ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Rabu, 07 November 2012

THE POWER OF KEBELET & KEPEPET

Ada 2 sebab yang membuat orang tidak bergerak untuk berubah :
  1. Belum Kebelet (Belum mempunyai Hasrat yang Kuat untuk meraih Impian). 
  2. Belum Kepepet. (Kepepet = terjepit atau terdesak)
Padahal baik kebelet mapupun kepepet, hasil akhirnya adalah Nikmaaaatttttttt......... hahahahahahaha..

AKTIFASI THE POWER OF KEPEPET...
Manusia indonesia ini memang ajaib....
Harus di tekan seperti pegas dulu hingga mepet pet... baru bisa melenting tinggi...

Cth.
  • Beli motor atau mobil dengan sistem kredit..... 
  • Ikut arisan..... 
  • Punya istri empat........... hahahahahahaha........... 
Kalau saya sih biasanya sederhana saja untuk mengaktifkan THE POWER OF KEPEPET, yaitu setiap dapat uang. Langsung sj saya serahkan sama istri semuanya. Hingga di dompet paling cuman tinggal 2rb perak.... hehehehehe.... Dengan begitu, setiap saya ngliat dompet, dalam hati ngomong. Ya Allah, dompetku perlu di isi nih........... hahahahahaha......

Cth.
Sewaktu kemarin mau beli kambing untuk Qurban. Saya ngomong ke istri. Bu... tahun ini kita Qurban kambing ya.... Nah, reaksi istri saya langsung ngedumel....ndak setuju... Langsung aja saya bilang. "Jgn kuatir bu...pokoknya, untuk beli kambing sy ndak minta duit kamu.. TITIK... Kalau Allah meridloi niat saya, Insya Allah duit akan datang..... Dan bener deh... dua hari kemudian, dapat duit 2jt... dan dapet tuh si kambing bondet..... hahahahahaha....................."

Guru saya menasehati,"Uang harus segera dialokasikan untuk tujuan tertentu & jelas, jangan menyimpan uang cash tanpa tujuan....... Menabung itu cara Jadul untuk sukses........Intinya uang harus di infakkan utk hal-hal yg bermanfaat................ Insya Allah, dapat surga dunia akhirat lho..............."

Sesungguhnya orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah mendapat balasan berlipat ganda: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” [Al Baqarah 261]

THE POWER OF KEBELET
Dalam hidup ini, setiap orang pasti mempunyai keinginan dan impian yang berbeda-beda sesuai dengan cita-cita dan kebutuhan. Akan tetapi, yang menjadi pertanyaan adalah seberapa kuatkah keinginan kita tersebut ?

Keinginan dan keyakinan yang tinggi dalam hati kita akan memunculkan sebuah kekuatan yang besar dalam hidup ini. Pikiran dan hati kita akan memancarkan gelombang Yang akan menarik apa yang kita inginkan. Semakin kuat keinginan kita, maka gelombang yang kita pancarkan akan semakin kuat untuk menarik apa yang kita inginkan (The secret "The law of attractions").

Keinginan yang kuat akan melahirkan konsistensi dalam proses, dalam proses tersebut pastinya kita akan menghadapi berbagai macam hambatan, dan keinginan yang kuat akan menjadi parameter terkuat agar tetap konsisten dengan apa yang diinginkan.

Aku percaya dengan mekanisme kekuatan keinginan. Saat manusia menginginkan sesuatu, secara sadar atau tidak, Ia mempersiapkan diri secara mental untuk mendapatkan keinginan tersebut. Dari persiapan mental kemudian manusia akan mencoba mencari cara dan celah agar keinginan itu bisa jadi kenyataan. Bekerja lebih giat, menabung, membatasi pengeluaran, menciptakan peluang, silahkan perpanjang daftar ini. Hingga pada deadline yang ditentukan, hasilnya akan ketahuan. Berhasil atau tidak sesungguhnya bukan faktor dari keberuntungan (luck) tapi lebih kepada kesiapan diri sendiri. Artinya jika anda kemudian gagal mendapatkan suatu keinginan, jangan-jangan memang anda belum siap mendapatkan keinginan tersebut. Bukankah merupakah hal yang baik jika Anda dihindarkan dari mendapatkan sesuatu yang kemudian berpotensi menambah masalah dibelakang hari..?

Tapi, jika anda ingin mendapatkan sesuatu, hal pertama yang harus dilakukan adalah benar-benar pastikan diri anda bahwa hal itu memang sangat anda inginkan. Timbulkan keyakinan bahwa anda akan mendapatkan keinginan tersebut.

