Hipnoterapi Aneh Ala Mbah Dukun

Bagi yang belum mengenal dunia hipnoterapi, pasti akan beranggapan bahwa yang namanya terapi hipnotis itu pasti membuat pasiennya tidur dulu baru diterapi. Demikian juga bagi yang baru mengenal NLP secara sekilas saja, pasti akan mengira bahwa terapi NLP itu harus melibatkan penggunaan pola Bahasa yang rumit untuk memfasilitasi terjadinya transformasi di dalam diri pasien. Milton Erickon salah seorang bapak Hypnotherapy modern dan juga salah satu tokoh yang dimodel tekhniknya dalam NLP. Justru tidak demikian ketika melakukan terapi pada pasiennya.


Dalam sebuah kisah disebutkan bahwa Pernah suatu saat Milton menerima pasien seorang janda yang mengalami gejala depresi berat. Dan tahukah anda, apa yang dilakukan Milton Erickson untuk menyembuhkan pasien tersebut? Apakah dengan menghipnotisnya dulu kemudian diberi sugesti? Ataukah menggunakan beberapa tools terapi NLP seperti swish pattern, New Behaviour Generator, Reframing, dll..? ternyata tidak saudara.

Milton Erickson hanya menyuruh janda tersebut untuk menanam bunga anggrek sebanyak-banyaknya, dan membagikannya secara gratis kepada pasangan yang menikah atau ibu yang baru melahirkan.

Dan ajaibnya, ketika Janda tersebut mengikuti saran Milton. Entah kenapa tanpa alasan yang jelas, sakitnya sembuh. Secara mental sekarang dia menjadi seorang wanita yang sangat sehat, ceria, dan penuh semangat hidup. Jauh berbeda kondisinya dari kondisi sebelum diterapi.

Mengapa bias begitu..? penjelasan sederhananya adalah janda tersebut depresi berat karena merasa kesepian, dan juga merasa seolah-olah sudah tidak lagi dibutuhkan di dalam dunia ini. Sehingga dia memutuskan untuk diam dan sering mengurung diri, serta menjauhi pergaulan, dan tentu saja sebagai akibatnya adalah stress dan depresinya makin parah.

Nah, dengan mengikuti saran Milton Erickson tadi. Dengan sendirinya, janda tersebut punya kegiatan baru yang juga merupakan salah satu hobinya. Yaitu menanam bunga, dan dengan dia giat beraktifitas seperti itu. Peredaran darahnya semakin lancar, tubuhnya semakin sehat, dan pikirannya pun menjadi lebih terfokus kepada pemikian-pemikiran yang positif.

Selain itu, karena dia sering berbagi kegembiraan dengan memberikan bunga secara gratis pada orang lain, maka dia disambut dengan baik di kotanya. Semua orang menjadi semakin ramah padanya, dan diapun seolah terlahir kembali menjadi manusia baru yang menebar sinar bahagia ke semua orang.

Sebuah tindakan terapi sederhana namun brilyan bukan?

Dan sebenarnya, tindakan terapi seperti ini tidaklah asing bagi kita di nusantara ini. Khususnya jika anda sering sowan berkunjung ke para sesepuh yang dianggap mempunyai kemampuan daya linuwih untuk menolong dan menyembuhkan orang lain.

Salah satu contoh adalah tekhnik terapi yang digunakan oleh salah seorang Guru saya, yaitu almarhum Abah Thoyib, salah seorang Tokoh Sufi yang mempunyai pesantren lelaku di daerah Krian Jawa Timur.

Beliau sering memberikan tekhnik terapi shock mental seperti ini kepada tamu yang datang meminta suatu solusi. Misalnya, ada jomblo yang gak laku-laku dan sangat ingin segera menikah. Nah, terapi apa yang dilakukan Abah Toyib padanya.

Beliau akan mengajak tamu tersebut berdoa bersama dengan suara yang keras sehingga terdengar oleh seluruh orang yang ada di ruangan tamu tersebut. Bunyi doanya begini…”Ya Allah, mugo-mugo si fulan ini makin gak laku kawin..”

