ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Senin, 03 Februari 2014

Covert, Conversational, & Overt Hipnosis Dalam Neo Hipnotis

Covert, Conversational, & Overt Hipnosis Dalam Neo Hipnotis

"Dia yang tahu bagaimana menggunakan pendekatan langsung dan tidak langsung, akan meraih kemenangan, Itulah yang dinamakan seni perang." ~ Sun Tzu

Covert Hipnosis artinya Proses hipnosis terselubung, yang mana subjek tidak mengetahui serta tidak menyadari bahwa dirinya sedang dihipnotis. Covert Hipnosis dilakukan dalam kondisi informal dan dalam percakapan ringan serta menggunakan sugesti-sugesti yang bersifat tidak langsung (Indirect Suggestion).

Overt Hypnosis artinya proses hipnosis yang terang-terangan. Subjek tahu dan menyadari bahwa dirinya sedang dihipnotis. Suasananya bersifat formal, dan pola bahasa yang digunakan lebih banyak bersifat langsung (Direct Suggestion).

Dalam Struktur Hipnosis dari Neo Hipnotis, Penggunaan Covert & Overt Hypnosis digunakan secara simultan dan saling menguatkan. Karena dalam sudut pandang Neo Hipnotis. Proses Hypnosis itu dimulai tidak hanya saat Master Hipnotis bertemu muka atau berkomunikasi langsung dengan subjek. Tetapi bahkan saat terjadi interaksi tidak langsung sekalipun, sesungguhnya Proses hipnosis sudah dimulai.

Contoh :
Saat anda membaca artikel ini. Itu artinya anda telah berkomunikasi serta berinteraksi dengan saya. Tetapi tidak secara langsung. Anda hanya membaca tulisan saya saja. Tetapi makna yang terkandung di dalam tulisan ini telah memasuki pikiran anda dan mempengaruhi anda. Dan saat itu terjadi, proses hipnotis jarak jauhpun telah terjadi. Tulisan ini telah menjadi jembatan penghubung bagi terbentuknya Building of Rapport di antara kita. Kita menjadi terkoneksi. Dan secara otomatis, tahap pertama dari Pra Induksi Hipnotis telah terjadi dan sedang berjalan.

Itulah salah satu contohnya, dan masih banyak contoh-contoh lain yang akan saya jelaskan di dalam kelas training Neo Hipnotis yang saya selenggarakan. Sehingga anda akan mendapatkan sebuah Insight bagaimana menciptakan sebuah tekhnik Covert Hipnotis Jarak Jauh yang sesuai  style dan selera anda.

Filosofi Strategi penggunaan Covert VS Overt Hipnosis Dalam Neo Hipnotis sebenarnya terilhami oleh strategi perang dari Sun Tzu yang mengatakan :

"Seperti juga air yang membentuk dirinya sesuai dengan medan, suatu tentara harus mengelola kemenangannya sesuai dengan keadaan musuh. Sama seperti air, yang tidak mempunyai bentuk tetap, dalam perangpun tidak ada aturan atau ketentuan tetap."

"Dia yang tahu bagaimana menggunakan pendekatan langsung dan tidak langsung, akan meraih kemenangan, Itu yang dinamakan seni me-manuver"

"Serang musuh dengan dua kekuatan. Yang pertama adalah serangan langsung dan yang kedua secara tidak langsung dimana musuh tidak menyangka dan membagi kekuatannya sehingga akhirnya mengalami kebingungan."

Seperti itulah aplikasi penggunaan Covert VS Overt Hipnosis Dalam Neo Hipnotis. Kedua jenis tekhnik hipnotis ini haruslah dikuasai dan menjadi bagian dari Attitude seorang Praktisi Neo Hipnotis. Sehingga kompetensi Hipnotis akan menjadi sebuah Unconscious Competence baginya. Yang artinya, apapun yang dia katakan dan lakukan. Semua itu mengandung Efek Hypnotic bagi orang lain. Dengan kata lain, anda adalah seorang Master Hipnotis yang berkharisma dan Full Power.

Kadang kita sering kali melihat program pikiran di dalam kepala orang lain itu error, ber-virus, lelet, dan lain  sebagainya. Nah, rasanya kita pengen banget ingin membantu orang tersebut mengubah program pikiran di ‘komputer-pikiran’ orang itu, namun tentu saja yang punya program, belum tentu mau diubah bukan..?

Di dalam kasus yang seperti ini, kita tidak bisa pakai ilmu Classic hypnosis, sebab si subjek belum tentu mau di hypnosis. Disinilah kita perlu covert hypnosis. Covert artinya terselubung, tidak terdeteksi, tersamar.