"A man's dreams are an index to his greatness. Impian-impian seseorang adalah daftar prestasinya." - Zadok Rabinowits

Seluruh kemudahan dan keindahan hidup di dunia ini berawal dari impian. Kekuatan impian mampu membuat manusia melewati kesulitan dan meraih harapan masa depan. Sebab impian mampu berperan sebagai penyemangat jiwa dan sumber inspirasi untuk mengubah kehidupan.

Karena impian, orang-orang hebat (di antaranya Henry Ford, Thomas Edison, Napoleon Hill, Dale Carnegie, Norman Vincent Peale, Albert Einstein, and Martin Luther King) mampu mengarahkan fokus mereka dan memiliki pola hidup yang baik. Kekuatan impian membuat mereka tahan menghadapi banyak kendala maupun kegagalan. Karenanya mereka berhasil melahirkan karya-karya luar biasa di berbagai bidang.

Ternyata impian juga dapat memperpanjang usia. Dr. Patricia Boyle, neuropsikologis dari Rush Alzheimer Disease Center, Chicago, AS, mengungkapkan hal itu. Hasil penelitiannya membuktikan bahwa impian membantu sistem dalam tubuh manusia berfungsi lebih baik, sehingga tubuh lebih kuat melawan penyakit dan menjaga kesehatan psikologi.

Namun di balik manfaat impian yang begitu besar pasti ada kendala yang harus kita hadapi. Di negara kita misalnya, kendala itu dapat berupa minimnya pendidikan, kemiskinan, iklim ekonomi yang kurang baik, lokasi tak terjangkau, dan masih banyak lagi. Seringkali, kendala-kendala tersebut membuat kita takut memperjuangkan impian agar menjadi kenyataan.

Jangan Takut Bermimpi 
Dalam sebuah film yang diangkat dari karya Andrea Hirata berjudul Laskar Pelangi. Dikisahkan tentang bagaimana masyarakat pinggiran yang mempunyai banyak keterbatasan begitu gigih berusaha menggapai impian mereka. Tokoh dalam film tersebut begitu sempurna memberi pesan bahwa keterbatasan itu tak akan pernah menjadi penghalang untuk menggapai impian. Film tersebut sangat laris, konon ditonton oleh 4,2 juta penonton termasuk Presiden SBY, dan ini menunjukkan bahwa bangsa kita memiliki impian yang menggelora walaupun tak terlihat.

Begitu besar kekuatan dan manfaat impian, sebab tak ada impian yang tidak mungkin diwujudkan. Karenanya jangan pernah takut bermimpi, terlebih membuat impian-impian juga gratis alias tidak dipungut biaya dan tidak dilarang. Namun ada beberapa hal berikut ini yang harus dipahami agar mampu merajut asa menjadi kenyataan yang indah.

Pertama yang harus diperhatikan adalah memahami apa yang Anda impikan. 
Dengan begitu, Anda akan dapat memvisualisasikan impian tersebut sampai impian tersebut benar-benar menguasai pikiran bawah sadar. Tahap ini sangat penting, sebab pikiran bawah sadar memiliki kekuatan yang luar biasa, dia ntaranya menginstruksikan pikiran sadar dan tubuh untuk melakukan tindakan-tindakan realisasi impian.

Kedua, tulislah impian ideal Anda pada selembar kertas secara terperinci dan sejujur mungkin. 
Harvey Mackay mengatakan, "Pale ink is more important than a retentive memory. Tinta yang pudar itu lebih penting dibandingkan dengan ingatan." Sebab deskripsi tersebut akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan sedikit motivasi, lebih fokus pada tanggung jawab, dan juga berfungsi sebagai peta untuk mengembangan strategi pencapaian.

Ketiga, Anda juga harus yakin bahwa impian Anda pasti terwujud. 
Orang-orang sukses di dunia mampu meraih impian mereka sebab mereka yakin sehingga tak pernah bosan berusaha sekalipun gagal puluhan bahkan ribuan kali. Keyakinan akan membuat Anda tetap antusias, kreatif, dan aktif melakukan tindakan-tindakan untuk mewujudkan impian.

Keberhasilan merajut impian juga sangat bergantung pada seberapa besar komitmen Anda untuk meningkatkan kemampuan atau keahlian tertentu sesuai bidang yang ditekuni, misalnya; kuliner, kerajinan, pertanian, pendidikan dan lain sebagainya. "Formal education will make you a living but self-education will make you a fortune. Pendidikan formal akan memberi sebuah kehidupan, namun mendidik diri sendiri akan memberi Anda keberuntungan," kata Jim Rohn. Sebab ilmu pengetahuan atau keterampilan akan membuat Anda lebih kreatif menciptakan terobosan-terobosan baru atau mengembangkan strategi efektif untuk mencapai impian.

