ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Selasa, 13 September 2011

Quantum Success Power The Next Level

Semua Berawal dari mimpi dan Imajinasi
Siapa yang tidak mengenal albert Einstein?. Siapa yang tidak mengenal oprah winfrey?. Siapa yang tidak mengenal Thomas alva Edison?. atau mungkin siapa yang tidak mengenal sang pendobrak di abad ini Barrack Obama?. Siapa yang tidak mengenal Arrival Dwi Santosa anak Indonesia penemu Artav,anti virus lokal?. Semua orang mengenalnya. Tapi mungkin orang mengenal tokoh-tokoh besar dan terkenal ini hanya berdasarkan apa yang telah mereka bangun dan lakukan sekarang ini bukan dengan apa yang mereka buat dari awal. Sekarang, mari kita tengok satu cerita dari albert einstein.

Albert Einstein dilahirkan di Ulm, Kerajaan Wuettemberg, Prusia Raya (sekarang Jerman) pada tanggal 14 Maret 1879. Beliau terlahir sebagai putra sulung dari pasangan Hermann Einstein dan Pauline Koch. Ayahnya berprofesi sebagai pedagang kasur bulu. Pada tahun 1980 bisnis ayahnya mengalami kegagalan. Keluarga Einstein pindah ke Munich. Di kota ini Hermann dan adiknya mendirikan perusahaan instalasi gas dan air.

Di waktu kecilnya Albert Einstein nampak terbelakang karena kemampuan bicaranya amat terlambat. Wataknya pendiam dan suka bermain seorang diri. Bulan November 1981 lahir adik perempuannya yang diberi nama Maja. Sampai usia tujuh tahun Albert Einstein suka marah dan melempar barang, termasuk kepada adiknya.

Minat dan kecintaannya pada bidang ilmu fisika muncul pada usia lima tahun. Ketika sedang terbaring lemah karena sakit, ayahnya menghadiahinya sebuah kompas. Albert kecil terpesona oleh keajaiban kompas tersebut, sehingga ia membulatkan tekadnya untuk membuka tabir misteri yang menyelimuti keagungan dan kebesaran alam.

Albert memulai semuanya dari mimpi dan imajinasinya untuk membuka tabir misteri alam semesta. Begitulah albert einstein melakukan sesuatu, bermimpi dan berimajinasi setinggi mungkin. Sehingga ia pernah mengeluarkan sebuah kata-kata mutiara yang sangat terkenal hingga sekarang ini “ Imajinasi Lebih penting dari Ilmu pengetahuan”. Hal yang paling baik untuk menjelaskannya adalah bahwa ilmu pengetahuan dapat dipelajari oleh semua orang dari pengalaman atau bangku sekolah, semua orang bisa mendapatkannya.

Namun, mimpi dan imajinasi sangat sedikit orang yang bisa melakukan, mimpi dan imajinasi yang dimaksud disini adalah mimpi dan imajinasi yang diwujudkan menjadi nyata, bukan sekedar bermimpi kemudian ditinggalkan sehingga benar-benar hanya menjadi mimpi dan imajinasi.

Napoleon Hill (2007) mengatakan bahwa setiap jalan yang besar, setiap institusi keuangan hebat, setiap perusahaan bisnis raksasa, dan setiap penemuan besar, selalu diawali dari sebuah mimpi dan imajinasi seseorang. Imajinasi ini dibentuk di dalam kepala, ketika imajinasi ini terbentuk maka otak akan mengstimulasi badan untuk melakukan hal-hal yang diluar kebiasaan dan diluar kendali manusia. Tengok saja betapa hebatnya seorang F.W Woolworth mendirikan five and tent cent store plan dalam imajinasinya sebelum toko besar itu terwujud nyata dan mengantarnya menjadi miliarder.

Ketika anda menjadi seorang pencari kerja yang ingin berkarir dengan sempurna baik itu mencari lowongan kerja di Koran, atau mencari kerja melalui job-fair yang banyak digagas oleh universitas-univerisitas besar untuk menjembatani para pencari kerja dalam mencari kerja, Atau mencari kerja melalui situs career center seperti yang disediakan oleh ECC UGM, maka anda sudah memiliki mimpi dan imajinasi, namun masih dalam tahap yang belum begitu tinggi. Biasanya masih muncul sikap kepasrahan di mimpi dan imajinasi. Misalnya, “saya daftar di perusahaan A, jika memang tidak lulus maka ya sudahlah bukan rejeki”.

