Facebook Blogging (FLog)

Facebook Blogging (FLog)

Cara NgeBlog di Facebook dengan memanfaatkan Fitur terbaru  Album Foto Facebook.




Kategori / Label Post di Facebook.
Jika anda sudah terbiasa menulis di blog / website. Tentu anda sudah lazim dan faham dengan adanya Category / Label yang mengelompokkan atau memenej tulisan dan artikel di blog dalam suatu group postingan tertentu.

Misalnya, anda membuat Category / Label SPORT, untuk postingan-postingan yang berisi mengenai dunia olah raga. Category / Label HIPNOTIS, untuk artikel dan tulisan yang berkenaan dengan dunia Hypnosis. Dan lain sebagainya.

Fungsi adanya Category / Label ini memudahkan kita ketika mencari tulisan dengan tema tertentu. Dan untuk pemilik blog, hal ini juga dapat meningkatkan Rangking SEO suatu blog di mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, dll.

Nah, lalu apa gunananya Category / Label pada postingan di facebook, dan adakah fitur itu di facebook...?

Untuk memudahkan anda memahami ini, Sebagai contoh lihatlah Status ini yang saya masukkan dalam album foto di facebook yang berjudul "Info & Knowledge", coba klik, dan pilih Feed view.

Apa yang anda lihat,..? Silahkan koment.



Kategori / Label Post di Facebook ( Part 2 )

FACEBOOK BLOGGING. (FLOG)
Sebagaimana sudah diketahui oleh semua orang yang biasa bermain di Facebook. Bahwa tulisan yang kita Posting di Wall / Timeline, itu lama-lama akan tenggelam dan sulit untuk diketemukan kembali.

Sehingga tidak jarang, kita jadi kesulitan untuk menemukan tulisan kita sendiri yang pernah kita posting tahun kemarin, bulan kemarin, atau bahkan minggu kemarin. Karena sudah jauh tenggelam di Linimasa Facebook. Padahal, boleh jadi itu adalah suatu tulisan penting yang saat ini kita perlukan untuk dibaca kembali.

Berbeda dengan postingan status yang berupa Text.....

Postingan yang berupa image / Foto lebih mudah untuk kita cari. Cukup buka Tab Photo dan kita cari di situ.

Apalagi jika Foto yang kita upload itu sudah kita atur dan kelompokkan dalam beberapa album foto dengan tema tertentu untuk setiap album.

Maka kita akan menjadi sangat mudah untuk menemukan foto yang pernah kita posting beberapa tahun yang lalu.

Tinggal Klik Album foto, maka semua foto yang sudah kita kelompokkan di dalam album itu akan keluar semua.

Nah, terus terang saya itu gembira banget dengan inovasi terbaru dari Team facebook yang menciptakan adanya Background berwarna dan motif untuk status yang berupa Text.

Karena postingan kita jadi terlihat menarik serta professional, tanpa perlu faham mengenai tekhnis editing gambar.

Dan hal ini makin menggembirakan saya, ketika tanpa sengaja saya menemukan bahwa postingan status yang berupa tulisan / text. Ternyata dapat juga dimasukkan ke dalam album foto,

Hal ini membuat semua postingan text yang sudah kita masukkan ke dalam album, menjadi mudah kita cari dan ketemukan. Walau sudah kita posting minggu kemarin, bulan kemarin, ataupun tahun kemarin.

Cukup Klik Tab foto, dan buka album foto yang berkenaan. Maka semua tulisan dan foto yang ada di situ akan ditampilkan.


Caranya, setelah kita buka Album Foto. Maka disitu ada dua pilihan tampilan, yaitu GRID VIEW & FEED VIEW, Grid View untuk menampilkan foto/image. Sedangkan Feed View untuk menampilkan postingan Text.


Dengan kata lain, fungsi memasukkan status tulisan / text ke dalam album foto. Fungsinya selain mirip Fitur Kategori, dalam penulisan di Blog. Juga membuat kita dapat dengan mudah membaca kembali semua postingan yang pernah kita post di FB dan sudah kita kelompokkan dalam album tertentu.

Bahasa mudahnya, Facebook sekarang juga sudah dapat kita fungsikan untuk menjadi Blog bagi tulisan-tulisan kita,

Suatu Inovasi yang cukup menarik bukan..?