Tanpa usaha yang sungguh-sungguh tak mungkin terjadi perkembangan positif. Oleh sebab itu, lakukanlah langkah-langkah untuk merealisasikan impian dengan lebih fokus dan intensif. Sebab hanya dengan kekuatan intensitas maka impian itu akan menjadi kenyataan.

Impian adalah syarat penting untuk meraih sukses, dan tak ada yang lebih indah selain mampu merangkainya menjadi kenyataan. Victor Hugo mengatakan, "There is nothing like a dream to create the future. Tak ada yang mampu menyamai (kehebatan) impian untuk menciptakan masa depan!"

IMPIAN AJAIB
Perbedaan antara Visualisasi Creative yg saya ajarkan di workshop dengan Panjang Angan-angan yg dilarang dalam hadits nabi adalah : terletak pada apa yang Anda LAKUKAN setelahnya.

Bila Anda TIDAK MELAKUKAN APAPUN terhadap sesuatu yang ada dalam benak Anda maka itulah yang disebut Panjang Angan-angan....!

IMPIAN AJAIB berarti bergerak menuju ke sasaran yang pasti. Berpikir diikuti dengan tindakan nyata yang terorganisir.

FOKUS AJAIB..
Kita tidak perlu untuk membuang waktu dengan berpikir tentang hal yang tidak ada hubungan dengan kesuksesan kita. Pikiran adalah penentu baik atau buruk, sedih atau bahagia, kaya atau miskin. Bila Anda berpikir tentang kebaikan maka tidak perlu buang waktu, SEGERA LAKUKAN SESUATU! Anda segera belajar, itu yang terpenting untuk menemukan cara yang paling tepat, cepat, efektif dan efisien dalam kehidupan Anda!

ACTION adalah bagian dari IMPIAN AJAIB anda, Action adalah saat-saat dimana anda sedang menikmati IMPIAN AJAIB anda di dalam realita anda...........

ACTION AJAIB
Ada 3 kekuatan untuk melakukan perubahan :
  1. Hati & Pikiran. 
  2. Kata-kata. 
  3. Tindakan..
Perubahan yg dimaksud adalah perubahan dari kondisi yg negatif menuju ke arah yg positif. Dari derajad diri yg munkar menuju derajat diri yang ihsan. Dari derajad diri yg bodoh dan miskin, menuju derajad diri yang bermartabat.

Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda, “Barang siapa diantara kamu yang melihat kemungkaran, maka hendaklah ia merubah dengan tangannya, jika tidak mampu hendaklah ia merubah dengan lisannya, jika tidak mampu hendaklah ia merubah dengan hatinya, dan itulah keimanan yang paling lemah.” (HR. Muslim no. 49)

Dan sebelum merubah kondisi orang lain, ubah dulu kondisi diri : “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…” (QS. 13 : 11).

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu...”(QS. At Tahriim [66]: 6).

Ya, kita mungkin tidak punya kekuatan serta kekuasaan untuk merubah sesuatu yg di luar kita. Tapi yg pasti, kita mempunyai kekuasaan untuk merubah diri sendiri. Dan bila setiap diri mau berubah, maka seluruh dunia akan berubah menjadi lebih baik..

Jadi sebenarnya sederhana. Ketika kita ingin merubah situasi bangsa dan negara ke depan maka mulailah perubahan itu pada diri sendiri. Orang bijak berkata, "Everyone thinks of changing the world, but no one thinks of changing himself."

DAN YAKINLAH : BISMILLAH
TUHAN BESERTA ANDA....

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al ankabut [29]: 69).

INFO JADWAL WORKSHOP :
THE POWER OF KEPEPET
Suatu keinginan sering tinggal hanya menjadi keinginan belaka. Ada faktor lain yang tidak kalah krusial setelah anda menetapkan keinginan. Faktor tersebut adalah penetapan waktu/deadline. Dengan menentukan deadline, anda akan 'terjebak' dalam suatu keadaan dimana anda harus berupaya mendapatkan keinginan tersebut dalam rentang waktu yang sudah anda patok sebelumnya.

Pada dasarnya manusia suka berkompetisi. Adrenalin yang memacu sanggup memicu semangat dan kreativitas. Bukankah sering kita lihat banyak orang yang luar biasa sukses karena dipicu keadaan yang mendesak? Keadaan yang mendesak karena faktor deadline harus kita ciptakan untuk memacu diri sendiri menjadi lebih kreatif dan lebih pintar.