Sejak dahulu manusia sudah sering bermimpi, manusia bermimpi ke bulan pada jaman-jaman dahulu dan mereka berusaha mewujudkan mimpi itu dengan berbagai tindakan nyata. Mimpi dan imajinasi akan tetap selamanya menjadi mimpi dan imajinasi jika tidak diwujudkan.

Manusia pada umumnya takut untuk bermimpi lebih tinggi “ kalau mimpi dan imajinasi terlalu tinggi, nanti jatuh pasti sakit sekali, kalau mau mimpi jangan tinggi-tinggi amat, jatuhnya pasti gak terlalu sakit”. Banyak sekali alasan orang untuk bermimpi, namun sedikit sekali keinginan untuk mewujudkannya.

Mimpi dan imajinasi yang tinggi mempunyai tantangan atau challenge tersendiri bagi seseorang yang menginginkannya. Mimpi dan imajinasi yang biasa-biasa saja terkadang jarang untuk diwujudkan, hal ini disebabkan mimpi dan imajinasi jenis ini tidak memberi suntikan gairah bagi orang tersebut.

Orang-orang yang memiliki mimpi, imajinasi atau cita-cita yang tinggi setinggi bintang selalu akan berusaha dan bekerja keras, mimpi atau imajinasi yang tinggi adalah tanda hidupnya jiwa, indikasi sukses orang-orang besar, pintu kebahagiaan bagi siapa saja disebabkan jiwanya selalu terbuka, berpikir dan berjiwa besar. D.J Schwartz mengatakan “ kalau anda percaya bisa berhasil maka anda akan betul-betul berhasil

Mimpi dan imajinasi adalah kekuatan untuk menantang resiko demi sebuah perwujudan prestasi. Prestasi tidak semestinya dihadiahkan dengan piala, uang, sertifikat. Prestasi yang dimaksud adalah kebahagiaan dalam menyajikan mimpi-mimpi yang semula hanya berbentuk samar, abstrak dan tidak jelas menjadi sebuah kenyataan dan terlihat. Itulah sebenar-benarnya mimpi. Izzudin (2006) menjelaskan mimpi dan imajinasi sebagai berikut:
  • Mimpi dan imajinasi yang besar itu ibarat dinamo : mimpi dan imajinasi yang besar adalah ibarat dinamo yag menggerakkan arus positif dan arus negatif yang mengontrol tubuh. Mimpi dan imajinasi ini seperti bahan bakar, yang akan memacu dan melesatkan kendaraan lebih cepat.
  • Mimpi dan imajinasi adalah pintu : mimpi dan imajinasi ibarat pintu kebahagiaan, pintu kesuksesan dan pintu kesempurnaan, cobalah bayangkan seseorang akan memasuki sebuah rumah namun ia tidak mendapatkan pintu. Begitu juga ketika hendak memulai sebuah karir, dalam mencari pekerjaan, pintu yang paling baik untuk memulai adalah sebuah mimpi dan imajinasi. Mimpikanlah sesuatu yang besar maka anda akan mendapatkan besar.
  • Mimpi yang besar merupakan obat : jika anda berani bermimpi lebih besar maka mimpi dan imajinasi ini akan menjadi obat bagi penghilang kemalasan, kelemahan, kesedihan. Karena tidak ada satu detikpun yang akan terbuang hanya untuk berpikir untuk bermalas-malasan, bersedih atau terhina.
  • Mimpi adalah ciri kemuliaan : orang mulia adalah orang yang memiliki impian, karena impian akan membangun pendirian yang kokoh, tidak gentar menghadapi masalah, tidak jera menghadapi kegagalan, orang yang tidak memiliki cita-cita akan menjadi pengecut, penakut dan pecundang.
Jadi, apakah anda masih takut bermimpi, kalau anda masih takut bermimpi untuk karir dan hidup anda maka cobalah tengok syair dari bait pertama lagu nidji dari soundtrack laskar pelangi yang begitu menggoda dan berisi pesan dan sarat makna.
Mimpi adalah kunci
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya (Nidji : Laskar Pelangi)
Kalau anda sudah mulai membangun mimpi dan anda sudah mulai bermimpi setinggi langit maka sebaiknya anda melanjutkan langkah anda. Mimpi adalah seperti angka nol. Tidak berwujud dan abstrak. Akan selamanya menjadi mimpi jika orang hanya selalu tidur dan tidak pernah bangkit untuk mewujudkan impiannya. Bermimpilah sebesar dan setinggi mungkin dan biarkanlah mimpi anda menggerakkan anda untuk mewujudkannya.

