Waspada, Maling Gentayangan di Bukalapak

WASPADA!!!
ADA MALING GENTAYANGAN MENGINCAR AKUN MARKETPLACE ANDA.


Salah satu tanda kemajuan di dunia tekhnologi informasi abad ini adalah ditandai dengan adanya Booming Bisnis Online, Toko Online, Pasar Online (MarketPlace), serta berbagai transaksi bisnis yang dijalankan secara online.

Bahkan banyak fihak yang menuduh, bahwa maraknya Marketplace inilah yang menjadi sebab utama bangkrutnya beberapa Toko Retailer, Mall, dan Toko Swalayan di berbagai negara.

Nah, seiring sejalan dengan ramainya pasar dunia maya. Sebagaimana yang juga terjadi di pasar nyata. Selain aktivitas bisnis yang bersifat Halal, sisi gelap manusia juga turut mempengaruhi aktivitas di dunia maya.

Mulai bisnis online bodong, penipuan, Scam, dan bahkan pencurian juga banyak berlaku di dunia digital ini.

Dalam kesempatan ini, saya akan berbagi kisah salah satu modus Pencurian yang dilakukan di pasar online. Yang mana kasus ini menimpa akun saya yang ada di salah satu MarketPlace terkenal di Indonesia. Yaitu BUKALAPAK. ( https://www.bukalapak.com/u/naqsdna )

Jadi gini ceritanya, bagaimana Dana Saldo Bukadompet saya di Bukalapak dibobol Hacker, yang terjadi jam 12.05 AM dini hari tadi malam (30 Juni 2018).

Selama ini, saya kalau Login di bukalapak. Selalu pakai tombol Gmail. Jadi, email dan password terisi secara otomatis.

Dan kemungkinan, data email saya inilah yang berhasil dicuri oleh hacker dan dia gunakan untuk masuk ke akun bukalapak saya. Mengingat, akun email saya yang ini juga sering saya pakai untuk mengisi berbagai form pendaftaran diberbagai situs. Yang mana, salah satunya mungkin saja adalah situs Scam buatan para hacker ini, yang dia gunakan untuk mencuri data digital dari masyarakat.

Secara tekhnis persisnya, saya tidak tahu bagaimana caranya. Tetapi saya menduga seperti itulah cara mereka. Itu sebabnya, password akun gmail dan akun bukalapak saya tadi malam segera saya ganti. Dan selanjutnya, untuk login di bukalapak saya memilih metode manual saja.

Dilihat dari History data transaksi yang dilakukan si hacker di akun bukalapak saya ini, ternyata semuanya digunakan untuk beli pulsa, sehingga berlaku sistem transaksi autoclosing. Dimana pembeli tidak perlu melakukan konfirmasi manual untuk penerimaan barang. Karena transaksi secara otomatis dianggap selesai, ketika bukapak telah kirim pulsa sejumlah nilai pembelian.

Dengan cara ini, transaksi tidak dapat segera dicancel walaupun sudah ketahuan. Apalagi, transaksi pembelian pulsa biasanya sudah selesai hanya dalam beberapa menit saja.

Melihat modus yang digunakan, saya yakin ini adalah Maling Digital yang sudah professional atau minimal sudah terbiasa melakukan pencurian saldo keuangan di suatu toko online.


History Data transaksi pembelian yang dilakukan Hacker :


1. NO. TAGIHAN BL1811E1U8W3INV
STATUS TAGIHAN : Dibayar (30 Jun 2018, 00:05 WIB)
Untuk Pembelian Pulsa : Telkomsel Data 12 GB + 2 GB Video
Ke No. HP : 081271477903
Nilai 100rb


2. NO. TAGIHAN BL1811E1U8M1INV
STATUS TAGIHAN : Dibayar (30 Jun 2018, 00:04 WIB)
Untuk Pembelian Pulsa : Paket internet XL XTRA Combo 35 GB
Ke No. HP : 081958935592
Nilai 227rb
3. NO. TAGIHAN BL1811E1U8GZINV
STATUS TAGIHAN : Dibayar (30 Jun 2018, 00:03 WIB)
Untuk Pembelian Pulsa : Telkomsel Data 35gb + 2gb video
Ke No. HP : 082147273755
Nilai 200rb
4. NO. TAGIHAN BL1811E1U88VINV
STATUS TAGIHAN : Dibayar (30 Jun 2018, 00:03 WIB)
Untuk Pembelian Pulsa : Paket internet XL XTRA Combo 35 GB
Ke No. HP : 087714837129
Nilai 227rb

