ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Rabu, 24 Agustus 2011

Keajaiban Sikap Mental Positif

Apa perbedaan antara hambatan dan kesempatan? Perbedaannya terletak pada sikap kita dalam memandangnya. Selalu ada kesulitan dalam setiap kesempatan dan selalu ada kesempatan dalam setiap kesulitan. (J. Sidlow Baxter)

Sikap mental positif adalah sebuah keadaan jiwa yang percaya diri, jujur, dan membangun, dimana orang membuat dan menjaganya dengan metode yang dipilihnya sendiri, dilakukan dengan kekuatan niatnya sendiri, berdasarkan motivasi yang diadaptasinya sendiri. ~ Napoleon Hill

Sikap Mental Positif adalah pikiran, tindakan, atau reaksi jujur yang benar terhadap situasi atau lingkungan yang dihadapi, misalnya pikiran, aksi dan reaksi yang tidak melawan Hukum Tuhan atau hak sesama manusia, bagi mereka yang memiliki sikap mental positif. Anda adalah produk dari garis keturunan, lingkungan, tubuh fisik, pikiran sadar dan bawah sadar, posisi dan arah tertentu dalam ruang dan waktu dan sesuatu yang lain, termasuk kekuatan-kekuatan baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Ketika anda berpikir dengan sikap mental positif, Anda bisa mempengaruhi, menggunakan, mengendalikan dan menyelaraskan, atau menetralkan sebagian atau semua faktor ini . Anda dapat mengarahkan pikiran anda, mengendalikan emosi, dan menentukan tujuan anda. Anda adalah jiwa dengan sebuah tubuh. ~ W. Clement Stone

Jadi apa sih Sikap Mental itu, bila kita amati definisi yang diungkapkan oleh kedua pakar motivator international diatas intinya ada 3 hal yang dapat kita cermati yaitu Kondisi Mental (State), Reaksi, & Jujur. Jadi Sikap Mental adalah sebuah Kondisi mental yang merupakan Reaksi Jujur terhadap adanya sebuah aksi. Jujur di sini berarti apa adanya, Otomatis, tidak dibuat-buat, dan bukan hasil akal-akalan. Jadi merupakan sebuah reaksi yang spontanitas keluar dari lubuk hati kita yang terdalam. Konsep ini disebut juga dengan AKHLAK.

Nah, Sikap Mental Positif bisa disebut juga dengan Akhlak Yang Terpuji (Akhlakul Karimah) akan terlihat dari cara kita dalam menanggapi sebuah aksi yang datang dari dalam diri ataupun yang datang dari luar diri.

Konsep sikap mental positif ini sebenarnya telah digambarkan oleh Rasulullah dengan sangat indah di dalam sabdanya :
“Sungguh ajaib kondisi seorang mukmin, seluruh kondisinya pasti menjadi baik. Dan itu hanya dimilki oleh seorang mukmin saja. Apabila ia memperoleh kenikmatan akan bersyukur, maka kesenangan itu akan menjadi kebaikan buat dirinya. Apabila ia tertimpa musibah, ia akan bersabar, dan musibah itu pun akan menjadi kebaikan buat dirinya”. (HR. Muslim)

Dalam hadits di atas, Rasulullah Shalallahu `alaihi wasallam memberitakan bahwa bagi seorang mukmin, baik didalam kesenangan maupun musibah, akan selalu menanggapi setiap keadaan yang ada dengan selalu bersikap mental positif. Sehingga membuahkan sebuah ke"AJAIB"an, yaitu karena sikap mental yang senantiasa Positif tersebut, maka apapun keadaannya. Maka keadaan tersebut akan berubah menjadi sebuah keadaan yang sangat baik bagi perkembangan dirinya di masa kini & di masa yang akan datang.