Ketika Proses Adalah Sebuah Jembatan
Adakah orang yang berkarir langsung sukses hanya seperti membalikkan telapak tangan?. Adakah bayi yang langsung berjalan dan berlari ketika baru lahir?. Jawabannya tidak dan tidak.

Semua butuh proses, semua butuh usaha dan butuh perjalanan panjang. Seorang pekerja yang baru memasuki sebuah perusahaan harus menunggu beberapa lama, menunjukkan kinerja terbaiknya sehingga kelak ia akan menjadi manajer atau bahkan mungkin kepala cabang. Seorang pegawai negeri sipil harus menunggu beberapa tahun sebelum memegang sebuah posisi yang empuk.

Semua butuh proses, semua butuh jembatan. Siapa yang sanggup menjalani proses tersebut maka dialah yang akan berhasil melintasi jembatan untuk bertransisi dari nol sampai dengan menjadi satu. Siapa yang sanggup menjalani pendakian dari dasar ke puncak maka ia akan berubah dari sebuah kepompong menjadi kupu-kupu yang cantik.

Dalam pendakian menuju ke puncak karir yang lebih baik terdapat beberapa macam tipe manusia yang patut dicermati yaitu (Izzuddin, 2006):
  • Tipe quitters : tipe ini adalah orang yang tergesa-gesa, ingin cepat sampai ke angka satu, gampang menyerah, mudah bertekuk lutut, senang patah arang dan tak berani mengambil resiko, orang-orang seperti ini jarang memiliki mimpi yang tinggi karena tidak sanggup untuk mewujudkannya. Bila ada tantangan didepan mata ia akan mundur teratur mencari langkah seribu. Orang semacam ini didominasi oleh pikiran negative, kalah sebelum bertanding, dan memilih parkir sebelum naik ring, memilih aman daripada menghadang resiko. Tak punya nyali untuk menatap hidup positif ini. orang jenis ini paling benci menunggu, sehingga karirnya selalu berganti dan tidak pernah puas, sehari berkarir, setelah itu keluar kemudian berganti karir lagi.
  • Tipe campers : orang dengan tipe ini adalah orang yang senang mendaki pada ketinggian tertentu lalu mengakhiri pendakian dan memilih berhenti, beristirahat serta mendirikan tenda di tempat yang datar. Menikmati kesuksesannya, puas dengan yang diperolehnya, mengambil jalan selamat, dan tak tertantang untuk mengambil peluang dan resiko yang lebih besar. Masih lebih baik dari tipe quitters, tapi tentu bukan pahlawan sejati. Tipe orang ini sangat bersemangat di awal kemudian habis di tengah jalan. Masuk ke dunia kerja dengan motivasi dan niat yang sangat besar kemudian karena apa yang dicarinya tak kunjung didapat maka ia akan segera mundur.
  • Tipe climbers : mereka ini adalah pejuang sejati, pendaki abadi. Para pahlawan hakiki. Para pejuang yang siap mengambil apapaun resiko yang ditemui. Baginya hidup adalah sebuah arena mengubah tantangan menjadi peluang, mengubah hambatan menjadi kesuksesan, mengubah kesulitan menjadi kemungkinan-kemungkinan, mengambil resiko dengan sepenuh konsekuensi dan keberanian, tidak lemah, tidak gampang putus asa, tidak gampang menyerah untuk hidup yang menyejarah. Tipe ini akan bertahan seberapa besar badai datang menghadang, tidak akan ada kata menyerah, bagi mereka hidup adalah sebuah perjuangan keras untuk mewujudkan mimpi dan membangun mimpi ke tempatnya yang lebih tinggi yaitu kenyataan. Mereka percaya bahwa dengan tidak pernah menyerah maka tuhan akan menunjukkan jalan yang terbaik.

