Fokus Pada Dahsyatnya Energi Syukur

FOKUS
Julurkan kedua tangan di depan kita, sejajar dengan muka. Lalu perhatikan tangan kanan baik-baik? Apa yang terjadi dengan penglihatan kita terhadap tangan kiri? menjadi tidak jelas bukan...?

Tetap julurkan dengan posisi yang sama, pindah pandangan, fokuskan ke kiri baik-baik. Apa yang terjadi dengan penglihatan kita terhadap tangan kanan? menjadi kabur? Iya kan....?  betul sekali.

Wajar saja jika seseorang memiliki beberapa harapan dalam hidupnya. Tapi dengan begitu, kita akan merasa terlalu banyak yang harus dilakukan, tetapi sangat sedikit waktu yang ada. Maka, fokuslah!

"Concentrate all your thoughts upon the work at hand. The sun's rays do not burn until brought to a focus."- Alexander Graham Bell

Confucius, seorang filsuf dunia yang mengajarkan nilai-nilai kebajikan dan moralitas pernah berkata, "Person who chases two rabbits catches neither. Seseorang yang mengejar dua ekor kelinci, tidak akan menangkap satu pun." Coba bayangkan, mengejar satu ekor kelinci saja sudah cukup sulit, apalagi kita mengangankan mendapatkan dua ekor? Sudah jelas, bila kita sedang berada di situasi serupa walaupun bukan kelinci yang kita incar, kita harus berkonsentrasi pada satu tujuan. Setelah berhasil mendapatkannya, barulah kita berusaha untuk meraih yang kedua.

Hal ini berlaku juga pada saat kita sedang ingin meraih mimpi-mimpi kita. Jika kita memiliki mimpi yang besar dan harapan akan pencapaian hidup yang lebih baik, biasanya banyak sekali hal yang ingin kita capai. Tapi apakah kita akan pernah mewujudkan semua harapan itu dengan waktu yang terbatas? Jadi bagaimana cara terbaik untuk melakukannya?

Rileks
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencoba untuk rileks. Jangan panik dan jangan merasa terlalu bersemangat, ingin melakukan sesuatu dengan terburu-buru. Bangkitkan rasa percaya diri dengan kemampuan-kemampuan yang kita miliki untuk meraih tujuan. Sangatlah penting untuk melihat segala sesuatu melalui sebuah perspektif dan ingat bahwa segala yang baik yang kita miliki dalam hidup ini datang melalui suatu proses dan butuh waktu untuk mendapatkannya.

Saat keadaan tidak berjalan dengan semestinya, bukan berarti itu karena kita tidak melakukan apa-apa untuk berusaha. Tidak jarang, sesuatu yang tidak diharapkan dan yang tidak kita rencanakan malah membawa kebaikan bagi usaha kita meraih tujuan. Jika kita berusaha secara konstan dan fokus, maka keadaan akan mendukung usaha kita.

Run Your Race
Cara yang kedua, berlarilah di jalur maka kita akan menang! Kita tidak akan menang dengan cara apa pun selain dengan berlari. Artinya, seperti sebuah lomba lari,kita tidak akan bisa meraih impian selain dengan berusaha di jalan yang tepat untuk mewujudkannya.

Pertandingan tidak akan kita menangkan hanya dengan melakukan lompatan jauh dari garis mulai ke garis akhir! Yang harus kita lakukan memang berlari, langkah demi langkah. Setiap langkah akan membawa kita mendekati garis finish. Jadi, mimpi kita memang harus diwujudkan dengan cara serupa. Lakukan usaha dengan tidak terburu-buru, langkah demi langkah, maka kemenangan akan menyambut kita.

Itulah yang juga disarankan oleh Carl Lewis, pemenang Olimpiade 1984 cabang lompat jauh. Ia berkata, "Get out of the blocks, run your race, stay relaxed. If you run your race, you'll win. Channel your energy. Focus!" Maka, fokuslah untuk menang!

Concentrate on Running Your Race
Memang, kunci utama untuk bisa fokus adalah konsentrasi. Memiliki banyak mimpi yang ingin diraih bukan hal yang buruk. Justru sebaliknya, dengan mimpi-mimpi itu kita akan bisa menjalankan hidup dengan penuh perjuangan. Hanya, putuskanlah apa yang menjadi impian terbesar dalam hidup, dan berkonsentrasi serta fokus untuk mewujudkannya.

