ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Minggu, 27 Oktober 2013

Tips Digital Marketing dari Yan Nurindra

Sahabat...
Dalam tulisan kali ini saya persembahkan sebuah informasi dan juga pengetahuan yang saya yakin sangat anda butuhkan untuk pengembangan Internet Marketing atau Digital Marketing anda.  Dan sebagai Narasumber dari tulisan kali ini adalah Pak Yan Nurindra, seorang Pelopor dan tokoh terkemuka di bidang Mind Technology di Indonesia dan juga seorang Pakar di Bidang Digital Marketing.


Digital marketing adalah suatu tindakan atau praktek dalam memperkenalkan sesuatu melalui saluran distribusi digital guna mendapatkan perhatian dari para konsumen dengan cara yang relevan. Agar sukses dalam pemasaran digital tersebut tentunya membutuhkan suatu keberanian dalam bertindak, karena bagi semua orang yang ingin sukses di bidang digital marketing harus berani melakukan apa yang dipelajarinya.

Digital marketing pada dasarnya merupakan sesuatu yang berkaitan dengan ide-ide yang dituangkan dalam dunia digital, hal yang menjadi tolak ukur kesuksesannya adalah ketika produk-produk yang ditawarkannya itu apakah menjadi bahan pembicaraan oleh masyarakat atau tidak

Berbicara mengenai marketing, budaya-budaya masyarakat sekitar dapat juga dimanfaatkan sebagai sesuatu yang potensial dalam bidang pemasaran, kemudian langkah selajutnya yang harus kita lakukan adalah membentuk suatu Branding. Hal tersebut nantinya akan dapat mempermudah dalam hal pemasaran karena mengingat kebanyakan perilaku manusia sangat dipengaruhi lingkungan sekitarnya.

Dengan adanya teknologi yang semakin berkembang ini baik melalui internet, jejaring social, dan sebagainya sekarang ini, maka penyebaran informasi akan semakin cepat sehingga mempermudah dalam memasarkan sesuatu. Digital marketing itu tidak hanya berhubungan dengan iklan semata, karena iklan merupakan salah satu cara dalam memasarkan produk yang sebenarnya kurang memilki kredibilitas. Hal tersebut bisa dilihat dari sekitar 76% orang yang tidak mempercayai iklan perusahaan karena dianggap berbohong. Maka dari itu, iklan bukan jalan satu-satunya dalam digital marketing dan merupakan cara yang kurang efektif kecuali kalau kita mempunyai uang yang begitu banyak. Karena iklan pada dasarnya secara tidak langsung memaksa seseorang untuk melihatnya.

Apakah dunia Digital Marketing sangat sulit? Tidak sama sekali! Hanya diperlukan kemauan yang kuat dan sikap yang persisten. Sayang sekali ketika terdapat 83 Jt pengguna Internet di Indonesia di tahun 2013 ini, tetapi kita tidak memiliki "kemauan" untuk memanfaatkannya. Tinggal pilih, mau menjadi Subyek atau Obyek?

Ikuti FB Sharing, serial "Digital Marketing", sekedar membuka wawasan bagi siapa saja yang berkepentingan memasarkan diri melalui media digital.

Dulu saat FB baru dikenal, akun FB pribadi cukup efektif utk media marketing. Demikian juga di awal era BBM, broadcast masih lumayan menghasilkan. Hari ini? Semua sudah berbeda, karena pengguna mulai cerdas dan mulai mampu memilih. Akun FB pribadi dan BBM sebaiknya dipergunakan sebagai komplementer saja untuk mengarah ke etalase yang lebih permanen, yaitu Website. Perkuat struktur dan konten Website anda.

Bermain di Digital Marketing tidak cukup hanya sekedar membuat Website. Tetapi harus merubah : Mindset dan Behaviour. Perlu connectedness agar suatu Website menjadi "hidup", dan benar2 mencapai Outcome yang ditetapkan saat membuatnya.