Tuhan pasti kan menunjukkan
Kebesaran dan kuasanya
Bagi hambanya yang sabar
Dan tak kenal putus asa
(D’Masiv : Jangan Menyerah

Apa yang harus anda miliki ketika anda ingin menjadi seorang manusia dengan tipe climbers yang sukses dalam berkarir. Beberapa hal mungkin anda bisa coba untuk miliki agar ke depannya anda bisa menjadi seseorang yang tangguh dalam berkarir.

1) Jangan Putus Asa Dan Gampang Menyerah.
Apa yang anda pikirkan ketika karir anda tidak berkembang setahun, dua tahun, tiga tahun, apakah anda akan menyerah. Sebelum anda memutuskan untuk putus asa, cobalah anda membaca dulu cerita hidup yang begitu mengesankan dari seorang yang begitu mempesona.
  • Usia 22, gagal dalam bisnis
  • Usia 23, mencalonkan diri untuk badan legislatif dan kalah
  • Usia 24, gagal lagi dalam bisnis
  • Usia 25, terpilih sebagai anggota badan legislatif
  • Usia 26, kekasih wafat
  • Usia 27, mengalami depresi berat
  • Usia 29, kalah dalam pemilihan ketua badan pertimbangan
  • Usia 31, kalah dalam pemilihan anggota electoral college (badan yang memilih presiden dan wakil presiden Amerika Serikat)
  • Usia 37, terpilih untuk Kongres
  • Usia 39, kalah dalam pemilihan kongres
  • Usia 46, kalah dalam pemilihan senat
  • Usia 47, kalah dalam pemilihan wakil presiden
  • Usia 49, kalah dalam pemilihan Senat
  • Usia 51, terpilih sebagai Presiden Amerika serikat
Apa yang anda dapat dari cerita tersebut?. Apa pendapat anda tentang orang tersebut. Apakah dia orang hebat ataukah dia orang biasa-biasa saja?. Bagaimana sekarang namanya, apakah sekarang namanya ditulis dengan tinta emas?. Kalau anda mengalami hal yang sama dengan orang yang mengalami hal ini apakah anda akan mampu bertahan. Kalau anda bilang terhadap pertanyaan ini, maka anda semestinya malu kepada Abraham Lincoln pemilik cerita hidup ini.

Putus asa dan gampang menyerah adalah sebuah sikap buruk yang menghadang orang untuk maju. Ia berdiri di garis paling depan ketika manusia telah lama menunggu dan apa yang di lakukan tidak menghasilkan apa-apa selain kekecewaan. Orang akan merasa kecewa dalam karirnya ketika ia melihat bahwa ternyata orang lain lebih cepat meniti karir ketimbang dirinya sendiri padahal ia telah melakukan banyak hal dan segala cara, namun apa yang ia lakukan tidak membuahkan hasil dan tidak memuaskan. Hal inilah yang mendorong sikap putus asa dan menyerah.

2) Jangan Takut Gagal
Kegagalan adalah hal yang bisa menumbuhkan keputus asaan dan sikap gampang menyerah. Ketika anda sudah bermimpi tinggi anda sebaiknya mulai menghilangkan sikap takut gagal. Berjuang sampai titik darah penghabisan. Hukum kesuksesan selalu diiringi dengan kegagalan di dalamnya. Tidak ada sebuah kesuksesan tanpa kegagalan. Kegagalan dan kesuksesan adalah bagai dua matang yang saling melengkapi. Orang yang ingin sukses harus tahu bahwa ada saat-saat kegagalan. Yang penting bukan sekedar mencari jalan sukses, tetapi juga mengerti apa yang menyebabkan kegagalan bukan meratapi mengapa ini terjadi, tetapi berpikir apa yang harus dilakukan untuk mengatasi dan mengantisipasi.

