Website Speed Test

Mendesain sebuah Website atau Blog itu tidak hanya memikirkan soal penampilannya saja. Tetapi soal kecepatan Loading Blog itu juga harus menjadi pertimbangan. Bukankah akan menjadi tidak berguna jika sebuah website yang punya penampilan mewah, tetapi loadingnya lama banget? Bisa ketinggalan pesawat jika pembaca mengakses blog anda, hehehehe...

Di zaman sekarang ini, kecepatan adalah salah satu faktor utama untuk meraih sukses. Fakta yang ada dalam kehidupan di era globalisasi ini, adalah menuntut semua orang untuk bergerak secara cepat, inovatif dan kreatif. Siapa yang bergerak lambat, maka dia bisa kehilangan peluang.

Perilaku untuk senantiasa bergerak cepat ini juga mempengaruhi manusia di aspek kehidupan sehari-hari. Hampir sebagian besar tekhnologi yang kita gunakan, semuanya mengutamakan kecepatan. Jika perlu prosesnya semakin dipersingkat dan bahkan Instan. Dan demikianlah kenyataannya, INSTAN, menjadi Fitur utama untuk menilai keunggulan suatu produk.

Perilaku itu juga berlaku ketika kita hendak menjelajah di dunia internet. Kecepatan adalah segalanya.

Sejak pertama kali Blog NAQSDNA ini saya buat, yaitu sekitar tahun 2010. Tampilan Blog ini tidak pernah mengalami perubahan tampilan yang siginifkan. Karena saya memang jarang sekali mengganti Template untuk blog ini. Dan kemarin, tiba-tiba saja kok saya ingin sekali melakukan perubahan penampilan dari blog naqsdna ini.

Setelah beberapa kali melakukan uji coba bergonta-ganti beberapa template. Akhirnya pilihannya jatuh pada Theme IdeasMag dari Soratemplate seperti yang sekarang saya terapkan pada blog ini.

Bagaimana dengan kecepatan Loading dari Blog ini sekarang?

Untuk mengetahui berapa kecapatan Loading dari Blog ini, saya menggunakan dua Tools Website Speed Test terbaik, yaitu GTmetrix dan Pingdom, dan hasilnya silahkan lihat sendiri di sini :
Lumayan bukan?

Di era teknologi yang serba canggih sekarang ini, kebutuhan internet sebagai tempat untuk berbisnis, komunikasi, browsing dan lain sebagainya terus mengalami peningkatan. Hal ini justru menuntut banyak sekali inovasi agar kemudahan bisa tercapai dengan baik. Seperti kecepatan akses ke sebuah website merupakan faktor yang bisa memberikan dampak langsung terhadap revenue ( hasil dari segi ekonomi ).

Sebagai pemilik blog atau website, sudah seharusnya kita memperhatikan kecepatan loading website kita. Speed insight yang dibuat oleh Google memberikan skor metrik dengan hitungan 1-100. Semakin tinggi angka Score nya, maka semakin cepatlah loading suatu blog / website.

Nah usahakan website atau blog yang Anda kelola mendekati 100. Baik itu untuk mobile speed dan desktop speed. Karena seperti yang kita ketahui pengguna mobile saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Mengapa kecepatan loading website harus cepat?
Semua pasti setuju ketika kita mengakses sebuah website yang ringan kita akan merasa nyaman untuk membaca isinya, apalagi isi website tersebut ternyata sangat bermanfaat buat kita. Inilah efek jika website yang dibuat mampu loading dengan cepat.

Untuk blog NAQSDNA yang saya kelola ini yang  berada di kisaran 70 s/d 84, tentu saja masih belum membuat saya merasa puas, dan ke depannya saya akan terus berusaha menyempurnakan semua faktor yang diperlukan agar anda merasa nyaman ketika menjelajahi isi blog ini.

Harapan saya, Semoga Blog ini betul-betul dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada anda.  Serta memberikan pengalaman browsing yang juga nyaman untuk anda.

Okey, sekian dulu info pagi ini, semoga bermanfaat untuk sahabat semua.
Website Speed Test Website Speed Test Reviewed by Edi Sugianto, C.Ht., MNLP on 04.59 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.