ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Kamis, 23 Desember 2010

Senam Mata NAQS

Di dalam latihan jurus Bioenergi NAQS yang perlu juga diperhatikan oleh siswa adalah gerakan mata dan gerak leher yang harus mengikuti gerak telapak tangan. Ini adalah juga sebagai suatu senam untuk mata yang banyak sekali manfaatnya. Pernah dengar Senam Mata atau belum...?? Nih ulasannya.

 SENAM MATA , terkadang masih kedengaran aneh ? Mungkin, timbul pertanyaan di benak Anda, bagaimana cara mata ber-olah raga ? Memang , selama ini yang sudah kita kenal adalah olah raga tubuh , misalnya untuk membuat tubuh kita tetap bugar dan sehat kita biasa melakukan jogging, senam beban, berenang, dan bersepeda santai, tenis lapangan, sepak bola dan lain sebagainya. Akan tetapi, kadangkala terlupakan bahwa mata kita juga perlu olah raga, lho ? . Olah raga mata penting juga untuk dijalani supaya urat saraf lembut mata kita selalu tetap segar dan bugar juga, sehingga mata kita masih memiliki kemampuan yang baik untuk membaca rangkaian huruf atau kalimat yang tercetak kecil , seperti kondisi mata kita pada saat usia antara 7 - 10 tahun.


Dengan rutin melakukan olah raga mata setiap pagi , maka kemungkinan memakai kaca mata baca sangat kecil sekali akan kita alami meskipun usia semakin bertambah dan mata kita juga sering diforsir / agak dipaksakan untuk membaca huruf - huruf yang terangkai berupa kalimat di buku, majalah , televisi dan internet. Apalagi , pada abad informasi seperti ini , kadangkala tanpa kita sadari dimana kita akan stand by terus berjam - jam mengamati hal - hal ter-updates di internet khusunya, benar nggak ? Sampai - sampai kita betah ngenet seharian di depan komputer.

Oleh karena itu semua, para ahli kesehatan menyarankan kepada kita supaya berusaha untuk tetap menjaga kesehatan mata. Walaupun kita betah sampai beberapa jam melakukan aktifitas membaca , baik itu di majalah , buku atau internet , akan tetapi jangan lupa juga untuk tetap meng-update kondisi kesehatan mata kita.

Senam mata tak cuma membuat mata tetap awas dan sehat. Keriput dan gelambir kantong di bawah mata juga bisa dicegah. Gerakannya cukup mudah untuk dilakukan setiap hari.

Salah satu organ penting panca indera kita adalah mata. Sayangnya kesibukan dan rutinitas kerja membuat kita lupa mengolahragakan mata. Olahraga mata artinya menggerakkan mata dengan gerakan tertentu untuk meningkatkan kemampuan mata itu sendiri. Tujuannya untuk menghindari berbagai gangguan pada mata, seperti penyakit rabun dekat, rabun jauh, mata terasa kabur, mata pedih dan mata merah.

Pola hidup dan pola makan yang keliru juga dapat menimbulkan gangguan pada mata. Pada penderita diabetesi dan hipertensi, kemungkinan terkena katarak, glaukoma, dan retinopati (kerusakan pada selaput jalan mata) bisa saja terjadi. Hal yang sama dapat memicu timbulnya penyakit pada mata bila anda sering depresi, stres atau suka marah.

Menjaga dan melatih mata agar selalu sehat sebenarnya tidak sulit. Menurut Oei Gin Djing, akupunturis yang juga praktisi chikung dan prana yang tinggal di Jakarta, ada cara mudah melatih mata anda agar tetap dapat melihat indahnya dunia, yakni denga melakukan senam mata setiap hari.

Senam mata sangat berguna bagi anda yang sering menggunakan mata saat bekerja. Seperti akuntan, ilmuwan, penjahit, pecinta buku, penulis, pelajar, ahli komputer, dan siapapun yang banyak memanfaatkan matanya. Senam ini bisa dilakukan dalam posisi berdiri, duduk, berbaring, maupun kondisi mata terpejam.

Lebih jauh, kata Oei, senam mata mempunyai banyak manfaat. Contohnya, mengurangi atau menghilangkan penyakit mata, mencegah timbulnya tumor di belakang mata dan di kelenjar hipofisis (pituitari), menghilanqkan lingkaran dan bengkak di bawah mata atau menghilangkan kantong mata, mengurangi keriput di sekitar mata, membuat otot mata dan sekitarnya menjadi elastis dan kuat, serta mempertajam penglihatan.

Sebaiknya sebelum dan setelah melakukan gerakan senam mata, gosok-gosok telapak tangan sampai panas. Kemudian tempelkan telapak tangan di mata selama 2,5 menit, katanya.

