ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Rabu, 05 November 2014

Hypnotherapy Corner : TAKE INTERVIEW

Apakah gambar foto Gadis Sexy di sebelah kiri ini pornografi...? Apakah gambar Gadis Sexy ini membuat anda terangsang..? Apakah gambar Gadis Sexy ini betul-betul merangsang daya fantasi anda setinggi langit..? Padahal Ini khan sekedar gambar ketek perempuan yang berbulu... Dan mungkin juga baunya amit-amit...

Ingat..!!!
Gambar hanya ngasih kita informasi visual, dan tidak untuk aspek suara dan juga bau.... Artinya, bila gambarnya menarik.. Belum tentu demikian kenyataannya... Maka jangan mudah terangsang oleh sekedar gambar... Yang membuatmu berkhayal setinggi langit... Padahal... Siapa tahu dia bencong ... Hahahaha...

Nah, itulah salah satu contoh bagaimana dunia persepsi kita dibentuk di dalam fikiran kita. Informasi yang masuk ke otak kita mungkin hanya sebagian saja. Dan bukan keseluruhan informasi. Namun ajaibnya, otak kita akan mencari segala data yang mirip dan terkait dengan informasi baru itu di dalam Bank Data Memory yang ada di dalam pikiran bawah sadar. Dan kemudian merangkai sebuah persepsi yang utuh dan menyuguhkan kepada kita sebuah gambar yang lengkap dari informasi yang terbatas itu.

Mekanisme kerja Otak yang disebut TDS (TransDerivational Search) Ini adalah sebuah berkah sekaligus juga bisa menjadi kutukan. Menjadi berkah ketika Bank Data Memory kita cukup lengkap dan komprehensif sehingga dapat memperoleh sebuah gambaran yang utuh dari sebuah informasi yang terbatas. Namun menjadi kutukan ketika persepsi yang terbentuk itu sama sekali berbeda jauh dengan realitas yang sebenarnya.

Itulah sebabnya di dalam NLP dinyatakan bahwa The Map Is Not The Territory. Gambaran serta persepsi kita terhadap dunia ini, bukanlah gambaran yang benar-benar tepat mengenai realitas dunia yang sebenarnya. Ada terlalu banyak distorsi, generalisasi, dan juga delesi yang dilakukan oleh pikiran kita.

Kita sering menyamaratakan pandangan kita terhadap sesuatu. Misalnya ketika kita melihat seseorang yang ditubuhnya terdapat Tato. Dengan seketika kita akan mengambil kesimpulan bahwa orang ini adalah berasal dari golongan orang yang tidak baik. Mungkin Preman, penjahat, atau yang sejenisnya. Itulah Proses Generalisasi yang dilakukan oleh pikiran anda.

Demikian juga misalnya ketika diri anda sedang melihat sebuah kejadian. Dari serangkaian peritsiwa yang ada, mengapa anda tidak bisa mengingat semuanya dengan kuat. Mungkin yang paling kuat menancap di memory anda adalah wajah orangnya, atau suaranya, atau baunya saja. Mengapa tidak keseluruhannya..? Itulah proses delesi atau penghapusan data dan informasi. Ketika anda berfokus pada satu hal, secara otomatis anda akan mengabaikan semua hal yang lainnya.

Apa yang terlintas di dalam Pikiran anda ketika mendengar Kalimat ini : "Penampilan Kayak Setan, Tetapi rasa Kayak Ketan.."

Hohohoho.... Jangan Ngeres bin Piktor lagi lho otaknya.... Hahahahahaha.....

Itulah proses-proses mekanisme kerja yang terjadi di dalam fikiran kita, yang mempengaruhi bagaimana kita bersikap, berkata, dan berperilaku. Dan sebagai seorang Hypnotherapist, anda harus masuk ke dalam dunia fikiran klien anda ini. Untuk memetakan serta mengenali pola-pola pemikiran yang ada di dalam pikiran klien. Untuk kemudian memberikan solusi yang tepat terkait dengan permasalahan klien anda.

SOLUSI JAWABAN
Untuk mendapatkan Jawaban Solusi yang tepat, kita harus mengajukan pertanyaannya dengan tepat.. Dan agar dapat mengajukan pertanyaan dengan tepat, kita harus mengenali permasalahan kita dengan sebaik-baiknya...