Bagaimana menurut anda..?

**

Kategori / Label Post di Facebook Part 3.

Facebook Note.
Diawal-awal saya berkenalan dengan facebook sekitar tahun 2009. Saat itu, Menulis status di facebook itu tidak bisa panjang. Kalau tidak salah, untuk update status hanya dibatasi sekitar 300 sampai 500 karakter saja. Ya, walau ini lebih panjang dari kebijakan Twitter yang hanya membolehkan 160 karakter. Tetap saja ini terasa masih membatasi.

Sehingga, jika kita mau nulis yang agak panjang sedikit di facebook. Maka satu-satunya pilihan adalah menulis di Fitur Facebook Note. Apalagi saat itu, facebook note dapat kita koneksikan dengan Blog. Jadi, apa yang kita tulis di blog juga dapat terposting di FB Note secara otomatis.

Fitur Autopost ini sekarang sudah tidak ada, dan entah mulai tahun berapa sudah lagi tidak diberlakukan di facebook. Maklum, waktu itu memang gak mencatatnya sih... Hehehe....

Nah, sejak Facebook membolehkan kita nulis panjang di Timeline, yang ini juga saya tidak tahu, tanggal berapa tepatnya hal ini mulai berlaku.

Maka, update status untuk tulisan yang puaanjang sepanjang jalan kenangan pun boleh... ( Eh... Kok lebay jadinya... Hahaha....)

Intinya, sejak kita bisa update status tanpa batasan karakter untuk setiap postingan, maka menulis di Facebook Note menjadi kurang lagi menarik.

Apalagi, kebijakan facebook yang suka berubah-ubah. Jika dulu, pasang text link di FB note mudah untuk dilakukan, maka kemudian ditiadakan, sehingga kita tidak bisa memasukkan Link Blog kita di FB Note. Dan sekarang dengan tampilan editor text yang baru, mencantumkan Link di FB Note dibolehkan lagi.

Berbeda dengan menulis di timeline ( dulu disebut wall/dinding), sejak dulu sampai sekarang. Menulis Link Blog seperti ini www.naqsdna.info mudah sekali.

Seiring dengan perubahan kebijakan Facebook, maka behaviour untuk posting di FB juga berubah.

Facebookerz lebih suka menulis di Timeline daripada di FB Note. Walau tulisannya puaaanjang banget sekalipun.

Masalahnya.... Facebook ini gak punya footer. Kalau kita scroll ke bawah, sampai 5 jam sekalipun, kagak bakalan ketemu footer FB. Artinya, tulisan yang pernah kita post di FB. Bisa tenggelam dan menghilang begitu saja.

Namun dengan metode Facebook Blogging yang sudah saya tulis di status sebelumnya. Hal itu tidak perlu lagi terjadi.

Kita dapat dengan mudah membaca kembali semua tulisan kita di FB, hanya dengan 1 kali klik saja.

Luar biasa bukan...?

Okey, sekian dulu. Semoga bermanfaat dan dapat memberi inspirasi untuk sahabat semua.

Salam.


• Edi Sugianto, Founder NAQSDNA
naqsdna.combasupati.comsabdasakti.com

SMS/WA : +62 812 3164 9477
HP : +62 822 3458 3577
Telegram Messenger : @Hipnotis
Pin BB : D016E4EE
Twitter : @edi5758
Facebook : https://www.facebook.com/haryopanuntun
Google Plus : +Edi Sugianto, C.Ht., MNLP

Click To Chat :
Simak Materi Pelatihan Gratis Yang lain di Group Telegram JRC, KLIK DI SINI... untuk bergabung.

Silahkan SHARE / BAGIKAN jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jika anda mau COPAS Artikel ini, sertakan Linknya, agar ada yang bertanggung jawab atas isinya. Terima Kasih.


Jadwal Event Workshop, klik di sini..


Facebook Blogging (FLog) Facebook Blogging (FLog) Reviewed by Edi Sugianto, C.Ht., MNLP on 21.21 Rating: 5

1 komentar:

  1. Are you looking for free Google+ Circles?
    Did you know that you can get them ON AUTO-PILOT & ABSOLUTELY FOR FREE by using Add Me Fast?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.