5. NO. TAGIHAN BL1811E1U854INV
STATUS TAGIHAN : Dibayar (30 Jun 2018, 00:02 WIB)
Untuk Pembelian Pulsa : Paket internet XL XTRA Combo 35 GB
Ke No. HP :. 087714837123
Nilai 227rb

Jumlah keseluruhan : Rp. 981rb

*

Jumlahnya sih gak seberapa, hanya saja kasihan. Lha wong, Cari rejeki yang halal itu lebih mudah. Tapi mereka ini kok malah lebih suka cari rejeki dari jalan yang haram. Kasihan banget mereka ini... karena itu sama saja dengan memprogram pikiran bawah sadar mereka sendiri agar memperoleh rejeki hanya dari jalan yang haram dan telah memutuskan untuk memilih menjalani kehidupan yang tidak tenang.

Sedangkan bagi saya sendiri dalam mensikapi hal ini. Ya, selow bin santai saja. Karena saya yakin, rejeki yang masuk justru akan semakin deras setelah kejadian ini.

Tuhan sudah menetapkan berbagai hukum universal di alam semesta, salah satunya adalah hukum Harmoni. Alias keseimbangan. Dimana ketika ada ruang kosong yang menyebabkan sistem tidak seimbang, maka secara alamiah. Alam semesta akan melakukan pergerakan otomatis untuk menjadikannya kembali stabil dan seimbang.

Dalam ilmu #GendamHarta juga sudah saya ajarkan. Bahwa untuk setiap sen uang kita yang keluar. Jika itu disikapi dengan Feelgood. Maka, akan membuatnya kembali dalam jumlah yang berlipat ganda.

Itu sebabnya, malingnya ini malah saya doakan, semoga bisa kaya dari jalan yang halal. Dan segera sadar dan taubat dari perbuatan jahatnya.

Syukur-syukur dia mau gabung pelatihan di NAQSDNA.COM sehingga dapat segera berubah ke jalan yang benar. Dan terhindar dari KARMA BURUK yang pasti akan menimpanya nanti jika dia masih saja terus menerus melangsungkan aksi jahatnya.

Dalam kejadian ini, tentu saja saya tidak menyalahkan fihak bukalapak. Karena kejadian ini terjadi, adalah murni dari kesalahan saya sendiri yang kurang hati-hati dalam memberikan data digital di dunia maya.

Semoga ini dapat jadi pelajaran buat sahabat yang punya akun di marketplace. Agar lebih berhati-hati dalam memberikan Data Pribadi di dunia maya dan agar membuat kebijakan Saldo Minimal di setiap akun yang ada di MarketPlace untuk meminimalisir kerugian jika terjadi pembobolan akun marketplace seperti ini.

Sekian, semoga bermanfaat....

SALAM.


• Edi Sugianto, Founder NAQSDNA
naqsdna.combasupati.comsabdasakti.com

WA : +62 813 8141 1972
HP : +62 822 3458 3577
Telegram : @Hipnotis
Pin BB : DA927129
Twitter : @edi5758
Facebook : https://www.facebook.com/haryopanuntun
Google Plus : +Edi Sugianto, C.Ht., MNLP

Click To Chat :
Simak Materi Pelatihan Gratis Yang lain di Group Telegram JRC, KLIK DI SINI... untuk bergabung.

Silahkan SHARE / BAGIKAN jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jika anda mau COPAS Artikel ini, sertakan Linknya, agar ada yang bertanggung jawab atas isinya. Terima Kasih.


ads
Waspada, Maling Gentayangan di Bukalapak Waspada, Maling Gentayangan di Bukalapak Reviewed by Edi Sugianto, C.Ht., MNLP on 19.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.