Sejak tahun 2006 saya total menggunakan media digital (Website, SocMed, dll) untuk publikasi seluruh pelatihan saya. Tentu saja dengan strategi dan teknik yang tepat, maka media ini dapat menjadi infrastruktur marketing yang luar biasa, dan tentu saja relatif berbiaya sangat ekonomis dibandingkan dengan media offline. Hal yang lebih utama adalah bahwa media ini dapat diukur dan diramalkan kinerjanya.

Cara mudah cari UANG !
Salah satu alasan umum orang bergerak adalah untuk UANG, tetapi bagi sebagian orang UANG ini seperti bersayap, semakin dikejar semakin terbang. Saya bagikan Tips sederhana untuk sekedar memperoleh UANG (tidak banyak2, asal cukup, tapi bisa juga menjadi banyak). Yaitu manfaatkan "Authority" kita !! Produk atau jasa kita yang mungkin jelek sekalipun akan dianggap bagus oleh seseorang yang berada dalam lingkup "Authority" kita. Dan sadari bahwa setiap kita pasti memiliki "Authority" di lingkup tertentu entah besar atau kecil ! Manfaatkan dengan baik, dan bahkan jika kita agak cerdas (tidak perlu terlalu cerdas), maka kita dapat memperluas area dari "Authority" ini.

Orang mudah melakukan apa saja dan dimudahkan apa saja ketika memiliki "Authority". Dan yang menarik, sesungguhnya setiap orang memiliki "Authority" entah sekecil apapun, dan mungkin hanya di wilayah tertentu. Dengan kejelian merasakan "Authority" ini, plus sedikit awareness untuk mendaya-gunakannya, maka kita seakan memiliki tangga-tangga pijakan untuk menggapai kesuksesan di tingkat berikutnya. Nah, sekarang, selamat mengenali "Authority" masing-masing .....!

Frame :
Beberapa Sahabat yang bersemangat untuk menjadi Trainer, seringkali hanya bersemangat di tahap awal, dan berikutnya "mati suri". Terkadang mereka berhasil menggelar pelatihan untuk suatu masa, tetapi lebih karena dibantu oleh "trend" yang tentu lebih bersifat eksternal. Sebagai contoh di 5-6 tahun lalu siapapun yang ingin terjun di dunia pelatihan Hypnosis & Hypnotherapy tidak akan menemui kesulitan, karena memang dibantu oleh "trend" yang disosialisasikan dengan gencar di media cetak & elektronik. Pada hari ini ? Mungkin sebagian besar sudah "mati suri". Dunia Training sangat lekat dengan "Personal Branding" yang harus dibangun terus menerus, bertahun-tahun tanpa henti. Ketika jaman telah berubah ke era Internet, maka setiap Trainer wajib memahami strategi dan permainan yang berlaku di dunia maya dan dapat menjadi bagian dari permainan ini.

Dunia training adalah dunia yang lekat dengan "networking", perlu mengembangkan network yang luas baik di lingkungan Client maupun di lingkungan Trainer. Tidak sedikit kesempatan yang saya peroleh karena pertemanan yang baik dengan sesama Trainer. Aliran boleh berbeda, jurus dapat berlainan, tetapi tetap tidak menghalangi pertemanan.Yuk perbanyak teman, dan memelihara pertemanan yang telah ada.

Apa manfaatnya memahami bidang Digital Marketing ? Jawabannya sederhana. Menurut APJII pada hari ini pengguna Internet di Indonesia berjumlah 83 Jt orang, dan pada tahun 2015 diperkirakan 50% penduduk Indonesia sudah "melek internet". Meminjam istilah Bp. Tanadi Santoso, "Ready atau tidak, maka dunia digital akan menggilas kita". Mari kita mulai masuk ke era "sadar digital", agar kita dapat menjadi pemain aktif, bukan sekedar pengguna dan menjadi obyek dari para raksasa maya dari luar negeri.