Alasan kita menggunakan Covert Hypnosis adalah karena kita secara efektif dapat berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar orang lain tanpa mereka sadari. Jadi orang ini tidak tahu ia sedang masuk trance ringan. Bahkan boleh jadi ia tidak terlihat berada dalam keadaan trance seperti yang dipahami orang dalam Conventional Hypnosis (overt hypnosis), bahkan ia dalam kondisi sangat sadar. Artinya dalam kondisi bercakap kita bisa lakukan suatu “trance-formation of Mind Program” tanpa orang itu sadar dirinya sudah masuk trance, bahkan tanpa ia sadari bahwa kita sedang “work something” padanya. Dalam covert hypnosis semua ‘pekerjaan’ dilakukan secara cerdik dengan menggunakan pola kata-kata yang sangat tersamar, indirect, tidak terdeteksi, bahkan tidak disangka-sangka oleh pendengarnya.

Anda pasti sudah tahu, banyak orang diluar sana, mencampurkan pengertian Conversational Hypnosis dengan Covert Hypnosis, padahal sebenarnya berbeda. Conversational hypnosis adalah hypnosis percakapan yakni menggunakan skill hypnosis dalam format bercakap-cakap dimana subjek juga bisa saja menyadari atau tidak menyadari bahwa dirinya dihipnosis. Artinya suatu conversational hypnosis bisa saja covert atau overt. Sudah banyak yang tahu bahwa Milton H. Erickson, melakukan ke dua jenis hypnosis ini.

Mengapa orang bisa dipicu trance-nya tanpa harus melalui induksi formal, karena orang setiap hari memang sudah masuk trance secara alamiah. Misal saat Anda nonton TV / bioskop, melamun, membaca buku dan terhanyut, atau saat menyetir mobil dan merasa heran kok tiba-tiba sudah sampai tujuan tanpa teringat proses perjalanan.

Menurut Milton Erickson, bawah sadar seorang manusia senantiasa menyimak / mendengarkan, khususnya jika pikiran sadar sedang bingung, overload atau fokus pada hal lainnya. Misal, pada saat pikiran sadar sedang fokus membaca isi suatu cerita (metafor), maka bawah sadar mampu mengenali berbagai hal lain seperti perubahan bentuk huruf, tanda bold, italic, dan lainnya.

Ada tiga formula umum dalam melakukan Covert Hypnosis, yang disebut ABS:
  1. A : Attention Grabbing
  2. B : By Pass The Critical Factor
  3. S : Stimulate Unconscious to Desire Outcome
Sekali Anda piawai mendapatkan suatau perhatian penuh (attention), maka Anda tinggal mengarahkan pembicaraan untuk membypass Critical Factor. Cara konvensional akan menggunakan induksi untuk melakukan proses bypass ini.

Saat Anda tertembus Critical Factor-nya, salah satu tandanya adalah rasa terserap dalam suatu percakapan secara sepenuhnya, sehingga semacam “kehilangan kesadaran waktu beberapa saat”. Dalam kondisi ini mudah sekali sumberdaya dalam unconscious diakses dan distimulasi untuk suatu perubahan. Misal untuk proses terapi, perubahan suasana hati dan emosi, untuk mempengaruhi keputusan, dan lain-lain. Disinilah, orang seringkali seseorang mengalami persetujuan secara mental, tanpa mereka ketahui bahwa dirinya sudah setuju.

Nah, proses ini harus disembunyikan dalam suatu kondisi seperti percakapan biasa. Artinya menggunakan kata-kata yang amat normal sehari-hari, bahkan termasuk penggunaan slank dan sebagainya. Selain itu, semua berntuk perintah dan stimulasipun di-elicit secara indirect sehingga benar-benar tidak disadari.

Ada banyak kondisi dimana Anda perlu mempengaruhi orang lain, mungkin untuk tujuan Anda maupun untuk kebaikan orang itu. Beberapa orang ingin bisa mempengaruhi anaknya yang senantiasa membantah kalau dinasehati. Beberapa orang lainnya ingin menggunakan untuk mempengaruhi massa kampanye mereka. Ada pula yang ingin dipakai untuk berjualan, meyakinkan atasannya agar naik gaji/promosi, atau dalam aktivitas MLM.

Mungkin Anda juga sudah tahu bahwa banyak orang mengira bahwa belajar Covert Hypnosis sama saja dengan belajar Pola-Pola Bahasa Hypnotic dari Milton Model. Well... Sesungguhnya itu beda banget.

Milton Model sendiri memang luar biasa, dan sebagai Trainer NLP saya sangat merasakan manfaat penggunaan Milton Model ini. Boleh dibilang Milton Model adalah sebagai tiruan dari Ericksonian Hypnosis, karena merupakan hasil dari memodel Tulisan hasil Karya Milton H Erickson, dan Milton Model inilah yang biasanya diajarkan dan dipraktekkan dalam kelas pelatihan Conversational Hypnosis.