Sebuah kisah inspiratif datang dari seorang Thomas alva edison, seorang Thomas harus menghabiskan waktunya dengan 10.000 kali percobaan hanya untuk menghasilkan sebuah lampu. Bisakah anda bayangkan ketika pada percobaan pertama seorang Thomas berhenti, apakah sekarang kita bisa menikmati terangnya dunia dengan lampu pijar. Apakah ketika seorang Thomas alva edison mempunyai jaminan bahwa dipercobaan kedua ia akan mendapatkan kesuksesan. Tentu tidak. Apa yang dia lakukan untuk bisa mewujudkan mimpinya.

Seorang Thomas alva edison tidak pernah takut untuk gagal dalam terus berusaha dan mencoba. Setiap kali percobaannya gagal ia selalu menulis pelajaran berharga apa yang telah menyebabkan kegagalannya. Ia tidak pernah mau berhenti dan tidak takut untuk gagal dan terus mencoba. Sampai pada percobaan terakhirnya dia begitu bangga ketika hasil percobaannya bisa memberikan terang bagi seluruh umat manusia.

Bagaimana dengan kita, sanggupkah kita melihat gagal menghampiri kita, semua orang tidak akan pernah ada yang sanggup. Yang paling penting adalah terus berusaha, tidak perlu memikirkan masalah kegagalan. Jika ia datang hadapilah dengan semangat yang tinggi dan kembali bangkit untuk tidak pernah takut untuk gagal lagi. Percayalah gagal juga pasti akan bosan menghampiri kita.

Ketika kita berkarir atau membangun karir kita maka hal ini akan sering menghampiri kita memberikan cerita-cerita indah tentang indahnya sebuah kesuksesan. Tidak takut gagal berarti tidak takut untuk menjadi sukses. Takut gagal berarti takut untuk sukses.

3) Bersabar dan Berdoa.
Apa yang bisa anda lakukan ketika semua usaha anda telah lakukan, ketika anda tidak pernah merasa putus asa dan menyerah, ketika anda tidak pernah takut gagal. Apa yang harus dilakukan. Tidak ada cara lain selain bersabar dan berdoa.

Siapa yang mengatur hidup manusia, siapa yang memberikan rizki kepada manusia, tidak lain dan tidak bukan adalah Tuhan yang maha esa. Kalau saat ini anda belum diangkat sebagai seorang manajer atau kepala bagian, mungkin itu belum rejeki anda dan mungkin saja tuhan mempunyai rencana yang lebih indah buat anda. Tidak perlu merasa gundah gulana karena semua akan datang tiba pada saatnya.

Apa yang menyebabkan banyak orang gagal padahal ia telah berusaha bangkit, tidak pernah menyerah dan tidak pernah putus asa?. Hal yang sering dilupakan manusia adalah mereka kadang melupakan adanya kekuatan lain yang lebih hebat dan lebih besar yang dapat menggerakkan apapun di muka bumi. Kata orang “manusia berencana, namun tuhan yang menetukan”. Hal ini memang benar, tuhan menciptakan manusia untuk melakukan hal-hal yang ajaib karena manusia sudah diberi kemampuan yang lebih dari apapun.

Manusia adalah makhluk tuhan yang paling dibanggakan karena diberi kekuatan akal dan nafsu. Nafsu dan akal saling menggerakkan dalam tubuh manusia untuk mencapai sesuatu. Di luar batas kendali atas usaha manusia, tuhanlah yang punya rencana paling indah untuk manusia. Jika rencana itu tidak terjadi pada hari ini, maka bisa saja rencana itu terjadi besok, minggu depan, tahun depan, oleh karena itu yang perlu manusia lakukan adalah jangan pernah takut untuk gagal dan selalu mantapkan rasa pantang menyerah dan tidak pernah putus asa. Setelah itu menyerahkan semua kepada Tuhan pemilik segala sesuatunya karena setiap kesombongan manusia tidak akan berbuah manis.