Setiap manusia pasti pernah mengalami sebuah perubahan dan harus dilakukan dengan segera karena terdesak oleh sesuatu. Semua orang hebat di sekitar kita pun selalu megeluarkan kualitas utamanya karena terdesak. Sedangkan orang-orang yang santai biasanya selalu lamban kemajuan kehidupannya.

Ada banyak keadaan sulit yang sepatutnya kita syukuri dan waspadalah jika kita menemui suatu keadaan yang teramat mudah. Karena banyak orang yang menjadi lamban ketika berada dalam kemudahan itu, tapi lebih banyak orang-orang hebat yang lahir justru dari sebuah kesulitan. Sehingga tidak membuatnya mengeluh kesulitan karena masalah adalah rahmat yang belum kita mengerti tujuannya.

Pada dasarnya tidak ada orang yang suka dalam keadaan kepepet. Masalah yang sering dihadapi ialah karena orang terlalu lama, dan terlalu banyak bersiap-siap padahal kehidupan telah dimulai sejak lama. Tidak ada tanda-tanda untuk memulai. Persiapan itu bukanlah memulai. Lalu cara terbaik untuk memulai tentunya mulai.

Nah, banyak orang yang tidak bergerak atau diam saja karena ragu-ragu akhirnya bertemu dengan kegentingan yang sering disebut emergency (kepepet). Hanya dua pilihannya, ‘do’ atau ‘die’. The power of kepepet itulah yang berkah bagi orang yang sudah terlalu lama bersiap-siap. Oleh karena jadilah seseorang yang berani bertindak, berhenti bersiap-siap, melakukan sesuatu yang sudah kita siapkan untuk berhasil kalau kita memulai.

Siapkan Target Pribadi
Bagi orang-orang yang cerdas, ketergesaan yang dimilikinya dibangun melalui batasan-batasan pribadi. Misalnya ‘saya harus jadi ini sebelum usia sekian’ atau ‘saya harus punya ini sebelum usia sekian’. Karena itu semakin panjang masa tunggunya maka semakin santai namun jika semakin Anda ketatkan target maka semakin Anda bersegera.

Itu sebaiknya Anda harus mempunyai target-target pribadi yang umumnya usia. Kalau Anda tidak menggunakan usia sebagai batas, Anda akan dibuat stres beberapa kali melihat teman-teman yang telah berhasil. Bahkan yang lebih muda melampaui keberhasilan kita.

Contoh sederhana, saat Anda datang ke sebuah reuni, siapakah yang lebih banyak hadir? Tentu saja yang telah sukses. Selanjutnya yang ingin berkenalan dengan teman-temannya yang sukses supaya bisa membangun network bisnis. Itu artinya kita mengukur keberhasilan kita dibandingkan dengan orang lain. Itu sebabnya yang disebut sahabat sejati adalah ketika ia bisa memuji keberhasilan temannya tanpa ada rasa iri.

Banyak pribadi yang menjadi berhasil dan sukses ketika ia berada dalam suatu tekanan dan dan ia kepepet, sehingga banyak pula orang yang menunggu untuk terpepet agar ia bisa maju. Kepepet mungkin bisa menjadi pilihan terbaik jika pilihan yang lebih baik tidak diambil. Ada sebuah nasehat yang mengatakan bahwa crisis is the best reason for change (krisis adalah alasan terbaik untuk perubahan).

Sebetulnya yang terbaik bukan itu, tapi menjadi crisis is the second best reason to change. Alasan terbaik yang pertama ialah mengerti. Bahwa kita harus segera menjadi rahmat bagi sesama, maka belajarlah untuk menjadi seahli mungkin lalu berkarirlah menjadi pribadi yang sesukses mungkin dan semuda mungkin. Jangan menunggu sampai terdesak.

Janganlah Anda memikirkan tindakan yang lebih baik, kalau itu satu-satunya tindakan yang bisa Anda lakukan. Banyak orang yang hidupnya paralel, saat sedang melakukan sesuatu ia berada dalam lorong waktu yang lain yang disebut seandainya. Orang yang seperti ini tidak hidup di kehidupan yang sesungguhnya. Jadi apapun yang ada sebaiknya disyukuri karena yang ada itu syarat untuk mencapai lebih bahkan Tuhan akan berikan garansi memberikan lebih dari yang telah kita miliki sekarang asalkan kita bersyukur.

Rejeki bukan kita yang atur, kita sepakat. Tapi rejeki juga tidak datang mengantarkan diri jika kita tidak membuka peluang. Dan cara membuat peluang paling sederhana adalah dengan :
  1. Membuat keinginan 
  2. Menetapkan batas waktu bagi usaha pencapaian itu 
  3. Menambahkan faktor tekanan untuk memaksimalkan usaha 
Make a wish, you never know it may come true.