ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Jumat, 11 Oktober 2013

Mengenal Manfaat Alexa Rank

Ketika kemarin saya menulis artikel mengenai Kuis Alexa Rank berhadiah satu juta dari Pak Yan Nurindra, ternyata dari komentar beberapa sahabat di Facebook. Saya ambil kesimpulan bahwa masih banyak yang belum mengerti mengenai Alexa Rank.

Secara sederhana Alexa Rank adalah suatu tools yang digunakan untuk melihat ranking dari sebuah website berdasarkan jumlah visitor  yang mengunjungi website tersebut (Visitor Traffic). Tools tersebut disediakan oleh situs www. alexa.com

Mengetahui Ranking website ini tentu saja sangat penting bagi para pemilik website yang berniat menjadikan website-nya sebagai salah satu sumber bagi penghasilannya. Karena dari nilai ranking tersebut, fihak advertiser atau fihak-fihak yang berminat untuk memasang iklan, dapat menilai kelayakan suatu website bagi pemasangan iklannya. Siapa sih yang mau pasang iklan di website yang tidak ada pengunjungnya...? tidak ada bukan...?

Lalu apa manfaat bagi para pemilik website yang tidak berminat menjadikan website yang dia kelola sebagai tempat pemasangan iklan..??

Tentu saja adalah sebagai alat untuk memantau Traffic Visitor. Bagi penulis yang hanya menjadikan blog sebagai blog pribadi, bukankah suatu kebahagiaan tersendiri bagi kita bila artikel kita di blog ternyata di baca oleh banyak orang...?? Sehingga nilai manfaat yang terdapat di dalam tulisan tersebut dapat dinikmati oleh orang banyak.

Dan bagi pengelola website yang menjadikan website sebagai ujung tombak bagi media marketingnya. Tentu mengetahui Traffic Visitor itu sangat penting sebagai evaluasi bagi strategi marketingnya.

Jadi, mengetahui traffic suatu website adalah sangat penting bagi para Website owner.

Lalu bagaimana mengetahui Alexa Rank website yang kita kelola...???

Tata caranya adalah begini :
Kunjungi situs www.alexa.com dan masukkan URL website sobat ke dalam kolom yang tersedia. Lihat gambar di bawah ini. Kemudian KLIK icon Search yang ada di samping kanan. Sebagai contoh, saya masukkan URL dari website www.naqsdna.com


Maka akan diperoleh hasil sebagai berikut :
Site Information for naqsdna.com
Alexa Traffic Rank: 1,065,844 | Traffic Rank in ID: 35,614
Yang perlu diperhatikan dalam membaca nilai Ranking dari Alexa Rank ini adalah semakin tinggi nilai angkanya itu berarti ranking website kita semakin rendah. Dan sebaliknya, semakin rendah angkanya. Itu berarti semakin tinggi rankingnya. Sistem numeric yang berlaku di Alexa Rank memang berbeda dengan di Google Page Rank. Dimana di Google Page Rank, semakin tinggi angkanya maka semakin tinggi pula rankingnya. Dan saat ini, ranking website NAQS DNA ini mendapat nilai Alexa Rank ID 35,614 suatu nilai yang cukup baik. Terutama bila mengingat SEO atau Optimasi Website termasuk bidang yang tidak terlalu saya fahami dan kuasai.


Sekian dulu, tips kali ini. Sampai jumpa di Artikel berikutnya. Salam Sukses untuk anda semua.