KULIAH FACEBOOK DIGITAL MARKETING

Kuliah FB Digital Marketing #1 : Pengguna internet Indonesia tahun 2013 adalah 83 Jt orang (survey APJII), tahun 2015 diramalkan 50% persen penduduk Indonesia "melek internet". Masihkah kita tidak melihat hal ini sebagai PELUANG dan berniat menjadi PEMAIN? Ataukah kita cukup puas sebagai OBYEK saja yang nikmat dan cukup nyaman dengan ber-FB, ber-Twitter, ber-Instagram, tanpa tujuan yang lebih besar? Silakan bertanya ke diri sendiri ....

Kuliah FB Digital Marketing #2 : Digital Marketing adalah teknik pemasaran melalui media digital secara terintegrasi, mulai dari Website, Social Media, Gadget, dan berbagai perangkat digital yang dapat terhubung dengan "Internet Cloud". Apa saja yang dapat dipasarkan? Jawabnya : "APAPUN JUGA" yang berpotensi sebagai bisnis.

Kuliah FB Digital Marketing #3 : Website adalah "kendaraan" utama dalam Digital Marketing. Tetapkan outcome (target) yang jelas mengapa kita harus membuat Website, dan sadari dari awal konsekwensi yang harus dilakukan atas outcome yang ditetapkan. Membuat Website tanpa outcome yang jelas hanya akan membuang energi, pikiran, dan uang.

Kuliah FB Digital Marketing #4 : Gunakan teknologi Website yang sesuai dengan kebutuhan, jangan "over" dan jangan pula "under". Pelajari dengan seksama sebelum memilih teknologi yang "pas", mau menggunakan PHP murni, HTML murni, Free CMS (Wordpress, Joomla, dsb.), ASP, dll. silakan saja yang penting "pas" untuk kebutuhan. Yg paling penting sebuah Website harus mengakomodasikan kepentingan setup SEO (Search Engine Optimization) secara mudah, dan relatif aman (tidak mudah di-Hack).

Kuliah FB Digital Marketing #5 : Parameter umum Website yang baik adalah : (1). High Traffic (2). Low Bounce Rate (3). Good Conversion.
  1. High Traffic : Pengunjung yang banyak. 
  2. Low Bounce Rate : Pengunjung yg datang dan langsung pergi lagi (tanpa melakukan apapun) cukup sedikit 
  3. Konversi ke tahapan penjualan produk atau jasa cukup baik.
Kuliah FB Digital Marketing #6 : Bagaimana mendatangkan pengunjung ke Website? Gunakan 4 cara : (1). Direct (2). Referral (3). Organic (Search) (4). Online Advertising (Campaign).
  1. Direct = Pengunjung yang mengetikkan langsung alamat Website. Untuk menaikkan sisi ini, informasikan sesering mungkin alamat Website di berbagai kesempatan online maupun offline
  2. Referral = Link dari Website lain atau Social Media. Untuk menaikkan sisi ini lakukan link halaman web atau web sesering mungkin ke berbagai Web/Blog dan juga Social Media (FB, Twitter, Google+, dll.),
  3. Organic (Search) = Pengunjung yang masuk melalui Search Engine. Untuk menaikkan sini lakukan kaidah SEO di berbagai halaman Website.
  4. Online Advertising = Beriklan di Google Adword, FB Ad, dll.
Kuliah FB Digital Marketing #7 : Untuk keperluan evaluasi kinerja, maka suatu Website WAJIB dilengkapi dengan perangkat monitoring pengunjung, dalam hal ini disarankan menggunakan GOOGLE ANALYTIC (gratis), yang dapat memonitor berbagai parameter penting a.l. : jumlah pengunjung, jumlah halaman yg diakses, bounce rate, O/S dan Device yang dipergunakan pengunjung, dll. Google Analytic bahkan dapat di-installkan di Android dan Ipad, sehingga kita dapat memonitor kinerja Website setiap saat.