Tetaplah pada jalur yang bisa membawa kita menuju kemenangan. Seperti layaknya hidup seorang manusia, banyak godaan dan halangan yang merintangi kita untuk sampai di garis akhir. Itulah gunanya untuk tetap fokus. Jangan jadikan sebuah rintangan, apalagi godaan, menghentikan usaha kita. Tapi berusahalah lebih keras lagi, dan konsentrasi akan membuat hal-hal buruk tidak ada artinya dibanding kemenangan yang akan kita raih.

Concentrate on You
Jika memang kita menginginkan kemenangan, maka kita harus fokus pada seseorang yang sangat berpengaruh untuk keberhasilan kita. Yaitu, diri kita sendiri! Janganlah terlebih dahulu mencari bantuan kepada orang lain untuk membuat kita sukses. Tapi, yang paling penting, jangan menyalahkan orang lain dari ketidakberuntungan atau kegagalan yang kita dapatkan. Sifat suka menyalahkan orang lain akan membawa kita kepada keadaan tidak berdaya dan tidak mandiri.

Mungkin kita bisa merasa sedikit lebih lega dengan menyalahkan orang lain, tapi sudah jelas tidak mungkin dapat membawa kita ke kesuksesan, bila kita terus merasa tidak bahagia dan selalu menyalahkan situasi. "Kita tetap harus fokus pada diri sendiri dan apa yang dapat dilakukan untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik," begitu saran Wayne Dwyer, seorang motivator ternama.

Do One Thing at Time
Terakhir, cobalah untuk fokus dalam melakukan sesuatu hal, satu tujuan terbesar yang ingin diraih. Tidak peduli sebanyak apa pun hal yang harus kita lakukan, sebenarnya kita hanya bisa melakukan satu hal untuk hasil yang sangat maksimal. Multi tasking bukan berati melakukan banyak pada saat yang sama. Arti sebenarnya dari kata itu adalah memiliki keahlian yang membuat kita bisa melakukan manajemen waktu dan menyelesaikannya dengan baik.

Apa pun yang sedang kita lakukan saat ini, berkonsentrasilah. Berilah setiap energi yang dimiliki untuk melakukannya. Ini adalah satu-satunya cara kita untuk lebih efektif dan meraih hasil yang baik.

Teman-teman yang luar biasa, tetaplah berusaha. Fokus pada hal yang kita inginkan, dan kita akan mendapatkannya.

"You can't depend on your judgment when your imagination is out of  focus."- Mark Twain

Keluhan dan Rasa Syukur
Dua hal ini tidak akan berkumpul pada ruang yang sama di dalam hati dan fikiran kita di saat bersamaan. Salah satu pasti ada yang kalah dan terpinggirkan. Dan rasa yang lainnya akan dominan di dalam hati dan fikiran kita.

Mengeluh…, adalah sesuatu yang sudah tua, mungkin seumur dunia, umum dijumpai dan mungkin memang diciptakan seperti itu. Tapi mengeluh mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi adalah sesuatu yang “crazy”

Banyak hati pernah kecewa, sedih, kehilangan, hancur, kekurangan, dicerca, dizalimi, dihianati, kecelakaan, terasing, gelisah, kehilangan, penghianatan, hak yang terampas, penghinaan, rezeki yang sempit, putus asa… ya itulah segudang kalimat mengandung arti “menyakitkan” .

“Tulis keluhanmu dipasir agar mudah dihilangkan ombak”
“Utarakan keluhanmu kepada Sang Pencipta”
demikian kalimat yang sering didengar sebagai inspirasi untuk mengusir kesedihan agar tidak berakhir dengan keluhan.

Tentu ada lingkungan yang membuat kita tidak bahagia sehingga kita mengeluh. Namun menyalahkan lingkungan sepenuhnya karena ketidakbahagian kita dan membuat kita selalu mengeluh itu sesuatu yang tidak adil. Kebahagiaan bisa digali dari dalam diri sendiri begitu kata orang bijak. Seperti komputer yang bisa di “klik” .

