ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Rabu, 22 Mei 2013

Sekilas IBH (The Indonesian Board of Hypnotherapy)

IBH (The Indonesian Board of Hypnotherapy) adalah suatu organisasi profesi di bidang Hypnotherapy yang didirikan pada tahun 2002 oleh sekelompok Hypnotherapist Indonesia, dengan tujuan utama mengembangkan dan mempopulerkan Hypnotherapy kepada masyarakat Indonesia agar dapat lebih diterima dan dimanfaatkan sebagai salah satu metoda terapi yang efektif bagi penyembuhan penyakit mental maupun penyakit fisik yang bersumber dari gangguan atau ketidak seimbangan psikologis (psikosomatis).

Dalam upaya memasyarakatkan Hypnotherapy secara benar dan ilmiah, maka IBH berupaya membentuk standar pengetahuan dan kode etik profesi bagi dunia Hypnotherapy Indonesia, dimana dalam hal ini IBH menjalin kerjasama dengan berbagai organisasi profesi sejenis di luar negeri yang dianggap secara de-facto sebagai acuan di bidang Hypnotherapy, serta menjalin hubungan baik dengan para tokoh Hypnotherapy yang telah diakui kompetensinya di dunia Hypnotherapy Internasional.

Salah satu agenda yang menjadi prioritas dari IBH adalah upaya untuk membawa Hypnotherapist Indonesia agar dapat diakui kompetensinya oleh organisasi profesi Hypnotherapy Internasional.

IBH merupakan organisasi profesi Hypnotherapy yang pertama di Indonesia, dan pada saat ini keanggotaan IBH telah menyebar di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan telah menyebar pula ke beberapa negara tetangga.

The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH) memberikan kesempatan kepada anda semua yang ingin menekuni dunia Hypnotherapy profesional untuk bergabung sebagai Professional Member dari IBH.

Professional Membership ini terdiri dari 3 jenjang, yaitu :

Certified Hypnotist (CH)
Telah mengikuti pelatihan dari kelompok kemampuan Hypnosis dengan total jam pelatihan minimal 6 (enam) jam efektif, dari IBH Certified Instructor (CI) dengan status Membership aktif.

Certified Hypnotherapist (CHt)
Membership yang telah ber-Certified Hypnotist (CH) dan telah mengikuti pelatihan dari kelompok kemampuan Hypnotherapy dengan total jam pelatihan minimal 6 (enam) jam efektif, dari IBH Certified Instructor (CI) dengan status Membership aktif. The Indonesian Board of Hypnotherapy.

Certified Instructor (CI)
Membership yang telah ber-Certified Hypnotherapist (CHt) yang telah mengikuti pelatihan Training The Trainer (TTT) dari The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH).

Member akan memperoleh berbagai benefit, antara lain :
  1. Personal Web Promotion, 
  2. Mail Box, 
  3. Akses ke Buku-Buku IBH, 
  4. Sertifikat dari IBH
  5. Member Card dari IBH. 
Aplikasi dapat dilakukan langsung melalui website http://ibhcenter.org, melalui IBH Chapter di wilayah masing-masing, atau melalui Certified Instructor (CI) yang memberikan pelatihan. Informasi lengkap dapat diperoleh di Website IBH di http://ibhcenter.org

Apakah sudah mengerti dengan pejelasan di atas? dan apa anda ingin bergabung dengan terapist handal lainya dan menjadi Practicioner (praktisi) Hypnotherapy di IBH (The Indonesian Board of Hypnotherapy), Hubungi saya di :

Contac Person : Edi Sugianto, CHt CI MNLP
E-mail : semutraja@ymail.com

Apakah Bidang Hipnotis Dapat Menjadi Suatu Karir Baru ?
Ketika seseorang memutuskan untuk belajar Hipnotis, atau bergabung di suatu kelas pelatihan Hipnotis, maka mungkin sangat banyak latar belakang yang mendasarinya. Mulai dari rasa penasaran terhadap fenomena hipnotis yang terjadi di layar kaca, keinginan untuk memiliki kemampuan “lebih” untuk memperluas pergaulan, ingin memahami lebih dalam tentang fenomena manusia, atau hanya sekedar ingin membuktikan bahwa hipnotis adalah isapan jempol belaka !