Kuliah FB Digital Marketing #8 : Dengan semakin banyaknya pengguna Mobile Internet (HP, BB, Android, Ipad, dll.) maka upayakan Website dapat dengan mudah dibaca di Gadget, pergunakan tampilan Mobile Responsive.

Kuliah FB Digital Marketing #9 : Jika ingin berbisnis secara serius, jangan menggunakan Hosting "ecek-ecek", gunakan Hosting dengan keandalan Uptime 99%, dan upayakan Load-Time yang cepat. Website yang sering down dan dengan Loading yang lambat akan ditinggalkan pengunjung dan ditinggalkan oleh Google.

Kuliah FB Digital Marketing #10 : Blogging adalah salah satu kekuatan Website moderen, apapun Website kita lengkapi dengan Blogging. Blogging dapat di-integrasikan dengan Social Media untuk menaikkan angka pengunjung tipe "Referral".

Kuliah FB Digital Marketing #11 : Berapa jumlah artikel sebuah Blog untuk dapat membuat Blog menjadi dikenal? Dari pengamatan beberapa Blog populer, maka jumlah Artikel minimal untuk startup adalah = 90 buah, dan bertumbuh secara rutin. Kenapa perlu rutin? Karena Google "menyenangi" publikasi Blog yang rutin.

Kuliah FB Digital Marketing #12 : Search Engine sangat tidak menyukai PLAGIAT. Oleh karena itu lakukan pemeriksaan "bebas plagiat" (plagiarism checker) sebelum kita mempublikasikan suatu Artikel di Website/Blog.

Kuliah FB Digital Marketing #13 : Lengkapi Website dengan SITEMAP. Gunanya? Untuk memudahkan pekerjaan Crawler (Web Spider) dari Search Engine sewaktu melakukan Indexing.

Kuliah FB Digital Marketing #14 : Lengkapi Web dan Halaman Web dengan "Social Media Share Button", karena Algoritma Google terbaru mempertimbangkan artikel yang banyak di-share ulang di Social Media.

Kuliah FB Digital Marketing #15 : SEO - Pilih "Keyword" yang populer untuk keperluan rekayasa SEO suatu halaman Web. Caranya? Lakukan riset kata kunci dengan menggunakan fasilitas Google Adword (Free). Pilih Keyword dengan permintaan setidaknya sebulan 300 Query.

Kuliah FB Digital Marketing #16 : SEO - Suatu Artikel sebaiknya memiliki konten minimal 300 Words, dan memiliki Judul (Heading) : 40 - 70 Karakter (termasuk spasi), dilengkapi dengan Image dengan Alt. Text yang sesuai dengan Artikel.

Kuliah FB Digital Marketing #17 : Security - Hati-hati jika download Theme gratis, dimana seharusnya Theme dimaksud adalah berbayar, karena berpotensi mengandung "inject" atau program yang dapat "menjebol" Website kita. Jika mau tetap melakukannya maka kita harus memiliki kemampuan untuk memeriksa Coding "inject" ini dan membersihkannya terlebih dahulu.

Kuliah FB Digital Marketing #18 : Security - Wordpress. Jangan pernah menggunakan user ADMIN untuk ADMINISTRATOR, rubahlah dengan nama lain. Kenapa? Karena standar Hacker pemula selalu berupaya "menerobos" melalui User ADMIN.

Lebih aman lg klo dlm proses instalasinya manual, krn di situ nanti nya kita hrs input database sendiri, dan mnginkjet kode config didalamnya secara manual, seperti dibawah ini :
'AUTH_KEY'
'SECURE_AUTH_KEY'
'LOGGED_IN_KEY'
'NONCE_KEY'
'AUTH_SALT'
'SECURE_AUTH_SALT'
'LOGGED_IN_SALT'
'NONCE_SALT'

Keyword in Digital Marketing : Kita harus rajin berinvestasi "Kata Kunci", terutama Kata Kunci dengan persaingan yang rendah, suatu hari akan bermanfaat. Hanya perlu 5 menit untuk membuat Halaman SEO untuk rekayasa Kata Kunci tertentu. Mau tahu contohnya? Googling saja : "Pelatihan Hipnotis Rantau Prapat", atau "Pelatihan NLP Tebing Tinggi", atau "Pelatihan Hipnoterapi Sibolga", amati dengan baik, maka anda dengan mudah akan dapat memahami bagaimana rekayasa suatu SEO Page. Silakan dicoba.