Nah, saat Anda mempelajari Covert Hypnosis di pelatihan Neo Hipnotis anda akan saya tunjukkan Spirit yang asli dari Milton H Erickson, karena Ilmu Hypnosis yang ini saya pelajari langsung dari Pak Asep Haerul Gani yang merupakan murid generasi ketiga dari Milton H Erickson.

Belajar dari tulisan erickson dengan belajar dari erickson langsung, tentulah sangat berbeda. Dan hal ini baru saya sadari ketika sedang mempelajari ericksonian hypnotherapy dari pak Asep. Karena sebelum saya belajar dari beliau, yang disebut Ericksonian Hypnosis menurut keyakinan saya adalah milton Model yang saya pelajari di kelas NLP. Ternyata keyakinan saya tersebut menjadi jungkir balik 180 derajat ketika saya mengikuti kelas ericksonian hypnotherapy dari pak Asep.

Dengan memahami spirit yang asli dari Ercksonian Hypnosis baik dalam mengaplikasikan Covert ataupun Overt Hypnosis. Anda akan mempunyai Behaviour Flexibility yang luar biasa tinggi dan anda akan menjadi sangat luwes sekali dalam mengaplikasikan dua jenis hipnosis ini.

Induksi Hipnotis yang anda lakukan, bagaikan Gelombang Ombak dipantai yang terus menerus saling susul menyusul tiada habisnya. Ya... Memang hanya ada dua jenis Hypnosis, yaitu Covert dan Overt, langsung dan tidak langsung. Namun kombinasi dari dua kekuatan Hypnosis ini akan menjadi tidak terbatas di tangan seorang praktisi Neo Hipnotis. Dan akan mengikis habis kerasnya karang yang ada di tepi pantai kesadaran subjek anda.

Demikianlah sekilas ulasan saya mengenai Covert, Conversational, & Overt Hipnosis Dalam Neo Hipnotis. Sampai jumpa di kelas Pelatihan Neo Hipnotis bersama saya, Edi Sugianto, CH CHt CI MNLP.

SALAM SUKSES UNTUK ANDA SEMUA.


INFO JADWAL TERBARU TRAINING NAQS DNA u/ Surabaya, Tuban, & Jakarta :

◄► SURABAYA :
✔ 08 February 2014 : Pelatihan Master Neo Hipnotis & Hipnotis Mata Dewa.
✔ 09 February 2014 : Profesional Hipnoterapi.
✔ 15 & 16 February 2014 : Quantum Mind Technology.
✔ 23 February 2014 : Pelatihan Hipnotis Tercepat di dunia bersama Romo Dewa.

◄► TUBAN
✔ 27 February 2014 : Pelatihan Program HipnoTeaching "Smart Teaching Awareness" untuk para Guru sekolah di Tuban JATIM.

◄► JAKARTA
✔ 23 Maret 2014 : Pelatihan Master Neo Hipnotis & Hipnotis Mata Dewa.
✔ 29 & 30 Maret 2014 : Quantum Mind Technology.

DESKRIPSI :
Pelatihan Master Neo Hipnotis & Hipnotis Mata Dewa. KLIK : http://goo.gl/7bIIBN
Pelatihan Hipnotis Tercepat di dunia bersama Romo Dewa. KLIK : http://goo.gl/XlU23S
HipnoTeaching "Smart Teaching Awareness" KLIK : http://hipnoteaching.wordpress.com/
Quantum Mind Technology. KLIK : http://goo.gl/g1ci2m

INFO & REGISTRASI : 081 231 649 477

BEDA NEO HIPNOTIS DAN QUANTUM MIND TECHNOLOGY (QMT)

Di BB ada yang tanya investasi Training Neo Hipnotis & QMT dan juga apa perbedaan materinya.

Maka di sini saya jawab :
✔ Investasi Training Master Neo Hipnotis adalah 2 juta.
Durasi Training : 1 Hari kurang lebih antara 9 s/d 10 jam.

✔ Investasi Training Quantum Mind Technology adalah 3 juta.
Durasi Training : 2 Hari ( 2 X 9 Jam)

Fokus Materi :

✔ Fokus Materi Training Neo Hipnotis adalah Pelatihan di bidang Ilmu Hipnosis. Dengan tujuan utama adalah Kompetensi di Bidang Ilmu Hipnosis.

✔ Fokus Materi Training Quantum Mind Technology adalah pengembangan Diri. Sebuah Inner Journey untuk lebih mengenal diri sendiri dan memetakan bagian-bagian diri, menuju Zona Ikhlas dan kesadaran Murni. Serta pembekalan diri dengan berbagai Life Tools Self Help yang bermanfaat untuk menolong diri sendiri serta orang lain.