Harus kita sadari bahwa siklus kesuksesan selalu diawali oleh sikap mental positif. Sikap mental positif diawali oleh pikiran yang positif. Hal ini akan membawa pada kekuatan otak dan akan membawa kita untuk melakukan tindakan yang benar. Sehingga akan melahirkan sebuah kesuksesan kecil. Kesuksesn inilah yang kemudan mempengaruhi rasa percaya diri kita. Pede kita akan muncul lalu akan mempengaruhi sikap mental kita kembali mempengaruhi tindakan hingga kita mendapatkan sukses yang lebih besar dan akan membawa pada kepercayaan diri yang lebih besar pula, begitu seterusnya. Secara singkat siklusnya dapat Anda lihat pada gambar berikut..
Kita akan menjadi seperti apa yang kita pikirkan, bila kita pikir kita bisa maka kita pasti bisa, tapi kalau kita pikir kita tidak bisa, maka kita akan benar benar tidak bisa. Ini adalah pilihan. Sebelum Anda melakukan sesuatu Anda akan memikirkannya terlebih dahulu dan pilihannya adalah Anda akan berpikir positif atau akan berfikir negatif. Ini akan sangat menentukan bagaimana tubuh Anda akan bergerak dan potensi apa yang akan keluar. Karena tindakan kita akan sangat dipengaruhi pikiran kita.

Untuk itu pikiran yang positif akan berdampak positif pula pada diri kita. Kita akan lebih semangat, lebih optimis dan lebih percaya diri kalau pikiran kita positif. Potensi yang kita miliki akan keluar dengan optimal. Sikap mental positif mendorong kita untuk mencapai tujuan dengan gigih dan bersemangat, ketika kita gagal dan terjatuh, kita masih dapat mengatakan “Ah ini cuma rintangan kecil saja. Akhirnya saya tahu bahwa bila melalui jalan ini akan menemui rintangan yang seperti ini, ini bisa menjadi masukan untuk menentukan langkah di masa yang akan datang”.  Maka akhirnya kitapun mampu bangkit kembali dengan semangat dan senyum yang kita miliki.

Kadang dalam kehidupan ini kita menemui kesulitan untuk membedakan mana yang disebut dengan mental negatif atau mana juga yang disebut dengan sikap mental positif. Keduanya ada dalam sikap dan tingkah laku kita sehari-hari. Hanya sedikit dari kita mampu untuk menanamkan sifat mental positif meskipun dalam situasi yang sangat sulit, mereka itu adalah orang orang yang telah mampu menciptakan konsep keseimbangan dalam dirinya.

Setiap situasi harus dihadapi, dan kita harus memberikan nilai kontribusi berupa Reaksi terhadap suatu situasi. Perlu disadari bahwa situasi itu adalah ciptaan Tuhan dan merupakan suatu kenyataan yang harus dihadapi. Apakah hasilnya positif, netral, atau negatif, tergantung pada Reaksi kita. Di sinilah ada kesempatan untuk menunjukan bahwa kita berada dalam Sikap Mental Positif, jangan terkontaminasi pada Energi Negatif yang ditimbulkan oleh pikiran atau adanya kontaminasi pengaruh dari luar.

Sikap mental kita akan menentukan reaksi kita terhadap situasi yang sedang kita hadapi. Kita bertindak mendukung atau tidak mendukung, konstruktif atau destruktif, positif atau negatif, semuanya ditentukan oleh sikap mental atau attidute kita. Percayalah bahwa sikap mental yang kita tunjukan akan menentukan keberhasilan kita.

Umat manusia yang berpikir positif selain dinamakan sebagai orang yang bermental positif atau positif thingking, juga dinamakan kelompok orang yang optimis dalam menjalani kehidupannya. Pemikiran yang positif akan mendorong orang menggunakan kemampuannya dan membuat kegiatan usahanya lebih produktif. Secara empirisme dan sejarah telah membuktikan, bahwa tidak orang yang sukses kalau tidak bermental positif. Setiap orang sukses pasti selalu bersikap mental positif.

Hidup in hanya masalah pilihan saja, bila kita memilih untuk bersikap mental positif selamanya, maka hidup kita akan lebih sehat, lebih awet muda, lebih panjang umur, lebih makmur, lebih sukses, dan lebih bahagia penuh damai daripada kita memilih untuk bersikap mental negatif.

Dengan bersikap mental positif, kita akan percaya dengan apa yang sedang kita kerjakan dan kemampuan kita secara realitis, sehingga membuat kita menjadi berhasil dalam mewujudkan sasaran-sasaran, tujuan-tujuan dan misi kehidupan kita sebagai manusia. SALAM SUKSES