Setiap kisah ada akhir, Setiap keadaan akan berubah, yang enak maupun yang tidak enak. It’s a matter of time. Jadi apa perlunya mengeluh dan menyebarkan keluhan pribadi yang membabi buta sampai menuliskannya di forum umum semacam dalam status di fesbuk, dll. Mengapa tidak kita ”klik” perasaan kita dengan hati penuh rasa syukur dengaan semua karunia yang diberikan llahi.

Pikiran Manusia memiliki Kekuatan Magnet yang mampu menarik berbagai energi di alam semesta dan mewujud menjadi sebuah realitas/kenyataan dan materi/benda nyata di alam nyata di dalam kehidupan manusia itu, baik berupa kesehatan, kebahagiaan, kekayaan, kesuksesan, tapi juga bisa berupa penyakit, penderitaan, musibah, kegagalan, dll.

Pikiran Sadar yang bersifat Positif, akan menarik semua energi Positif dari Alam Semesta dan akan mewujud menjadi kesehatan, kebahagiaan, kekayaan, kesuksesan hidup manusia tersebut.

Pikiran Sadar Negatif, akan menarik semua energi Negatif yang ada dialam semesta dan akan mewujud menjadi berbagai penyakit, penderitaan, musibah, kegagalan.

"Dengan lebih Fokus pada Rasa Syukur, maka kita akan merasakan betapa banyaknya nikmat Allah yang telah di berikan kepada kita tanpa kita sadari. Dan ketika kita telah sadar akan nikmat Allah tersebut, maka kita akan merasakan sebuah gelombang dahsyat dari nikmat Allah yang terus menerus melimpah di dalam kehidupan kita yang ternyata tiada habisnya dan tiada batasnya. Betul-betul LUAR BIASA DAHSYATNYA ENERGI SYUKUR ."

Perbanyak kalimat syukur, hindari mengeluh. Ketika mengeluh sebenarnya kita melepaskan energi dan getaran negatif ke alam semesta yang akan menarik hal-hal yang negatif ke dalam hidup kita. Demikian juga sebaliknya.

Mari kita hayati pernyataan Allah swt dan kalimat-kalimat suci dari para kekasih-Nya:

Allah swt berfirman:
Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” QS. Ihrahim: 7)

Rasulullah saw bersabda:
Pergunakan nikmat Allah dengan cara yang baik. Jangan kalian cintai dan jangan jadikan ia berpaling dari kalian. Sesungguhnya ketika nikmat itu berpaling dari suatu bangsa ia mendatangi bangsa yang lain.” (Kanzul Fawâid 2: 162)

Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata:
"Sikapi nikmat Allah dengan cara yang baik sebelum ia pergi darimu. Sesungguhnya nikmat yang pergi itu engkau akan menyaksikannya pada orang yang menyikapinya dengan baik.” (Asy-Syarâi’ 2: 464)

Bahan Bakar Yang Tiada Habis.
Syukur adalah cara kita mengumpulkan serpihan kekuatan yang terserak, untuk kita jadikan modal dasar perjuangan ke depan. Dengan syukur kita juga membangkitkan kemampuan berpikir positif dan optimisme di atas kekuatan riil yang kita miliki. Dengan syukur kita berkomunikasi kepada Allah tentang pencapaian yang sudah ada, dan berkonsultasi tentang rencana selanjutnya. Syukur membuat kita melakukan evaluasi kritis dan konstruktif bersama Allah. Dan melahirkan azam; tekad yang bulat untuk berkerja lebih baik lagi di masa yang akan datang. Allah berfirman dalam surat Ali Imron ayat 159:

".....kemudian apabila kamu Telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya."

Rasa syukur akan melahirkan ketulusan dalam bersikap dan bertutur kata. Syukur membuat kita obyektif dan rendah hati. Rasululah bersabda;

"Agama itu adalah nasehat" para sahabat bertanya: untuk siapa? Rasulullah bersabda: Untuk Allah, Rasulnya, para Pemimpin dan kaum muslimin seluruhnya." (HR. Muslim)

Hal ini bermakna ketulusan kita dalam menyikapi satu persoalan dan ketulusan kita dalam menerima segala yg telah diputuskan-Nya.

Syukur juga akan melipatgandakan kesabaran kita. Deraan cobaan dan tantangan yang ada memang mudah membuat kita lemah, tapi syukur memberi perpektif lain yang melapangkan dada kita untuk bersabar. Energi kesabaran kita menjadi tiada habisnya karena berbahan bakar syukur. Syukur adalah energi terbarukan, yang senantiasa dapat diperbaharui setiap kali kita sadar akan datangnya nikmat Allah. Bahan baku yang kekal karena berasal dari Dzat Yang Kekal.

