Meditasi Gerak Pribadi ; Tarian Gerak Hidup Gerak Rasa Sejati 2

 “Allah menciptakan tiap-tiap sesuatu lalu ditetapkan padanya hukum-hukumnya.”
[QS. Al-Furqan ayat 2]

Keberuntungan dan malapetaka tidak akan datang dengan sendirinya, tetapi datang karena diundang oleh manusia. Pernyataan tersebut mengekspresikan hukum respons terhadap energi universal (alam semesta) sebagaimana dialami oleh nenek moyang kita yang berkembang batinnya. Para guru di masa silam mengajarkan kepada muridnya hukum respons atas energi universal sebagai dasar semua praktik spiritual. Hukum ini mengungkapkan bahwa kalau seseorang harmonis dengan hukum universal manifestasi dari energi fisik, emosi dan mentalnya juga akan harmonis. Jika seseorang melanggar hukum alam, hidupnya akan kacau dan tidak harmonis. Itulah hukum alam yang sudah menjadi kehendak Allah atau Sunnatullah.

Sebagai suatu sunnatullah yang telah berlaku sejak dahulu, kamu sekali-kali tiada akan menemukan perubahan bagi sunnatullah itu. (Q.S. 48 : 23)”

Dalam prinsipnya Tai-Chi mengungkapkan bahwa tubuh manusia adalah miniatur dari alam semesta, sistem gerakan yang lembut dalam Tai-Chi bertujuan mengarahkan energi individual ke dalam jaringan energi sesuai dengan hukum alam. Ungkapan selanjutnya, kalau tubuh harmonis dengan alam, maka kesehatan fisik akan terjaga pikiran jernih sehingga menjadi tenang dan kuat. Prinsip pertama Tai-Chi menyebutkan bahwa ke-Esa-an adalah akar dari segala gerakan. Dari perspektif kosmologis, ke-Esa-an adalah manifestasi di alam semesta. Dari ke-Esa-an inilah tercipta satu yang bisa dibagi “Yin” dan “Yang” (keseimbangan). Yin dan Yang ini menghasilkan berbagai manifestasi pula. Hal ini dapat diilustrasikan dengan kerjasama dua kaki ketika berjalan. Kedua kaki dapat bergerak dengan harmonis, berselang-seling yang keduanya diatur oleh otak manusia berjalan satu atau esa. Prinsip ini kemudian diterapkan di Tai-Chi yang mengutamakan gerakan lembut dan tenang.

Meditasi yang sering kita dengar mempunyai pengertian yaitu: sikap menenangkan pikiran dengan cara-cara tertentu di mana pikiran kita sampai menemukan sensasi-sensasi sehingga menimbulkan rasa damai dalam hati untuk mencapai ketenangan jiwa (ruhani).

Meditasi ada dua macam, yaitu meditasi duduk dan meditasi gerak (Tai-Chi). Meditasi gerak pribadi layaknya meditasi klasik lainnya bertumpu pada gerakan badan berikut kedua lengan kaki dan tangan yang bergerak mengikuti energi yang dominan kita miliki saat ini. Kalau meditasi klasik posisi badan duduk bersila di lantai atau duduk di kursi tanpa punggung menyandar maka meditasi gerak pribadi adalah meditasi gerak yang bertujuan mengeksplorasi energi. Gerak Pribadi akan menampilkan gerakan-gerakan otomatis yang awalnya muncul sebagai rasa.

Tekhnik ini sebenarnya dalam khasanah ilmu hikmah disebut tekhnik Silat Gerak Karomah. Yang dulu sering saya latih ketika masih muda. Biasanya saya tidak mengetahui gerakan apa yang muncul saat meditasi gerak pribadi. Setelah berulang kali berlatih dan membiasakan diri mengenal gerak pribadi maka akan ada gerakan dominan dari dorongan energi yang muncul mengikuti gerakan tangan dan kaki. Dari sinilah saya mulai melakukan eksplorasi energi melalui gerakan lengan dan kaki. Setiap kali berlatih maka pola gerakan dari awal berubah-ubah. Namun seiring berjalannya waktu pola gerakan sama yang menandakan bahwa itulah gerakan dominan diri saya saat ini. Dengan kata lain itulah energi pribadi yang menyertai saya saat meditasi gerak pribadi.

Boleh dikatakan bahwa meditasi gerak pribadi layaknya kita melakukan gerakan silat, senam atau olahraga bela diri lainnya. Bagaimana melakukan meditasi gerak pribadi itu? Baik saja jawab bahwa posisi badan berdiri tegak lurus dengan kedua kaki agak renggang sedikit. Pandangan mata lurus kedepan lalu mata ditutup. Arahkan kedua tangan kedepan lurus setinggi dada kedua telapak tangan saling bertemu. Kondisi tetap rilek, senyum dan pasrah sambil mengucap affirmasi, "Ya...Tuhan , aku mohon diberikan gerak pribadi saya saat ini" . Dalam pasrah kita rasakan ada dorongan kuat sebagai langkah awal energi bergerak mengikuti gerakan kedua kaki dan tangan. Terus kita ikuti keinginan yang muncul tadi dan jangan ditahan biarkan terus bergerak.

