ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Selasa, 10 Maret 2015

Tips Jualan Online Batu Akik

Tips Jualan Online Batu Akik

Sering tertipu oleh batu akik palsu, atau sering menerima barang yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Itulah resiko membeli batu akik secara online. Yang mana hal ini belum tentu dikarenakan adanya Niat menipu dari pihak seller, tetapi karena penjual masih amatir alias masih awam sehingga informasi yang disampaikan tidak detail dan akurat sehingga menimbulkan terjadinya kesalah fahaman akibat adanya mis informasi.

Ya, booming bisnis batu akik akhir-akhir ini secara fakta nyata menimbulkan dampak yang positif dalam menggerakkan perekenomian rakyat. Booming Batu Akik ini membawa berkah bagi semua lapisan masyarakat. Mulai rakyat kecil dari kalangan ekonomi bawah hingga kalangan berduit dari kalangan berduit. Mulai Kere-iner Hingga Milyuner, semua demam batu akik.

Mulai dari bagian tambang yang menggali bahan batu akik dari sungai dan goa-goa hingga para kolektor semua mendapat berkah dan rejeki dari Booming Batu Akik ini. Dan memang, kualitas batu Akik asal Indonesia ini sudah semakin diakui oleh dunia.

Dimana-mana di seluruh pelosok negeri ini, muncul sentra-sentra perajin batu akik dadakan. Demikian juga komunitas batu akik juga semakin menjamur di berbagai sosial media seperti facebook, kaskus, dll. Misalnya dalam Group NAQS TRADE CENTER.

Jual beli batu akik secara Online pun semakin marak terjadi, dan bahkan event lelang batu akik akan dengan sangat mudah kita jumpai di berbagai sosial media di dunia maya ini.

Ya, anda jangan kaget. Jika dulu event lelang itu hanya kita dengar untuk benda-benda antik ataupun barang-barang mewah. Maka di era Demam Batu Akik seperti sekarang ini. Event Lelang Batu Akik dapat anda jumpai setiap hari diadakan. Silahkan baca tulisan saya yang mengulas berbagai istilah dalam jual beli online batu akik dan juga berbagai istilah dalam event lelang batu akik di sini : http://www.naqsdna.com/2015/03/istilah-dalam-jual-beli-online-batu-akik.html

Konsekwensi dari booming Batu Akik ini adalah munculnya para penjual amatiran yang sebetulnya masih sangat awam dalam bisnis batu akik yang menjual batu akik dengan cara yang asal-asalan serta tidak diserta dengan informasi yang lengkap. Sehingga seringkali menimbulkan kesalah fahaman dengan para pembeli, dikarenakan barang yang dikirim tidak sesuai dengan foto yang dipajang.

Tips Jualan Online Batu Akik

Ketika anda menjual sebuah batu mulia ataupun batu akik secara online, sebaiknya memberikan informasi yang cukup detail kepada pembeli. Karena pembeli hanya melihat batu dalam gambar. Maka informasi yang cukup detail akan sangat membantu calon pembeli untuk memperoleh gambaran yang mirip dengan barang aslinya.

Informasi yang sebaiknya ada dalam product yang anda jual sebaiknya meliputi data sebagai berikut :
  1. Nama Batu itu di dalam dunia bisnis batu mulia.
  2. Origin atau asal batu dari daerah mana.
  3. Informasi lain mengenai kualitas batu, kelebihan batu, dll. 
  4. Dimensi batu atau volume batu, sesuai rumus matematika yang meliputi : P x L x T = Panjang x Lebar x Tinggi/Tebal dalam satuan mili meter (mm). Bisa menggunakan Sketchmatch / jangka sorong, atau dengan penggaris biasa.
  5. Foto batu/cincin dari berbagai sudut pandang.
Jika batu itu sudah dipasang dalam ring, maka informasikan juga data ringnya, yang meliputi :
  1. Bahan Ring
  2. Size Ring
  3. Keterangan lainnya jika diperlukan.
Nah, dengan adanya data yang cukup lengkap selain gambar foto, maka pembeli akan memperoleh sebuah transaksi yang jujur dan memuaskan.

Sekian Tips saya kali ini dan Salam sukses untuk anda semua.

Edi Sugianto
Founder NAQS DNA Institute

Web : www.NAQSDNA.com
HP/WA : 081231649477
PIN BB : 7ccd0ca5