Recharge Your Spirit dengan Syukur
Kalau di supermarket dijual dalam kemasan kaleng “Jus Pembangkit Jiwa”, yang mampu membuat anda memiliki beberapa kemampuan luar biasa, selalu memiliki sudut pandang positip, intuisi terbuka, kreatip, pandai membuat keputusan pintar, semangat dan energi yang tidak ada habisnya, seperti orang Jakarta bilang “kagak ada matinye”, tambahan lagi wajah selalu berseri-seri, maka saya yakin sekali bahwa anda pasti akan berbondong-bondong membelinya, bahkan memborong Jus kalengan seperti itu, buat persediaan selamanya. Ya nggak?

Sayangnya, Jus seperti itu tidak ada, tidak bakal ada, apalagi dijual.

Adanya ternyata, justru didalam diri anda sendiri. Ya, ada didalam diri anda sendiri. Nggak usah jauh-jauh kemana musti mencarinya, nggak usah membeli, gratis. Tinggal membangkitkannya.

Mari saya tunjukkan, bagaimana membangkitkannya. Ada 3 langkah mencapainya!!!

1. Selalu Bersyukur
2. Selalu Berpikir Positip
3. Bangkitkan Otak Kanan

Selalu Bersyukur
Sekarang juga, angkat dan buka lebar-lebar kedua tangan anda keatas, tarik kebelakang sambil diturunkan, sambil menghirup dan menghembuskan udara segar, dalam-dalam, mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT, 
"… ya Allah ….. luar biasa sekali Engkau …. Nikmat sekali ini semua …. Kau berikan aku bisa melihat ….. kau berikan aku bisa merasakan nikmatnya udara yang kuhirup ini ….. nikmat sekali ya Allah …… terimakasih ya Allah."

Lakukan berulang secara dalam-dalam dan sungguh-sungguh, sampai anda merasakan kelegaan yang luar biasa dalam hati anda, rasakan kebesaran hati anda, berulang-ulang sedemikian bersyukurnya, menimbulkan kelegaan yang menyeruakkan rasa bergetar dibelakang kepala anda.

Atau, kalau masih belum kuat juga, cara yang sama, ….. ya Allah ….. luar biasa sekali Engkau …. Kau berikan aku nikmat yang amat luar biasa ini ya Allah …. luar biasa sekali anakku ini ya Allah …. Luar biasa sekali keluargaku ini ya Allah, …. sungguh bangga aku memilik mereka ya Allah ….. terimakasih ya Allah ….

Kalau didepan anda ada anak anda, sambil peluklah dia. Kalau ada istri/suami anda peluklah dia, bukankah sangat luar biasa memiliki mereka? Nikmatilah rasa syukur itu dalam-dalam.

Plong, lega, ringan, membesarkan jiwa, rasa bergetar dibelakang kepala kita. Itulah yang harus anda rasakan.

Lakukan terus menerus, tanpa diketahui orang lain tentunya, nggak usah angkat-angkat tangan lagi, nggak usah peluk-peluk lagi, ‘ntar dikira lagi aneh nih orang!!

Pokoknya lakukan terus sampai malam nanti.

Lalu, ingat-ingat, besok pagi, begitu bangun ucapkan doa dan teruskan mengucapkan syukur lagi seperti itu, …..ya Allah terimakasih, masih Kau beri aku kesempatan menikmati hidup ini Ya Allah…., besoknya lagi diulang terus, dan terus.

Terus, kapanpun anda ingat, dimanapun, lakukan syukur. Asal, jangan pas lagi di WC ya?

Rasa syukur yang tulus dan terus-menerus ini akan membesarkan hati dan jiwa anda, selalu plong, selalu lega, selalu tak ada beban dan selalu bersemangat sepanjang hari. Rasakan ada energi baru yang terus-menerus terpompakan kedalam diri anda.

Itulah yang saya rasakan saat ini, seakan energi itu tidak ada habisnya, tidak ada capek-nya, dari satu meeting ke meeting yang lain, dari satu topic ke topic yang lain, dari satu problem solving ke problem solving yang lain, energi itu selalu terbarukan, selalu kreatif.