Walaupun dari latar belakang yang sangat beragam, tetapi tidak jarang ketika seseorang selesai mengikuti suatu pelatihan Hipnotis, tiba-tiba terbersit pemikiran karir baru, yang biasanya berlanjut dengan memperdalam hipnotis untuk berbagai ranah aplikatif.

Pilihan Karir di Bidang Hipnotis
Pada hari ini memang bidang hipnotis sudah dapat dipertimbangkan sebagai suatu karir bagi mereka yang memiliki minat yang tinggi di bidang ini. Berikut ini beberapa karir bidang hipnotis yang sudah sangat umum dan banyak yang mulai menekuninya :

Professional Stage Hypnotist
Mereka yang terjun ke bidang ini adalah mereka yang memiliki talenta sebagai entertainer, karena bidang ini lebih menitik beratkan ke aspek hiburan di bandingkan dengan teknis hipnotis itu sendiri. Seseorang yang telah mengikuti pelatihan hipnotis dasar, secara teknis sudah memiliki kemampuan hipnotis yang dibutuhkan untuk bidang ini. Bidang ini hanya membutuhkan teknik hipnotis yang sangat sederhana. Untuk memperdalam keahlian di profesi ini, biasanya seseorang melanjutkan dengan belajar secara otodidak, atau melanjutkan ke jenjang pelatihan Professional Stage Hypnotism, yang justu lebih banyak mengulas aspek entertaintment dan marketing, mulai dari cara pemilihan volunteer, pembuatan rutin, penyusunan repetoar permainan, sampai dengan cara pemasaran.

Seorang Professional Stage Hypnotist biasa direkrut oleh produser layar kaca untuk suatu program acara tertentu, dan juga mengisi acara di korporasi atau acara product-launching.

Seorang Professional Stage Hypnotist biasanya tampil dengan durasi waktu sekitar 30-45 menit, dengan honor sekitar Rp. 1 Jt – 15 Jt, tergantung dari nilai ”branding” yang bersangkutan.

Hypnotherapist
Mereka yang terjun ke bidang ini, biasanya memiliki dasar passion yang kuat sebagai ”penyembuh”, dan senang berkomunikasi dengan orang lain. Hypnotherapist menangani kasus-kasus gangguan mental, emosional, dan juga penyakit psikosomatis (penyakit fisik yang dipicu oleh gangguan psikologis).

Untuk menjadi Hypnotherapist, seseorang harus menempuh pelatihan khusus, yaitu pelatihan Hipnoterapi, yaitu pelatihan yang lebih menitik-beratkan berbagai strategi terapeutik yang dapat diterapkan melalui hipnotis.

Professional Fee bagi jasa layanan Hipnoterapis di Indonesia sekitar Rp. 300.000,- sd. Rp.3.000.000,- untuk durasi terapi sekitar 1 – 2 jam. Tentu saja fee ini sangat bervariatif, tergantung dari senioritas dari Hipnoterapis tersebut.

Trainer Hipnotis
Mereka yang terjun di bidang ini biasanya memiliki passion berbagi pengetahuan kepada orang lain.

Untuk menjadi seorang Trainer, seseorang harus menempuh berbagai pelatihan hipnotis yang terkait dengan bidang yang akan diajarkannnya, serta menempuh pelatihan khusus sebagai Trainer.

Seorang Trainer sebaiknya pernah menjadi praktisi yang benar-benar telah mempraktekkan langsung pengetahuan hipnotis yang akan diajarkannya.

Seorang Trainer harus memiliki kemampuan pemasaran dan manajemen bisnis, karena sesungguhnya dia adalah pelaku bisnis pendidikan, khususnya bidang pelatihan hipnotis.

Pendapatan yang dapat diraih seorang Trainer sangat relatif, tergantung dari ”branding” yang bersangkutan. Untuk seorang Trainer yang aktif maka dapat memperoleh pendapat bulanan sekitar Rp. 10 Jt sd. Rp. 50 Jt.

Di luar dari bidang di atas, hipnotis juga banyak diterapkan secara tidak langsung untuk membantu bidang-bidang profesi lain, misalkan bagi Pembicara Publik atau Motivator.

Nah, bagaimana pula dengan anda ? Apakah anda memiliki ketertarikan dan tentu saja passion untuk menjadikan bidang hipnotis sebagai salah satu karir alternatif anda ?

Referensi :
http://ibhcenter.org/id/
Yan Nurindra [http://hipnotis.net/karir-di-bidang-hipnotis/]