Banyak orang mencari rahasia utama "motivasi diri", padahal ketika diteliti dengan seksama, maka untuk mencapai Outcome apapun juga pasti akhirnya akan bermain di wilayah "skill" dan "ego state" yang "itu-itu" saja, misalkan : tekun, mau belajar, trampil menjual ide, trampil berkomunikasi, trampil membentuk sudut pandang berbeda, trampil melakukan evaluasi, tidak cepat berpuas diri, dsb.Lebih baik menyisihkan perhatian untuk memperkuat hal2 yg fundamental ini dalam berbagai kesempatan, karena hal-hal ini selalu hadir dalam hidup kita dalam tema2 yg berbeda, dan esensi dasarnya tetap sama.

Setiap kita pasti pernah melakukan hal-hal spektakuler dalam upaya meraih suatu tujuan (outcome). Banyak keajaiban dan energi yang menyala-nyala karena "passion" yang kuat terhadap outcome dimaksud. Akan tetapi, jika outcome telah tercapai, kita telah sampai di tujuan, maka kita selalu kembali menjadi "orang biasa", dengan tingkat energi, motivasi, yang sangat biasa pula. Bahkan seringkali kita menjadi seseorang yang "tanpa daya" untuk mencapai hal-hal lainnya yang juga kita perlukan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Kenapa ?

Ya, sesungguhnya dalam setiap upaya luar biasa mencapai tujuan tertentu, akan hadir "proses" yang luar biasa pula, tetapi kita cenderung tidak memberikan "makna" kepada proses dimaksud, karena secara alami kita lebih "terbius" oleh tujuan. Jika saja kita dapat memberikan pemaknaan lebih kepada setiap proses yang menyertai, bahkan dapat menjadikannya sebagai "skill" baru, atau "habit" baru, maka sesungguhnya kita sedang membangun "infrastruktur" baru atau kompetensi baru yang pasti akan sangat mudah dipergunakan untuk mencapai tujuan-tujuan lainnya.

Selamat memaknai proses ......! Selamat membangun kompetensi baru dalam diri .......!

INFO :
Bagi Trainer, Public Speaker, atau Professional, yang ingin membangun Branding di Dunia Maya, termasuk membuka etalase layanan, tetapi tidak memiliki pengetahuan atau tidak memiliki waktu untuk itu, silakan kontak saya. Saya (Yan Nurindra) memiliki Team profesional dengan spesialisasi di bidang Digital Marketing & Hypnotic Writing, yang dapat membantu anda. Anda cukup duduk manis, Brand Awareness tentang diri anda akan bergulir, dan tentu dengan dukungan Website yang sangat SEO dan Google Friendly, plus isinya sekalian, dan tentu saja strategi promote yang tepat melalui berbagai Social Media dan Online Advertising. Anda tinggal berbisnis.

Untuk Info Selengkapnya mengenai isi artikel ini, silahkan kunjungi Website Pak Yan Nurindra di sini : http://www.yannurindra.com/ dan kunjungi juga fanspage beliau di sini : https://www.facebook.com/hypnosismaestro dan juga Facebook Profile beliau di sini : https://www.facebook.com/hipnotis

Semoga bermanfaat..

Nb.
Bila anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bolah Share artikel ini. Dan bila anda ingin mengcopas tulisan ini, harap tulis isi artikel dengan lengkap, sertakan juga link atau alamat URL dari artikel ini di blog sahabat. Terima Kasih