4) Gali Potensi Diri Dengan Banyak Belajar.
Banyak manusia yang memiliki kelebihan dan potensi namun ia tak sadar akan apa yang ia miliki. Selalu merasa puas dengan apa yang telah ia punya. Ketika seseorang yang memiliki dan sadar dengan potensinya maka rasa percaya diri akan muncul dengan sendirinya untuk melakukan sesuatu. Ia akan selalu merasa tidak pernah cukup dengan yang ia miliki, ia akan terus mencari untuk mengembankan dirinya dan menggali potensi dalam dirinya. Orang yang tidak pernah mengenal potensi dirinya maka ia tidak akan pernah bisa bekerja dengan baik ataupun berkarir dengan baik. Orang yang merasa cukup dengan apa yang telah ia miliki maka ia tidak akan pernah berkembang dengan apa yang ia telah miliki.

Dengan menggali terus potensi diri maka kita akan menemukan hal-hal baru dalam diri kita yang tidak pernah kita sadari dan tidak pernah kita bayangkan. Hal-hal baru inilah yang akan menjadi kunci-kunci baru bagi kita untuk membuka pintu-pintu yang belum pernah kita temukan pintunya. Kalau kita sudah merasa dalam zona nyaman dan tidak mau mencari tantangan baru maka tahap hidup kita berakhir sampai hanya pada tahap itu saja.

Keran keran inovasi, kreatifitas akan terbuka saat kita terus belajar membuka potensi diri. Banyak bertanya pada orang-orang yang telah mengalami dan sudah menjadi ahli adalah hal yang penting. “Sesuatu jika diserahkan pada buka yang ahli maka kita hanya akan tinggal menunggu kehancuran”. Jika kita terlalu banyak belajar kepada orang yang tidak pernah sukses bagaimana menjadi orang yang sukses maka kita akan menjadi murid yang menemani sang guru. Jika kita belajar sukses dari orang yang sudah sukses dan pernah menjalani rasanya membangun kesuksesan maka disaat itulah kita membuka potensi diri kita, mencari titik dan celah untuk berinovasi untuk selangkah demi selangkah terus membangun kesuksesan.

Buka ruang dalam hati untuk banyak ilmu yang masuk. Sikap defense terhadap sesuatu akan membuat kita kehilangan kesempatan untuk banyak belajar dalam menggali potensi diri. Pelajaran hidup bisa didapatkan dari mana saja bahkan sekedar dari rumput yang bergoyang. Banyak hal yang bisa di dapatkan dari hasil menggali potensi diri. Daya kreasi, inovasi akan semakin terasah dan teruji sehingga skill dan kemamuan seseorang akan semakin bertambah pula. Hal ini bisa membantu dalam meningkatkan karir dimasa yang akan datang bahkan mempercepat arah perjalanan karir pada masa yang akan datang.

Jadilah Seperti Angka Satu
Ketika anda telah melewati proses panjang dalam pencarian karir anda dan anda telah menemukan apa yang anda cari, maka jadilah angka satu yang benar-benar angka satu. Jadilah orang yang sukses dengan sebenar-benarnya sukses. Orang yang sukses adalah orang yang mandiri dalam segala hal, berguna bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Masih banyak orang yang ingin sukses sehingga ketika anda sudah sukses maka jadilah pemimpin dan guru yang berdiri di depan, jadilah sahabat yang berjalan bersama orang lain dan dan jadilah motivator yang memberikan dukungan bagi banyak orang yang mengajarkan banyak hal bagi orang lain. Jadikanlah hidup menjadi benar-benar sukses dengan memberikan nafas hidup bagi seluruh dunia.

Ketika anda berhasil menjadi seorang pengusaha sukses maka bimbinglah banyak orang untuk bisa sukses seperti kita dalam mendirikan usaha. Ketika kita sukses sebagais eorang manajer atau kepala bagian di sebuah organisasi maka bantulah orang dengan segala daya upaya, kerja keras dan keikhlasan agar ia bisa sukses di kemudian hari.

Nama orang-orang sukses di tulis dengan tinta emas karena kemampuan mereka untuk bermimpi, berproses dan berguna bagi banyak orang. Maka teruslah bermimpi, berproses dan berguna bagi banyak orang dan tulislah nama anda dengan tinta emas bagi diri anda sendiri dan bagi dunia.

Pustaka :
Abraham Lincoln
Ihsan Hasan
Izzudin, S. A., 2006, Zero to Hero, Pro U-Medoa, Yogyakarta.
Napoleon Hill., 2007, Percaya Sukses, Harus Sukses, Baca!, Yogyakarta.