Coba simak langkah - langkah olah Senam Mata seperti yang diuraikan di bawah ini :
  1. Kepala tegak lurus ke depan. Arahkan pandangan mata ke atas (langit-langit), kemudian melihat ke lantai. Lakukan gerakan ini secara perlahan-lahan dan mantap 5-10 kali.
  2. Gerakkan bola mata ke kiri dan ke kanan. Usahakan seperti ingin melihat telinga. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali.
  3. Gerakkan bola mata ke atas. Tahan bola mata di atas. Kemudian gerakkan ke kiri atas dan ke kanan atas. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali.
  4. Gerakkan bola mata ke bawah dan tahan di bawah. Kemudian gerakkan bola mata ke kiri bawah dan ke kanan bawah. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali.
  5. Gerakkan bola mata ke atas dan ke bawah pada sudut-sudut yang berlawanan (selang-seling), dimulai dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali.
  6. Gerakkan bola mata seperti pada gerakan sebelumnya, tetapi dimulai dari pojok kiri bawah ke pojok kanan atas.
  7. Gerakkan ke dua bola mata Anda arah berputar 360 derajat searah jarum jam 5-10 kali. Kemudian, putar bola mata ke kanan, berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 5-10 kali. Lakukan gerakan tadi sebanyak 5-10 kali.(catatan: pada saat akan berganti di putaran ke kiri, hentikan dulu dan pejamkan mata selama 5-10 detik).

Setelah selesai semua, sambil mata terpejam ,ambil napas dalam dan keluarkan perlahan ( lakukan 5 kali saja ), setelah berdoa lagi dan berterima kasih kepada Tuhan atas semua kesehatan yang telah di anugrahkan oleh-NYA kepada diri kita. Pada awalnya bila Anda mulai mempraktekkan metode olah raga mata ini dimana pertama kali Anda akan merasakan agak kemeng ( agak sedikit sakit ) pada ke dua mata Anda , akan tetapi setelah Anda rutin melakukannya maka sudah tidak terasa lagi. Selanjutnya hal yang terpenting lagi, jangan lupa mandi yaa...! !

Lakukan Senam Mata ini rutin setiap pagi, semakin Anda rutin melakukannya maka semakin baik kondisi penglihatan mata Anda.

Tentunya, selain olah raga mata tersebut, mohon jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi buah - buahan , sayur dan makanan sehat lainnya. Disarankan untuk mengkonsumsi buah - buahan segar seperti pepaya, tomat, jeruk, apel. Sedangkan sayuran yang disarankan, yaitu wortel, baik itu di-jus atau diolah, terserah kepada Anda. Maaf, jangan lupa juga untuk tetap selalu berpikiran positif , jaga emosi tetap stabil dan jangan mudah marah apalagi mudah tersinggung, dan istirahat yang relaks dan tenang. Semua ini ada kaitannya dengan kondisi yang tercipta di otak kita , karena dengan adanya kondisi otak yang stabil , tenang dan tidak tegang maka akan berpengaruh juga terhadap kesehatan mata kita juga , ingat mata kita khan juga berdekatan lokasinya dengan otak kita.

TERAPI MATA
Kita harus memperhatikan kesehatan mata kita dengan menjaga keseimbangan jarak pandang kita antara yang jauh dan yang dekat. Jaga jarak pandang dan segera istirahat mata jika sudah terlalu lama melihat dekat agar otot mata kita tidak stress dan kaku. Di samping itu salah satu cara untuk menjaga agar mata tidak memiliki penyakit cacat mata adalah dengan menghindar dari kegiatan yang merusak mata, seperti :

1. Membaca sambil tiduran
2. Membaca di tempat dengan penerangan kurang
3. Membaca terlalu lama
4. Kurang mengkonsumsi makanan bervitamin A
5. Terlalu lama bekerja di komputer.
6. Nonton tv terlalu dekat
7. Main game dengan TV besar dan jarak dekat
8. Terlalu banyak nonton bioskop layar lebar, dll.

Untuk sedikit mengatasi mata yang lelah atau mata stres yang dapat berakibat pada kecacatan mata seperti rabun jauh / miopi / mata min dan rabun dekat / hiper metropi / mata plus, mata lelah dapat sedikit dibantu dengan melakukan latihan senam mata untuk merangsang otot mata agar dapat berkontraksi dengan baik.