Dalam gerakan yang lamban misalnya ingin dipercepat maka ucapkan affirmasi agar gerak energi dipercepat 3 kali lipat. Tidak usah terkejut kalau gerakan badan dan kaki tiba-tiba bergerak cepat. Tetap ikuti gerakan ini dan bila ingin berhenti cukup ucapkan affirmasi "berhenti". Setiap affirmasi diucapkan gerak pribadi tetap sama yang menandakan bahwa gerak pribadi tidak dipengaruhi umur. Hanya saja ketika mengucapkan gerak pribadi di saat umur 20 tahun, maka energi gerak pribadi akan semakin kuat. Dengan kata lain semakin muda usia kita semakin kuat dan bertenaga energi yang keluar. Lantas pertanyaan yang menjadi teka-teki kita semua adalah saat affirmasi diucapkan... mohon diperlihatkan gerak pribadi kita di usia 1 tahun?

Jadi meditasi gerak pribadi bisa menggantikan gerakan jenis olahraga tertentu. Misalnya Anda ingin diperlihatkan gerak pribadi jurus silat Tai Chi atau Taekwondo padahal Anda belum pernah belajar ilmu bela diri silat Tai Chi atau Taekwondo, maka gerak pribadi yang keluar melalui gerakan badan Anda adalah jurus ilmu bela diri Taekwondo atau silat Tai Chi. Sebaliknya bila Anda seorang ibu rumah tangga yang lemah gemulai ingin diperlihatkan gerak pribadi tari serimpi maka gerakan tari serimpi lah yang akan keluar lewat gerakan tubuh Anda sekalipun belum pernah belajar tari serimpi. Atau Anda ingin diperlihatkan energi dan gerak pribadi goyang ngebornya Inul? Semua bisa dipraktekkan dalam gerak pribadi masing-masing praktisi Reiki.

Itulah salah satu meditasi gerak pribadi yang saya praktekkan untuk mengendorkan ketegangan otot di saat banyak duduk dalam aktifitas kerja. Meditasi gerak pribadi ini saya rancang untuk mencegah osteoporosis. Jadi kita bisa merancang affirmasi yang bertujuan agar pola getaran energi yang keluar dari kedua telapak tangan kita adalah gerak dan energi penyembuhan penyakit tertentu (misal gerak energi penyembuhan sakit asam urat, darah tinggi, penyembuhan sakit kepala dll). Kuncinya ada di affirmasi yang diucapkan dengan santai, rileks dan pasrah.

Dalam alam semesta semua gerakan berpola memutar. Bumi berputar pada porosnya ketika mengorbit matahari, matahari pun berputar mengorbit pusat galaksi Milky Way. Dan Milky Way berputar pula mengelilingi alam semesta. Hidup ini pun bersiklus. meditasi gerak pribadi merupakan rangkaian gerakan yang memutar dan merefleksikan hukum alam. meditasi gerak pribadi mengungkap prinsip-prinsip kosmis (hukum alam) yaitu gerakan yang membentuk lingkaran energi, interaksi aktif antara Alam Makrokosmos dan Alam mikrokosmos yang terus menerus bergerak dan saling meresonansi membentuk medan energi yang disebut dunia kehidupan Pribadi. Gerakan melingkar atau berputar adalah gerakan yang dinamis dan menghindari titik mati, Titik akhir adalah titik awal untuk gerakan kehidupan selanjutnya.

Meditasi gerak pribadi yang dilakukan tiap hari akan membangkitkan naluri kemanusiaan kita untuk menemukan rumus alam semesta yang pada akhirnya akan membantu kita dalam mencapai keutuhan, kedamaian, ketenangan jiwa dan kejernihan pikiran, sehingga dengan ini kita dapat menyadari keterbatasn kita sebagai hamba Tuhan yang tidak kekal di dunia ini (apabila mengenal diri maka akan mengenal Tuhannya).

Tarian Gerak Hidup Gerak Rasa Sejati 1 baca Di Sini....
Meditasi Gerak Pribadi ; Tarian Gerak Hidup Gerak Rasa Sejati 2 Meditasi Gerak Pribadi ; Tarian Gerak Hidup Gerak Rasa Sejati 2 Reviewed by Edi Sugianto on 22.55 Rating: 5

1 komentar:

  1. Pak edi,tulisan anda terlalu berbelit belit..!! jika pembaca orang awan dan belajar dari blog anda bisa salah tafsir dan membuat dirinya tersesat

    BalasHapus


kelas Gendam Online
Diberdayakan oleh Blogger.