Cara Membuat Click to Chat WhatsApp Terbaru

URL pendek (Short Link) Click to Chat WhatsApp wa.me ini adalah Short Link URL Resmi yang dikeluarkan oleh aplikasi Whatsapp. Sebagai Update terbaru dari cara penulisan sebelumnya yang cenderung lebih panjang. Simak artikel Membuat Link WhatsApp Click to Chat yang menjelaskan Rumus Lama Cara Membuat Click to Chat WhatsApp.

Short Link Click to Chat WhatsApp

Pagi ini, sabtu 20 Oktober 2018. Ketika saya hendak mengubah content pesan Auto Reply di salah satu akun WhatsApp saya yang sudah saya upgrade ke versi business.

Saya menemukan satu fitur baru yang belum ada sebelumnya. Yaitu menu Short Link. Yang berfungsi untuk membuat URL Click to chat (CtC).

Mungkin fitur ini sudah lama, saya aja yang ketinggalan berita dan baru tahu sekarang. Hehehehe...

Apa sih click to chat itu?
CtC Adalah Text yang berfungsi sebagai Link seperti Link URL suatu alamat Blog / website, yang ketika di klik maka orang tersebut akan diarahkan untuk membuka aplikasi WA dan terhubung dengan akun WA kita.

Apa sih manfaatnya?

1. Memudahkan
Orang dapat kirim pesan ke akun WhatsApp kita. Tanpa perlu menyimpan No HP kita. Cukup dengan 1 x klik saja, secara otomatis sudah langsung terhubung.

2. Shareable
Bisa ditebar dimana-mana, baik di website, blog, sosmed, dll.

3. Button Link
Untuk para blogger dan admin dari suatu toko online, link ini dapat dijadikan sebagai Link Order yang dimasukkan ke dalam suatu Tombol Order. Sehingga ketika ada yang klik tombolnya, maka akan langsung diarahkan ke akun WA kita.

Contoh Tombol Click to Chat

RUMUS PENULISAN
Karena fitur ini saya temukan di akun WA business dan tidak ada di akun WA biasa. Awalnya, WA short link ini saya fikir hanya berfungsi untuk akun WA Business saja.

Tetapi setelah saya lakukan uji coba, Ternyata Link URL click to chat resmi dari WA ini juga bisa untuk semua jenis akun WA. Baik akun WhatsApp biasa ataupun akun WhatsApp Business.

Jika Rumus Penulisan Link Click to Chat WhatsApp Versi lama adalah begini : https://api.whatsapp.com/send?phone=No_HP_Anda

dan ini contoh hasilnya: https://api.whatsapp.com/send?phone=6281381411972

Maka dalam rumus yang baru lebih sederhana dan lebih mudah di ingat, yaitu begini Rumus penulisannya : https://wa.me/No_Hp_anda

Atau bisa juga yang lebih singkat lagi begini : wa.me/No_Hp_anda

Pastikan dalam penulisan nomer HP menggunakan format internasional yang mencantumkan kode negara.

Misalnya, 082234583577
Maka ganti angka 0 dengan kode negara indonesia, yaitu 62. Sehingga menjadi 6282234583577

Hasil akhir penulisan Link URL nya adalah https://wa.me/6282234583577 atau cukup seperti ini saja ketika ditebar di sosmed : wa.me/6282234583577

Lebih mudah di ingat bukan?

Kemudian, kalau mau ditambahi text juga bisa, misalnya saya tambahi pesan singkat seperti ini : Halo Master Edi Sugianto

Maka ditulisnya begini : https://wa.me/6282234583577?text=Halo%20Master%20Edi%20Sugianto

Atau jika akun WhatsApp anda adalah versi Business, maka langsung saja buat pesan singkat itu di fitur Short Link yang ada di menu setting whastapp anda.

Dimana menemukannya?

Klik titik tiga di pojok kanan atas, sehingga keluar menu pop up window. Selanjutnya, pilih SETTING, kemudian pilih menu Business Setting, selanjutnya akan keluar menu Short Link (Lihat Foto Screen Shoot).

Short Link Click to Chat WhatsApp

Nah, jika anda mau membagikan Link CtC tanpa Text, maka langsung saja klik tombol "Copy Short Link"

Sedangkan jika anda mau menambah dengan text pesan singkat (maksimal 75 karakter, termasuk spasi), maka silahkan tulis pesan singkat anda di kolom "Customize a default message"

Nanti secara otomatis, WA akan meng-generate linknya.

Video Tutorial Cara Membuat Click to Chat WhatsApp Terbaru



Link Video, https://www.youtube.com/watch?v=O96a6hdQcsY

Selain ke WhatsApp, anda juga bisa membuat Link Click to chat ke Telegram dan Messenger FB.

Rumus :

Telegram : t.me/username_anda
~ Contoh : t.me/hipnotis

Facebook messenger : m.me/username_anda
~ Contoh : m.me/haryopanuntun

Catatan Tambahan :

A. Tambahkan https://
Dari pengalaman saya, biasanya Rumus penulisan diatas hanya berlaku di sosmed seperti Facebook, twitter, dll. Tapi jika dalam artikel blog, atau di dalam content pesan di whatsapp, dll. Adakalanya rumus itu tidak bekerja. Jadi Sebaiknya ditulis lengkap. Yaitu ditambahi https://

Contoh

1. Whatsapp : https://wa.me/6281381411972

2. Telegram : https://t.me/hipnotis

3. Messenger : https://m.me/haryopanuntun

*

B. Huruf Kecil Semua.
Perhatikan penulisan rumus WhatsApp click to chat nya ya....

1. Huruf W, Huruf Besar : Wa.me/6282234583577

2. Huruf kecil semua : wa.me/6281381411972

Seharusnya, penulisan Huruf besar dan kecil tidak ada pengaruhnya dalam penulisan alamat URL. tetapi dari uji coba yang saya lakukan dalam postingan di Facebook, rumus pertama yang menggunakan W huruf besar. Ternyata tidak bisa di Klik dari Device Tablet. Atau mungkin hanya bisa di beberapa Type device saja, tapi tidak bekerja di semua device. Karena saya sudah uji coba berkali-kali menggunakan Tablet tidak bisa. Sedangkan jika menggunakan HP Android yang atau dari Laptop, bisa. Jadi, demi kelancaran. Tulis dengan huruf kecil semua sajalah.

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam


Edi Sugianto, Founder NAQSDNA
naqsdna.com l dnasukses.com




Ps.
  • Info kelas Online Vibrasi, KLIK DI SINI ( https://www.dnasukses.com/2018/02/seni-kembali-ke-diri-sejati.html )
  • Info jadwal workshop terdekat, KLIK DI SINI ( https://workshop.naqsdna.org )
  • Kontak saya di WhatsApp, kirim pesan ke WA No. 0813 8141 1972
*

ads

Terima Kasih sudah membaca Cara Membuat Click to Chat WhatsApp Terbaru . Silahkan SHARE / BAGIKAN jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jika anda mau COPAS Artikel ini, sertakan Linknya, agar ada yang bertanggung jawab atas isinya. Terima Kasih.
Cara Membuat Click to Chat WhatsApp Terbaru Cara Membuat Click to Chat WhatsApp Terbaru Reviewed by Edi Sugianto, C.Ht., MNLP on 10.56 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.