ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Senin, 26 Maret 2012

ILMU & DUIT

Assalamu'alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh.....

Pelajaran pertama untuk para pencari ILMU..
"SIAPKAN DUITNYA DAN BAYAR BIAYA INVESTASINYA."

Karena...
Bila anda termasuk tergolong orang yang serius dalam menuntut ilmu, maka apapapun keadaan anda. Maka semuanya akan dimudahkan oleh Allah swt… Karena Jalan Ilmu adalah Jalan Surga, maka anda akan mencium bau surganya walau baru berniat untuk melangkah saja.... Surga itu tidak hanya di akhirat saja, namun juga dapat di rasakan nikmatnya di dunia....

Allah swt adalah Dzat yang Maha menepati janji...
Rasulullah adalah manusia yang bergelar "Al Amin", artinya Yang dapat di percaya...

Nah, percayakah anda dengan Firman Allah swt & Sabda Rasulullah...??
Bila anda tergolong orang yang percaya...buktikan, bahwa ketika anda betul-betul berniat tulus mencari ilmu. Maka entah kenapa tanpa alasan yang jelas, Biaya untuk menuntut ilmu akan tahu-tahu ada.....Bahkan lebih dari cukup....

Maka buktikan Iman anda itu...
Dan jadilah Haqqul yakin.....

Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya DIA akan memberikan jalan keluar dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya DIA akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah menjalankan urusanNYA. Sesungguhnmya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu “ ( QS Ath-Thalaq : 2-3 )

Siapa saja yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, Allah memperjalankannya di atas salah satu jalan surga. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap mereka karena ridha kepada penuntut ilmu. Sesungguhnya seorang alim itu dimintakan ampunan oleh makhluk yang ada di langit dan di bumi hingga ikan yang ada di dasar lautan. Sesungguhnya keutamaan seorang alim atas seorang abid (ahli ibadah) seperti keutamaan bulan purnama atas seluruh bintang-bintang. Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, melainkan mewariskan ilmu. Karena itu, siapa saja yang mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang besar.” (HR Abu Dawud, Ibn Majah, at-Tirmidzi, Ahmad, ad-Darimi, al-Hakim, al-Baihaqi dan Ibn Hibban).


طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة
Mencari Ilmu itu wajib bagi ummat Islam , baik laki-laki maupun Perempuan

انماالاْعمال بالنيات
Sesungguhnya segala amal perbuatan itu tergantung pada niatnya. 

Kenapa ? karena niat merupakan barometer untuk meluruskan amal perbuatan. Apabila niat itu baik maka amal perbuatan akan menjadi baik dan sebaliknya apabila amal itu jelek maka perbuatan tersebut otomatis jelek juga

Sabda Nabi SAW :

وعن رسول الله صلى الله عليه وسلم : كم من عمل يتصور بصورة اعمال الد نيا ويصير بحسن النية من اعمال الاخرة . وكم من عمل يتصور بصورة اعمال الاخرة ثم يصير من اعمال الد نيا بسوء النية
Dari Nabi SAW : Banyak amal perbuatan yang berbentuk amal dunia lalu menjadi amal akherat,sebab niat yang bagus. Dan banyak juga amal perbuatan yang kelihatannya amal akherat namun karena niat yang buruk maka menjadi amal dunia.
.
العلم نور
Ilmu adalah cahaya

dan mencari ilmu adalah wajib . Namun jika tidak dibarengi dengan niat yang kuat rasanya malaslah untuk datang ke majlis ta lim. Padahal Sabda Nabi SAW menyatakan Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari Ilmu , maka Allah akan memudahkan JALAN baginya.

Sabda Nabi SAW
قا ل رسول الله صلى الله عليه وسلم : من تعلم با با من العلم ينتفع به فى اخرته ود نياه اعطا ه الله خيرا له من عمرالد نيا سبعة الاف سنة صيام نهارها وقيام لياليها مقبولا غيرمردود

Barang siapa belajar satu BAB dari Ilmu yang bermanfaat untuk akhirat dan dunianya , maka Allah akan memberi kebaikan kepada orang tersebut dengan lebih baik dari pada perkara dunia yang ia berpuasa tujuh ribu tahun pada siang harinya dan sholat sunat pada malam harinya dengan diterima dan tidak ditolak sama sekali..

Apa jawab N.Sulaiman AS ketika Allah menyuruh Nabi Sulaiman AS untuk memilih antara Ilmu dan harta.
Ternyata Nabi Sulaiman AS memilih Ilmu , dengan alasan sebagai berikut :
  1. Ilmu lebih utama dari pada harta , karena Ilmu warisan Nabi ( Milik para Nabi ) . Sedang Harta adalah warisan Qorun dan Fir aun.
  2. Ilmu menjaga kita , sedangkan harta harus kita yang menjaganya.
  3. Ilmu ibarat teman hidup di dunia ini dan harta ibarat musuh kita . Sebab kita punya Ilmu akan bermanfaat untuk kehidupan manusia di dunia akherat , sedangkan kalau kita banyak harta akan menjadi musuh , mengapa ? karena harta menjadi orang banyak yang iri dan dengki.
  4. Orang banyak Ilmu menjadi Alim dan tidak di juluki kikir , tetapi orang banyak harta bisa jadi mendapat julukan kikir / pelit.
  5. Ilmu dapat menolong seseorang tetapi harta malah mencelakakan seseorang.
  6. Orang punya Ilmu tidak akan berkurang , tetapi orang punya harta bisa jadi akan semakin berkurang / surut
  7. Orang punya Ilmu akan rendah hati tetapi orang punya banyak harta , bisa jadi orang sombong / congkak
  8. Ilmu dapat menyinari hati sedangkan harta akan menyebabkan hati gelap atau keras.
Source : KITAB NASHOIHUL IBAD karangan Imam Syihabuddin Ibnu Hajar Al Ashqolani. yang disyarahi ( diterangkan / menerangkan / menjelasakan ) kitab tersebut dengan bahasa Jawa oleh Syeh Muhammad Nawawi bin Umar Al Jawi yang masyhur dengan sebutan Imam Nawawi Banten .