Aneh khan doanya..?

Demikian juga jika ada pedagang yang mengeluh dagangannya sepi, beliau akan mendoakan begini.”Ya, Allah.. Mugo-mugo daganganku tambah gak payu..”

Makin aneh khan..? hehehehe…

Ya, saya dulu juga berpendapat sama dengan anda. Doa abah ini aneh, tapi kok ampuh. Artinya, yang jomblo tadi akhirnya segera laku kawin, yang dagangannya sepi tadi ternyata akhirnya laris dagangannya.

Setelah saya banyak belajar mengenai dunia psikologi, hypnotherapy, Quantum Healing, dll. Sebenarnya doa abah ini tidaklah terlalu aneh. Karena yang sedang beliau ajarkan kepada para tamunya itu adalah mengenai bagaimana menumbuhkan sikap Ikhlas Pasrah menerima kondisi yang ada, sekaligus untuk melepas kemelekatan pikiran dari masalah yang selama ini membelit pikirannya. Letting Go..

Dalam dunia Hypnotherapy modern disebutkan bahwa, PENERIMAAN adalah landasan utama untuk melakukan perubahan diri. Tanpa dimulai dari sikap menerima, maka seseorang masih akan melekat dengan masalah dan tidak akan dapat berubah menuju kondisi kehidupan yang lebih baik.

Dan sebenarnya, banyak tricks terapi super aneh yang dilakukan oleh beliau, yang dulu saya anggap aneh, tetapi akhirnya baru saya fahami esensinya sekarang ini. Dan sering juga saya terapkan pada pasien dan juga siswa saya untuk memfasilitasi terjadinya transformasi diri bagi mereka. Sebagian dari Tekhnik Terapi aneh tapi ampuh ini juga saya ajarkan dalam pelatihan Trance Immersion Workshop yang saya adakan.

Bagi yang tidak memahami ilmu psikologi ataupun Trance Psychotherapy Ericksonian Hypnosis, mungkin berbagai tekhnik terapi yang saya ajarkan atau terapkan itu akan dibilang aneh, dll. Tetapi jika mereka mau sedikit berfikir, atau setidaknya bertanya kepada saya, maka saya bisa jelaskan aspek ilmiah dan logis dari setiap tekhnik terapi yang saya ajarkan dan terapkan pada pasien ataupun siswa.

Dalam konsep saya, soal tekhnik, tidak harus kaku mengikuti petunjuk yang ada di dalam buku. Tekhnik apapun, semuanya boleh dipakai, yang penting efektif dan dapat memberikan solusi yang tepat bagi orang lain. Bahkan seandainya orangnya sendiri tidak merasa sedang dibantu.

Insya Allah mengenai Trick Hipnoterapi Aneh Ala Mbah Dukun lainnya akan saya ceritakan nanti di lain kesempatan, dengan syarat. Jika saya lagi pengen mau cerita… Kwakwkwkwkwk….

Okey, sekian dulu sekedar share kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda.

Salam.

Edi Sugianto, Founder NAQS DNA ~ naqsdna.com

SMS/WA : +62 812 3164 9477
HP : +62 822 3458 3577
Telegram : @Hipnotis
Pin BB : D016E4EE
Twitter : @edi5758
Facebook : https://www.facebook.com/haryopanuntun
Google Plus : +Edi Sugianto, C.Ht., MNLP

Silahkan SHARE / BAGIKAN jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jika anda mau COPAS Artikel ini, sertakan Linknya, agar ada yang bertanggung jawab atas isinya. Terima Kasih.




Click To Chat : WhatsApp , Telegram, Facebook Messenger.

Click To Join : WhatsApp Group, Telegram Group, Facebook Group.

**

Hipnoterapi Aneh Ala Mbah Dukun Hipnoterapi Aneh Ala Mbah Dukun Reviewed by Edi Sugianto, C.Ht., MNLP on 05.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.