Latihan senam mata mungkin saja dapat mengobati / menyembuhkan mata minus / rabun jauh serta mata plus / rabun dekat yang akan membebaskan anda dari kacamata dan lensa kontak yang terkadang membosankan dan menyebalkan. Bebas dari kaca mata jelas adalah dambaan dari sebagian besar penderita kelainan mata. Dan mereka tak segan mengeluarkan banyak uang untuk memiliki mata yang normal dan sehat.

LATIHAN 1 : Mata Melirik Ke Kiri Dan Ke Kanan

  1. Latihan senam mata ini baik untuk membantu merangsang otot mata agar mata otot mata dapat dapat cekung dengan baik dan tidak kaku. Caranya adalah dengan :
  2. Pandangan lurus ke depan.
  3. Tangan kanan berada di sebelah kanan badan sejajar leher.
  4. Jari telunjuk mengacung ke atas.
  5. Lihat jari anda dengan fokus dengan cara menoleh ke kanan.
  6. Palingkan wajah anda ke kiri perlahan tanpa kehilangan pandangan fokus anda ke jari tadi.
  7. Tahan pandangan ketika merasa mata sudah maksimal.
  8. Ketika sudah lelah bebaskan mata anda dengan melihat yang jauh.

Tips :
  • Lakukan ke arah yang berbeda seperti ke kiri, bawa, atas, kanan atas, kanan bawah, kiri atas, kiri bawah, dan lain sebagainya.
  • Kemungkinan dapat menimbulkan rasa pusing dan mual. Itu tandanya mata anda butuh latihan ini.
  • Jika mata sudah lelah istirahatkan dengan melihat yang jauh atau memejamkan mata sambil tiduran.
  • Senam ini mungkin dapat mengobati rabun jauh dan rabun dekat serta penyakit cacat mata lainnya.
  • Jika kesulitan fokus anda dapat mencoba dengan bantuan kacamata anda.
  • Sebaiknya jangan terlalu lama, sekitar 10 sampai 30 detik saja tiap lirikan.
  • Setelah latihan mata mungkin mata anda jadi agak tidak nyaman untuk melihat benda-benda yang dekat jaraknya.
  • Latihan ini sebaiknya sering dilakukan di tempat yang terbuka yang banyak pohon jauh dan dekat tapi tidak ditempat umum yang banyak orang atau di tempat kerja yang butuh konsentrasi.
  • Semoga mines / ples anda berkurang. Kalau sudah merasa berkurang ganti kacamata anda agar tidak memakai kacamata yang sekarang yang dapat mengembalikan cacat mata anda ke sediakala.

LATIHAN 2 : Fokus Pandangan Mata Jauh Dekat

Latihan berikut ini dapat membantu otot mata anda agar bergerak ke fokus jauh dan fokus dekat. Namun latihan ini mungkin dapat membuat mata anda agak buram kembali setelah melakukan latihan 1 di atas. Mingkin ada baiknya melalukan latihan 2 dulu baru yang 1, atau hanya melakukan latihan 1 saja bagi yang bermasalah rabun jauh.

  1. Pandangan lurus ke depan.
  2. Tangan kanan berada di depan badan sejajar leher.
  3. Jari telunjuk mengacung ke atas.
  4. Lihat jari anda dengan fokus.
  5. Gerakkan jari maju mundur pelan-pelan dan mata tetap fokus mengikuti gerakan jari.
  6. Setelah beberapa kali maju mundur lepaskan mata dengan melihat benda-benda jauh.

Tips :
  • Tips ini mungkin akan lebih terlihat hasilnya pada orang yang matanya mines rendah.
  • Bagi yang mines tinggi sebaiknya jangan dipaksakan karena belum tentu membawa hasil.
  • Kemungkinan latihan ini bisa menimbulkan rasa pusing dan mual.
  • Jika mata sudah lelah istirahatkan dengan melihat yang jauh atau merem sambil tiduran.
  • Senam ini mungkin dapat meneymbuhkan rabun jauh dan rabun dekat serta penyakit cacat mata lainnya.
  • Jika kesulitan fokus anda dapat mencoba dengan bantuan kacamata anda.
  • Latihan ini sebaiknya sering dilakukan di tempat yang terbuka yang banyak pepohonan tapi tidak ditempat umum yang banyak orang atau di tempat kerja yang butuh konsentrasi.
  • Segera hubungi dokter spesialis mata jika mengalami gangguan.

Penutup :
Semoga lekas sembuh dengan masalah mata anda. Hindari Obat / Pengobatan mata yang tidak memiliki izin resmi dari badan pengawasan obat dan makanan serta tidak direkomendasi oleh dokter. Kalau dengan metode pijat refleksi boleh-boleh saja. Jika setelah latihan senam mata ini bertambah parah segera hentikan dan hubungi dokter kesayangan anda.