Buat saya, karena suatu kejadian luar biasa yang pernah menimpa saya pada masa lalu, setiap tarikan nafas saya saat ini ternyata mampu membuat saya amat sangat bersyukur kehadirat Allah SWT. Alam bawah sadar saya selalu merespons rasa senang betapa nikmatnya udara yang dapat saya hirup ini.

Setiap orang pasti punya satu cara tersendiri untuk bersyukur kehadirat Tuhan YME. Carilah suatu kejadian luar biasa yang pernah anda alami di masa lampau, yang sedemikian rupa sehingga mampu membuat anda bersyukur dengan amat sangat. Temukan, lalu lakukan terus menerus.

Ada sebuah bonus besar kalau anda berhasil melakukan syukur yang tulus dan terus menerus, yaitu kesembuhan dari berbagai penyakit. Kalau anda saat ini sedang sakit, makin sungguh-sungguhlah anda bersyukur.

Beberapa penelitian meyimpulkan, rasa syukur yang tulus dan terus menerus akan menyembuhkan penyakit kita, penyakit apapun juga. Percayalah.

Mulai sekarang, bila kita mengucapkan Alhamdulillah ……. Resapilah sedalam-dalamnya …. rasakan sensasi itu terjadi terus menerus …. agar kita mendapatkan energi syukur yang selalu terbarukan, sekaligus bonusnya.

Buat rekan-rekan yang beragama bukan Islam, sudah barang tentu syukur anda itu dengan menyebutkan nama Tuhan, atau cara seperti yang diajarkan agama anda.

Selalu Berpikir Positip
Tariklah nafas dalam-dalam lagi. Rasakan energi syukurnya.

Segera setelah anda menemukan energi yang membesarkan jiwa yang timbul dari rasa syukur itu terjadi, langsung saja anda pindah ke dahi, disitulah anda menempatkan rasa selalu berpikir positip.

Mulai sekarang, sambil tetap menjaga energi syukur itu terus menerus tetap ada, kita tambahkan rasa selalu berpikir positip didahi kita, selalu memandang segala sesuatu dari sudut yang baik, apapun itu. Luar biasa.

Rasakan, hidup anda akan menjadi baik karena kita selalu memandangnya dari segi yang baik. Selalu berpikir baik tentang diri sendiri. Selalu bepikir baik tentang orang yang kita ajak bicara. Selalu berpikir baik tentang apapun disekitar kita.

Itu akan men-setting wajah kita selalu ramah terhadap orang lain, sehingga orangpun pasti akan bersikap sama terhadap kita, membuat apapun yang kita kerjakan menjadi sangat menyenangkan.

Ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa pikiran positip ini bisa kita tularkan ke orang lain. Cobalah selalu buat seseorang yang kita ajak bicara itu ikut berpikiran positip, yaitu dengan cara memancarkan pikiran positip kita ke orang tersebut. Niscaya dia akan berpikiran positip pula.

Alam semesta akan memancarkan pikiran positip kita ke orang lain tersebut, seperti garpu tala menularkan nada yang sama ke garpu tala lain yang didekatkan kepadanya.

Pokoknya, apapun orang bilang tentang kita, kita akan melihatnya dari sudut yang baik. Apapun yang terjadi pada diri kita, kita akan selalu melihatnya dari sudut yang baik.

Gabungan energi syukur dan pikiran positip yang luar biasa ini mustinya sudah anda rasakan saat ini. Rasa segar bersemangat, lega, besar, indah dan selalu positip mustinya sudah terjadi dalam diri anda sekarang. Anda akan melihat mata lawan bicara anda, anda akan berbicara dengan nada semangat disuara anda.

Lakukan terus menerus membangkitkan energi syukur dan pikiran positip ini kapanpun dan dimanapun juga. Secara fisik, anda akan tampil persis seperti seorang entrepreneur yang sebenarnya. Dan anda akan terus membutuhkan energi ini untuk keberhasilan entrepreneurship anda.

Kalau belum juga merasakan seperti yang saya tuliskan diatas, ulangi saja membaca dan melakukannya lagi dari depan, barulah membuka otak kanan.

Buka Otak Kanan
Otak kanan yang terbuka dan aktif membuat anda memiliki kemampuan luar biasa dalam intuisi, kreatif, inovatif, leadership dan entrepreneurship itu sendiri.