Disosiasi, memisahkan diri dari masalah dan melihat masalah dari luar...
Selama kita asosiatif dan merasakan diri sebagai bagian dari masalah, melekat dengan masalah, Trance dengan masalah... Maka selama itupula kita tidak akan dapat memberikan pertanyaan yang tepat dan memperoleh jawaban solusi yang tepat....

BUILDING RAPPORT KEBABLASAN
Saat di Klinik, ketika menghandle pasien, seringkali saya melibatkan satu atau dua asisten Hipnoterapist untuk membantu saya. Sekaligus sebagai media baginya untuk belajar bagaimana melakukan layanan hipnoterapi dengan baik serta benar...

Dan terkadang...saya itu menegur beberapa asisten terapist saya yang masih belum mampu menahan diri untuk asosiatif dan terlibat dengan masalah klien... Alias Building Rapport-nya kebablasan... jadinya kayak sesi Curhat atau sesi ngerumpi...

Sebagai terapist, di sesi awal kita memang perllu Connect dengan klien dan permasalahannya.. Namun itu hanya sekedarnya saja.... Setelah dirasakan memperoleh informasi yang cukup, anda harus segera memutus koneksi.. dan disosiatif terhadap masalah klien, agar dapat memberikan solusi yg terbaik untuk klien anda....

Jadi, waspadalah...
Janganlah sampai masalah klien masuk dan menjadi masalah anda...

Hypnotherapy Corner : TAKE INTERVIEW
Take Interview atau sesi wawancara dengan pasien sebelum terapi adalah tahapan yang sangat penting bagi seorang hipnoterapist. Karena kita ini bukan dukun serta paranormal yang suka meramal dan menebak-nebak kondisi klien....

Interview diperlukan untuk menggali akar permasalahan Klien, memetakan masalah, dan mencari sumber penyebab dari permasalahan klien. Serta aspek-aspek pendukung apa saja yang membuat klien terjebak pada masalahnya...

Manusia itu cenderung bias ketika menilai masalahnya sendiri. Menganggap baik diri sendiri atau bahkan sebaliknya, terlalu menganggap buruk pada diri sendiri.. Atau kalau tidak begitu, klien akan memandang masalah secara Global, Gebyah Uyah, dan menganggap semua hal adalah pencetus masalahnya..

Oleh karena itu, anda perlu memetakan permasalahan klien. Mana yang sebenarnya masalah dan mana yang sebenarnya bukan masalah. Dan mana yang menjadi inti masalah.

Atau kalau tidak begitu, pasien biasanya akan menjadi kehilangan fokus dan bercerita semua hal... alias curhat habis-habisan pada anda... Jadi, anda perlu melakukan tekhnik Bracket. Mengisolasi masalah dan fokus pada satu masalah saja. Karena masalah itu tidak dapat diselesaikan secara borongan, kita harus menyelesaikannya satu persatu dulu. Hingga semua masalah terselesaikan..

Syukur-syukur bila semua hal yang disampaikan oleh klien itu ternyata berasal dari pohon masalah yang sama. Sehingga ketika kita menemukan akar masalahnya. Maka semua masalah akan terselesaikan secara tuntas.

Bila tahapan ini dapat anda lakukan dengan tepat dan benar, maka anda akan dapat merumuskan strategy hypnotherapeutic yang tepat dan benar bagi permasalahan klien anda... Dan Klien anda akan sembuh tuntas dalam waktu yang cepat.

Sekian ulasan saya mengenai Hypnotherapy Corner : TAKE INTERVIEW. Semoga bermanfaat untuk anda, dan sampai jumpa lagi ditulisan lainnya.

Dan bila anda merasa tulisan ini cukup bermanfaat, silahkan share tulisan ini ke sahabat-sahabat anda di sosmed. Terima Kasih.

Gresik, 5 November 2014

Edi Sugianto, CH CHt CI MNLP
(Founder NAQS DNA Institute)



Nb. Source Image ngambil di Google Bro, bukan foto tetangga saya. Jangan ngeres ya... Hahahaha...

Info Jadwal Pelatihan Terbaru, KLIK DISINI..