Cara Mengatasi Telegram yang kena Blokir

Cara Mengatasi Telegram yang kena Blokir

Telegram Diblokir di Indonesia.
Sebagaimana sudah diketahui bersama, bahwa saat ini Netizenz Indonesia sedang dihebohkan oleh kebijakan pemerintah yang memblokir telegram untuk diakses di wilayah negara Indonesia. Simak saja beritanya di Google, Gunakan kata Kunci Telegram Diblokir di Indonesia. Maka anda akan menemukan ada Sekitar 69.200 postingan terbaru yang mengulasnya. Salah satunya adalah yang dimuat di laman kompas ini :

Layanan Chat Telegram Diblokir di Indonesia
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo) memerintahkan pemblokiran aplikasi Telegram di Indonesia. Rencananya pemblokiran baru akan diumumkan pada Senin (17/7/2017) mendatang.

“Ya (ada perintah untuk blokir), saya lagi siapin catatan-catatannya ya mas. Semoga Senin Pak Dirjen Aptika (Semuel Abrijani Pangerapan) bisa kasih penjelasan luas,” ujar juru bicara Kemenkomifo, Noor Iza saat dihubungi KompasTekno melalui pesan singkat, Jumat (14/7/2017).

Noor tidak mengungkap lebih jauh mengenai alasan pemerintah memblokir aplikasi pesan instan Telegram. Namun salah satu hal yang diduga menjadi alasannya adalah karena Telegram banyak digunakan oleh teroris untuk berkomunikasi.

Meski disebut baru mengumumkan masalah pemblokiran ini Senin mendatang, aplikasi web Telegram sekarang sudah tidak bisa diakses melalui koneksi internet sejumlah operator.

Pantauan KompasTekno, pemblokiran saat ini sudah dilakukan oleh operator XL Axiata dan Telkom. Indikatornya adalah saat pengguna mencoba mengakses alamat web.telegram.org, maka akan langsung dibawa ke halaman berisi keterangan pemblokiran.

Meski demikian, akses Telegram melalui aplikasi di perangkat mobile masih bisa dilakukan tanpa kendala setidaknya sampai berita ini diturunkan.
Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2017/07/14/16443017/layanan-chat-telegram-diblokir-di-indonesia

Cara Mengatasi Telegram yang kena Blokir

Cara yang paling umum adalah Gunakan akses #telegram dari Proxy Luar Negeri.

Banyak Browser extension serta aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses suatu situs dengan IP Adress acak. Contohnya adalah apa yang sudah dilakukan oleh para Penjudi Online dan penikmat Content Mesum di internet. Mereka semua tetap bisa akses website kesayangan mereka, walau alamat web itu sudah di blokir oleh fihak yang berkuasa.

Khusus untuk Telegram, ada Bot yang dapat membantu user Telegram agar dapat membuka #Blokir yang dilakukan oleh penguasa. Silahkan Lihat Video Tutorial Cara Mengatasi Telegram yang kena Blokir di bagian bawah artikel ini.

Soal pemblokiran telegram ini bagi masyarakat umum yang menggunakan telegram hanya sebagai media komunikasi personal. Maka, soal pemblokiran seperti ini, tentu saja bukanlah masalah besar. Karena masih ada ratusan aplikasi yang dapat dipilih sebagai alternatif pengganti. Misalnya, #WhatsApp, #Line, #LiteBig, FB #Messenger, #Skype, eMail, #Hangout, dll.

Namun, bagi Group Creator yang membuat Komunitas Online berbasis Group / Chanel. Adanya pemblokiran suatu aplikasi Messenger seperti telegram ini, tentu saja ini adalah masalah besar. Yang terkait dengan dua hal, yaitu :
  1. Data Content
  2. Data Member (Subscriber).
Berbeda dengan aplikasi WhatsApp yang menyediakan Fitur Backup ke Google Drive. Maka, Telegram tidak menyediakannya.

Mungkin Pavel Durov (Rusia) si Pencipta Telegram berfikir bahwa karena Telegram berbasis CloudBase, dimana data Content anda tidak akan hilang, walau aplikasi di HP / PC anda dilakukan instalasi ulang berkali-kali. Bahkan walau diakses dengan perangkat apapun, Semua data yang ada di telegram tetap utuh dan tidak tergores sedikitpun. Itu sebabnya, tidak ada fitur Backup di telegram.

Nah, bagi Group Creator. Jika terjadi pemblokiran akses ke dalam groupnya. Hal ini akan membuatnya kehilangan kontrol atas group yang telah mereka buat.

Sebagai admin Group di Telegram, dia tidak boleh kehilangan akses ke dalam Group yang telah dia buat di telegram. Karena hal itu akan membuat Groupnya dapat di isi dengan content yang tidak jelas oleh member dari Luar Area Pemblokiran yang tetap bisa masuk ke dalam group itu.

Solusinya :
  • Back Up data secara Manual, kemudian Hapus Group
  • Akses Telegram menggunakan Proxy Luar Negeri, dan admin masih punya kendali atas content groupnya
Video Tutorial Cara Mengatasi Telegram yang kena Blokir
  1. Telegram Android
  2. Telegram Windows

Sekian, semoga bermanfaat.

SALAM.


• Edi Sugianto, Founder NAQSDNA
naqsdna.combasupati.comsabdasakti.com

SMS/WA : +62 812 3164 9477
HP : +62 822 3458 3577
Telegram Messenger : @Hipnotis
Pin BB : D016E4EE
Twitter : @edi5758
Facebook : https://www.facebook.com/haryopanuntun
Google Plus : +Edi Sugianto, C.Ht., MNLP

Click To Chat :
Simak Materi Pelatihan Gratis Yang lain di Group Telegram JRC, KLIK DI SINI... untuk bergabung.

Silahkan SHARE / BAGIKAN jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jika anda mau COPAS Artikel ini, sertakan Linknya, agar ada yang bertanggung jawab atas isinya. Terima Kasih.


Jadwal Event Workshop, klik di sini..

Cara Mengatasi Telegram yang kena Blokir Cara Mengatasi Telegram yang kena Blokir Reviewed by Edi Sugianto, C.Ht., MNLP on 21.40 Rating: 5

1 komentar:

  1. Ever wanted to get free Twitter Re-tweets?
    Did you know you can get them ON AUTO-PILOT AND TOTALLY FREE by using Like 4 Like?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.