Bertahun-tahun selama hidup kita, kita sibuk melatih otak kiri kita, yaitu otak analitis. Misalnya kemampuan matematis dan analitis. Bagus sekali, sih! Cuma saja pada waktu yang sama, kita malah menelantarkan pengembangan otak kanan.

Tidak usah disesali, sekarang kita musti mengaktipkan otak kanan kita, dan terus melatih menggunakannya.

Karena sudah terlanjur lama ditelantarkan, maka kemampuan otak kanan kita level nya njomplang dibawah level otak kiri. Namun, sekali saja otak kanan ini diaktipkan lalu dilatih dengan baik, maka kemampuan otak kanan kita akan ngebut mengejar kemampuan otak kiri, menuju keseimbangan.

Keseimbangan memampuan otak kanan dan otak kiri inilah, yang didukung dengan kuatnya energi syukur dan pikiran positip, yang akan bisa membawa kita menjadi seorang entrepreneur yang baik dan sukses. Kuasailah dengan sebaik-baiknya.

Mari kita aktifkan otak kanan kita.
Cara terbaik adalah dzikir hati untuk mengaktipkan otak kanan kita.

Carilah suatu titik di dada kita, sedikit diatas ulu hati, tiga jari disebelah kiri. Rasakan seolah mulut kita berada dititik itu, dan berdzikir tanpa suara dititik itu. Menyebutkan nama Tuhan.

Ya Rahman Ya Rahim, Ya Rahman Ya Rahim, dan seterusnya, berulang kali kapan saja dimana saja, asal jangan pas kita berada di WC.

Ini akan mengaktipkan otak kanan kita, dan ini harus kita latih terus-menerus agar mem balance kemampuan otak kiri dengan otak kanan kita.

Tidak seperti 2 cara yang lainnya yaitu bersyukur dan berpikiran positip, maka aktifnya otak kanan kita ini tidak akan bisa kita rasakan. Percaya sajalah, pokoknya anda sekarang sudah memiliki intuisi seorang entrepreneur.

Kesimpulan

Mengapa ajarannya enjadi sangat spiritual? Anda pasti bisa mengerti karena yang kita bangkitkan adalah Jiwa kita. Dan cara spriritual adalah cara terbaik.

Anggap saja saat ini anda sudah mampu melakukannya dengan baik yaitu membangkitkan energi syukur dan pikiran positip, sekaligus anda sudah memiliki keseimbangan otak kiri dan otak kanan anda.

Maka saat ini, anda mustinya sudah merasakan sensasi alinea pertama tulisan ini.

Kalau masih belum bisa, ulangi saja membaca dan melakukannya kembali dari awal. Kalau belum bisa juga, ulangi lagi. Begitu seterusnya. Meskipun sudah bisa, anda musti tetap harus melakukannya terus menerus.

Saya melakukannya terus menerus, bahkan hampir seperti terjadi begitu saja secara otomatis. Ini menjaga saya tetap tajam, positip, bersemangat, mampu menghasilkan berbagai keputusan kreatif.

Andapun pasti bisa !!!

Diramu dari berbagai sumber....
Fokus Pada Dahsyatnya Energi Syukur Fokus Pada Dahsyatnya Energi Syukur Reviewed by Edi Sugianto on 00.08 Rating: 5

4 komentar:

  1. Mas Edi, tulisan Anda yang satu ini...

    sungguh2 top markotop..

    sesuatu yang saya cari selama ini, telah ada jawaban disini..

    BalasHapus
  2. mantab .... terima kasih pelajarannya :)

    BalasHapus
  3. jazaakallaahu khoiron... Semoga Allah memberi balasan kebaikan yg berlipat untuk Mas Edi.

    BalasHapus
  4. Inilah sebagus...bagus ny tulisan...seindah indah ny tulisan...jalan menemukan Tuhan melalui rasa syukur...Krn Dialah sang maha pemberi sagalanya....Riski,anak istri,rumah,mobil,nafas,wajah, rambut,telinga,dan masih banyak tak terhitung....sangat setuju,kita bersyukur, hanya orang yg tidak punya akal yg TDK berterimakasih/bersyukur,ya Rohman,ya Rohim nyata adanya.

    BalasHapus


kelas Gendam Online
Diberdayakan oleh Blogger.