak mau bayar domain dan hosting. Dengan Dropbox bisa lho. Buatlah sebuah folder di dalam Public, sebagai tempat hosting.

Untuk domain, Anda bisa memakai layanan pemendek URL. Misalnya http://bit.ly/situskerenku

Untuk pembuatan situs, Anda bisa menggunakan iWeb. Simpan saja hasil desain dari iWeb di folder tadi. Situs Anda pun bisa di lihat oleh sejagat internet.

Dropbox sebagai PDF viewer
Dropbox versi iOS dapat membuka berkas yang umum dipakai, salah satunya PDF. Anda dapat membuka berkas PDF langsung di aplikasi Dropbox iOS. Dropbox akan meng-cache berkas PDF tersebut, supaya Anda bisa membukanya lagi dan lagi tanpa harus mengunduh berulang-ulang.

Singkronisasi iTunes
iTunes bisa mempunyai banyak Library sekaligus. Tekan dan tahan tombol Option ketika iTunes dijalankan. Maka akan keluar dialog pemilihan Library. Anda bisa memindahkan Librari ke Dropbox. Tapi, kalau data iTunes lebih dari 2GB, mau gak mau harus beli ruang tambahan.

Tips dasar, tapi harus ditulis.

Menulis dengan Dropbox
Dengan adanya iPad, kalau pergi keluar sekarang tidak lagi membawa MacBook Pro yang cukup berat. Saya bisa menulis dengan iPad menggunakan PlainText yang sudah otomatis tersingkronkan dengan Dropbox.

Ketika saya saya di depan desktop, saya langsung dapat mengambil versi terbaru tulisan saya tanpa harus pusing lagi transfer berkas. PlainText menggunakan format .txt biasa, jadi editor apapun di Mac dapat membacanya. Singkronisasi Bookmarks

Tidak mau menyisihkan $99/tahun untuk singkronisasi bookmark Safari dengan MobileMe? Dropbox bisa menjadi penyelamat kantong Anda yang kering.

Lihat tutorial di Wiki Dropbox untuk tutorial lengkapnya.

Unduh Bittorent otomatis
Aplikasi Bittorrent sekarang bisa mengunduh secara otomatis dengan mendeteksi berkas .torrent baru yang ada di suatu folder. Contohnya aplikasi Transmisson, jadi Anda bisa masukan sebuah berkas torrent ke dropbox dari kantor, Transmission di Mac Anda di rumah akan mengunduhnya. Nikmati hasil unduhan ketika Anda tiba dirumah. Singkroniasi Password dan data login

Apabila Anda mempunyai beberapa Mac sekaligus dan mengandalkan 1Password sebagai tempat password, serial number atau data login di situs sosial. Anda bisa memindahkan library 1Password ke dropbox, dan biarkan dropbox mengurus sisa kerjanya. Mac Anda pun mempunyai data 1Password yang sama.

Mengontrol Mac dari iOS dengan Dropbox
ElasticThreads menuliskan sebuah tutorial yang sangat mudah dilakukan untuk mengontrol Mac dari jauh hanya dengan aplikasi iOS yang dapat mengedit berkas teks dalam format AppleScropt yang nantinya di singkron ke Dropbox. Mac OS X yang sudah di setup dengan folder action akan mengeksekusi AppleScript tersebut.

Intinya, apapun yang Anda perintah di berkas AppleScript, Mac akan melaksanakannya.
  • Lihat tutorialnya di ElasticThread
  • Print dari jauh dengan Dropbox

Mencetak dari jauh bukan lagi cerita sains fiksi, dengan Dropbox bisa mencetak berkas dari jauh. Yang diperlukan adalah automator dan FolderAction seperti tutorial sebelumnya.

Baca tutorialnya di LifeHacker
Ungah dan berbagi screenshot

Sebagai sebuah aplikasi file sharing Dropbox membuak kesempatan bagi aplikasi lain untuk memanfaatkan fitur file sharing. Yang ini namanay GrabBox, yang dapat mengunggah screenshot layar dan memberikan tautan yang bisa Anda bagikan ke teman-teman. Kesimpulan tentang Dropbox

Dropbox merupakan aplikasi yang sangat lentur yang dapat dipakai untuk berbagai macam kebutuhan. Dengan akun gratis, kita mendapatkan 2GB yang bisa dipakai singkronisasi dengan banyak komputer tanpa batas.

DAFTAR KE DROP BOX KLIK DI SINI https://db.tt/DqgToa4j

Referensi artikel :  http://www.makemac.com/perkenalan-dan-manfaat-dropbox/