ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Selasa, 23 Desember 2014

Berita Baik Bagi Keluarga Yang Hancur

Sesuatu yang belum pernah dibangun, maka tidak akan pernah hancur...Dan seringkali sepasang suami istri itu hanya merasa seolah-olah saja sudah membangun sebuah bangunan rumah tangga...Tetapi sesungguhnya, yang sering terjadi adalah mereka hanya hidup bersama tanpa membangun apapun....Sehingga suatu saat ketika komitmen bersama sudah retak... Maka, sesungguhnya tidak ada Rumah Tangga yang hancur di sana.. Karena memang belum ada bangunan Rumah Tangga yang mereka bangun sebelumnya....

Berita Baik bagi Keluarga Yang Hancur

"Kang, kami sudah membangun keluarga 17 tahun, dan keluarga kami hancur sekarang" keluh seorang suami di hadapan istrinya kepada saya di sebuah pertamuan.

"Maaf, sebelum menyatakan keluarga anda hancur, mohon jawab pertanyaan saya dulu"

"Baik, Kang"

"Apakah anda pernah duduk bersama merancang keluarga ingin dibangun seperti apa? Apa yg ingin dituju bersama? Apa rencana keluarga dalam setiap tahun?"

" Belum..."

"Apakah anda bersama pernah menelisik diri, mulai mengenali apa yang membuat bangga dan nyaman pasangan pada dirinya, dan apa yang justru membuat dia tidak nyaman bahkan melukai serta membuat dia dendam?"

"Belum"

"Apakah anda berdua pernah memikirkan, mendiskusikan dan mempraktekkan memperkuat penghargaan satu sama lain, sehingaa diri anda dan diri pasangan nyaman?"

"Belum"

"Apakah anda berdua pernah membuat agar komunikasi di antara anda berdua menjadi semakin terbuka, jelas, jujur, rinci, pancaindrawi, dan penuh penghargaan?"

"Belum"

"Apakah anda berdua pernah duduk bersama mendiskusikan aturan-aturan apa yang perlu ada di keluarga dan menjadikan anda berdua lebih hidup, lebih nyaman, lebih menuju tujuan anda?"

"Belum"

"Apakah anda berdua terbuka dan menemukan cara-cara yang asyik dan mengasyikkan masing-masing pihak sehingga mencapai kepuasan bersama saat melakuka hubungan seks?"

"Belum"

"Apakah anda berdua pernah memikirkan, mendiskusikan, bereksplorasi dan melakukan cara-cara sehingga anda lebih perhatian satu sama lain, lebih peduli satu sama lain, lebih sayang satu sama lain?"

"Belum "

"Bila demikian, Berita baik bagi Anda berdua"

"Berita baik apa?"

"Keluarga anda belum hancur"

"Lalu apa dong yang terjadi pada diri kami?"

"Ternyata Anda berdua barulah dipersatukan oleh akad pernikahan sehingga anda legal berada dalam satu rumah selama 17 tahun, dan nyatanya anda belum membangun keluarga, belum membina keluarga".

"Jadi, apa yang perlu kami lakukan?"

"Ya, melakukan semua hal yang anda berdua jawab "Belum" tadi ".

**

Pun sapun ampun paralun
Asep Haerul Gani

Source : https://www.facebook.com/asephaerulgani/posts/1012156362134689