ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Minggu, 07 Agustus 2016

3 Steps Cara Go Live di Facebook

Tata Cara Menggunakan Fitur Facebook Life atau "Go Live" untuk On Air menayangkan Video siaran langsung di Profile Facebook ini, saya tulis untuk menjawab beberapa sahabat yang penasaran dan bertanya bagaimana caranya saya melakukan Video Streaming di FB kemarin.

Sebenarnya Fitur ini sudah ada sejak beberapa bulan yang lalu, awalnya saya melihatnya secara tidak sengaja di salah satu Page / Halaman FB, yang saya gunakan untuk promosi batu Akik. Namun karena saya tidak berminat untuk promosi batu akik secara Real Time melalui Video. Maka fitur itu saya abaikan saja.

Sampai akhirnya beberapa minggu yang lalu saya melihat ada beberapa sahabat yang melakukan Live Streaming di Akun Profile / Timeline FB mereka. Saat itu, semua itu juga sekedar saya lihat saja dan tidak membuat saya tertarik untuk ikut melakukan Siaran Langsung.

Nah, sampai kemudian beberapa hari terakhir ini. Ketika saya sedang giat memberikan beberapa Materi Gratis seputar dunia Hipnotis, Gendam, Quantum Healing, Pikiran Bawah Sadar, dan juga Awareness di Youtube. Yang mana untuk prosesnya terkadang membutuhkan waktu lebih dari 12 jam untuk prosesnya. Mulai saat sesi rekaman, lalu mengkonversi File dalam berbagai Format, hingga Upload ke You Tube. Semuanya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Bahkan pernah ada yang membutuhkan waktu 24 jam lebih.

Dari sinilah kemudian saya mulai melirik fasilitas GO LIVE di Facebook sebagai salah satu alternatif untuk Delivery Materinya. Baik untuk materi Umum ataupun materi khusus yang hanya diperuntukkan bagi siswa.

Dengan Fasilitas Go Live ini, memungkinkan saya berinteraksi langsung (Real Time) dengan sahabat yang hadir melihat video itu. Dimana mereka dapat merespon apa yang saya sampaikan di Kolom Komentar dan langsung dapat saya respon saat itu juga dan saya jawab lewat siaran tersebut.

Sayangnya, saat ini fitur Go Live baru dapat digunakan saat kita Online lewat perangkat HP / Smartphone. Dan Fitur ini tidak akan muncul ketika kita online menggunakan PC / Laptop.

Dan agar Facebook di HP kita dapat memunculkan Fitur Go Live, maka Aplikasi Facebook yang terinstal di HP anda sudah harus di update dengan versi yang terbaru,yaitu Facebook 4.0

Dalam aplikasi Facebook 4.0 setiap kita hendak menulis status, akan muncul 5 Fitur, yaitu :
  • Photo/Video
  • Go Live
  • Check In
  • Feeling/Activity
  • Tag Friends

3 Steps Cara Go Live di Facebook
  1. Langkah pertama, Hampir sama dengan saat kita menulis Status, hanya saja setelah kita menulis JUDUL LIVE STREAMING kita, maka langsung saja KLIK icon GO LIVE, lihat gambar No. 1 di atas.
  2. Selanjutnya akan tampil Layar Preview tampilan Video Streaming yang akan kita lakukan. Sebagaimana tampak di No. 2 gambar di atas. Setelah anda siap untuk ON AIR, maka segera Klik tombol GO LIVE di pojok kanan bawah ( Tulisan Putih dengan latar belakang warna biru).
  3. Setelah anda merasa sesi Siaran Video Live Streaming anda cukup, maka akhiri dengan menekan Tombol FINISH, lihat gambar No. 3 di atas.
Taraaa.... selesai deh.... hehehehe.... Mudah sekali bukan..?

Jika aplikasi Facebook di HP anda masih menggunakan Type keluaran yang lama, Icon GO LIVE tidak akan muncul di layar Status HP anda. Maka segera masuk ke Play Store / Google Store untuk memperoleh update yang terbaru. Dan jika, type aplikasi anda sudah sangat jauh tertinggal, maka anda perlu melakukan Update hingga beberapa kali, sedemikian hingga anda akhirnya memperoleh aplikasi Facebook 4.0

Dibawah ini adalah Contoh Test ke-4 Video Streaming yang saya lakukan hari ini di Facebook.



SEMINAR ONLINE VIA GO LIVE



Sebenarnya, Go Live juga bisa dilakukan dengan menggunakan Laptop / Komputer. Namun, protokol tekhnisnya agak lebih rumit. Khususnya bagi orang awam yang tidak biasa utak-atik sofware.

Untuk dapat menayangkan Video Streaming menggunakan Laptop, maka :
  1. Pertama, anda harus Instal dulu Aplikasi "OBS Studio" di Komputer anda, 
  2. kemudian Instal juga "Visual C++ Redistributable Packages for Visual Studio 2013 - Microsoft" dan selanjutnya, 
  3. dapatkan Streaming Key di welivestream.us 
Setelah itu semua anda lakukan, maka barulah anda bisa melakukan siaran langsung Via Laptop atau Komputer.

Sengaja, tata cara streaming lewat komputer ini tidak saya tuliskan secara detail. Karena biasanya menu itu hanya diperuntukkan bagi sahabat yang sudah menguasai dan mahir di bidang Digital Software.

Baiklah, sekian dulu ulasan saya kali ini mengenai Fitur Luar Biasa dari Facebook ini. Dan jika anda berminat untuk mengikuti Video Streaming dari saya seputar Topik Hypnosis, Tenaga Dalam, Gendam, Quantum Healing, Metafisika, Esoteris, dll. Silahkan FOLLOW Facebook saya.

Sekian, Terima Kasih, dan semoga bermanfaat.

Salam.

Edi Sugianto
Gubes NAQS DNA
(www.naqsdna.com)

SMS/WA : +62 812 3164 9477
HP : +62 822 3458 3577
Telegram Messenger : @Hipnotis
Pin BB : 7ccd0ca5
Twitter : @edi5758
Facebook : https://www.facebook.com/haryopanuntun
Google Plus : +Edi Sugianto, C.Ht., MNLP

Silahkan SHARE / BAGIKAN jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jika anda mau COPAS Artikel ini, sertakan Linknya, agar ada yang bertanggung jawab atas isinya. Terima Kasih.