ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Minggu, 09 Oktober 2016

Telegram Mudah di Hack Akun RoBot

Melanjutkan tulisan saya kemarin mengenai "Pembubaran Group Chat Generasi Kristal" yang berbasiskan Chat Messenger dari Telegram. Yang terpaksa harus dibekukan akibat serbuan Akun RoBot. Dari kejadian tersebut dapat saya ambil kesimpulan, bahwa aplikasi messenger ini sangat Rawan dari gangguan para Hacker yang memanfaatkan Fasilitas Bot dari Telegram itu sendiri. Dengan Kata Lain, saat ini Telegram Mudah di Hack Akun RoBot.

Fasilitas Bot yang ditujukan untuk membuat pengalaman bersosial yang lebih menyenangkan bagi pengguna Telegram, diubah menjadi Neraka oleh para Hacker. Mereka dengan sengaja membuat Bot yang dapat dimainkan di Group lain tanpa seizin Admin, dan bahkan Banyak Akun Bot ini yang mempunyai Kemampuan untuk mengelola dan mengontrol Group yang bukan miliknya, selayaknya Admin Group.

Pernah kejadian, ketika saya menuliskan satu kalimat dan mempostingnya di Group yang saya kelola, yaitu Generasi Kristal. Maka dalam saat yang sama, salah satu Akun Bot yaitu Tuti Jon, juga Posting kalimat yang sama persis dengan yang saya tulis, dan itu di posting pada waktu yang bersamaan dengan saat saya memposting tulisan itu. Jadi, di saat yang sama, ada dua postingan yang sama persis. Tetapi diposting oleh dua akun yang berbeda.

Sayangnya, untuk kejadian ini belum sempat saya screenshoot. Karena keburu saya hapus. Maklumlah, pada saat itu kami sedang giat-giatnya berperang memberantas semua Bot Liar yang mengacau di Group Generasi Kristal.

Kronologi Perubahan id Group generasi kristal Dan Sekelumit Kisah berjibaku memberantas Robot Liar.

Sejak beberapa hari yang lalu, sekitar tanggal 5 oktober, untuk tanggal persisnya saya tidak mencatatnya, maklum saya saat itu tidak menyangka bahwa perbuatan biadab yang mereka lakukan akan sampai sejauh ini. Banyak akun yang tidak jelas serta Bot yang masuk Group Generasi Kristal dengan perilaku suka bikin rusuh di group ini.

Alamat group GENERASI KRISTAL yang digawangi oleh NAQS DNA asalnya adalah :

ID : @generasikristal
Link : https://telegram.me/generasikristal

yang merupakan type alamat Public Link, kemudian, agar hacker tidak bisa masuk group ini lagi, maka pada Hari Jumat tanggal 7 Oktober 2016, Status Group dari Public saya ubah jadi private, yang artinya, Group ini harus melepas alamat Group di atas. Perubahan status Group dari Public menjadi Private ini bertujuan untuk mencegah masuknya member baru yang tidak jelas. Dengan kata lain, secara Logika member baru tidak akan bisa masuk, karena Link URL yang menjadi alamat Group sudah berubah.

Namun anehnya, walau setelah alamat Public Group sudah dilepas, tetapi member baru yang tidak jelas darimana datangnya masih terus bisa masuk. Yang mana hal ini menunjukkan bahwa Tim Hacker yang ada di dalam Group ini terus memantau semua perubahan yang terjadi. Dan masih terus menebar alamat Group ini untuk mengundang Komplotan Akun perusuh masuk ke dalam group.

Nah, karena Kebijakan merubah alamat Public Group menjadi Private Group tidak memberikan hasil, maka saya berniat untuk mengembalikan status Group dari Private menjadi Public, dan hendak memakai kembali alamat Group GENERASI KRISTAL yang aslinya, yaitu @generasikristal

Namun, anehnya... Id Tersebut sudah tidak dapat lagi saya pakai, yang artinya sudah dipakai lagi oleh orang lain. Dan setelah saya telusuri, ternyata ada Chanel baru yang terbentuk pada tanggal 7 oktober 2016 yang menggunakan alamat dan id itu. Dan jika melihat postingan pembuka yang ada di chanel tersebut, jelas-jelas mengindikasikan bahwa Chanel tersebut dibentuk untuk menandingi group Generasi Kristal yang dikelola oleh NAQS DNA. Dengan kata lain, ini adalah Chanel yang dibuat oleh para Hackers yang menyerbu Group Generasi Kristal yang dikelola oleh NAQS DNA.

Karena id @generasikristal sudah tidak bisa lagi digunakan untuk group Generasi Kristal NAQS DNA, maka dengan terpaksa id group harus saya ubah Public Link nya dengan nama lain, dan saat itu saya memilih

id : @kayahati
Link : https://telegram.me/kayahati

Anehnya, setelah id dan Link group ini sudah berubah, gelombang akun perusuh masih bisa masuk menjadi member baru , yang mana itu artinya, sudah ada orang yang menyebarkan alamat baru dari group ini.

Melihat hal itu, saya hendak merubah kembali Status Group dari Public menjadi Private. Namun anehnya, Status dan Id Group sejak saat itu sudah tidak bisa saya ubah. Berkali-kali saya mencoba merubah alamat Group tetap tidak bisa. Baik untuk merubah Status Public menjadi Private, ataupun merubah alamat URL Public Group, semua tidak bisa saya lakukan. System Telegram tidak meresponnya. Hal ini menimbulkan kecurigaan.

Akhirnya setelah saya telusuri id : @kayahati dan juga Link : https://telegram.me/kayahati ternyata di duplikat juga oleh Tim Hacker, dan ketemulah saya dengan kenyataan aneh ini.


DUA GROUP, SATU ALAMAT

id : @kayahati
Link : https://telegram.me/kayahati

ini id Group baru Generasi Kristal dari NAQS DNA, yang juga mereka duplicate. Jadi alamat group itu, dimiliki oleh dua group, yaitu Group GENERASI KRISTAL & Chanel "Hati-Hati"

Dari Postingan yang ada di chanel itu, jelas mengindikasikan bahwa Chanel itu juga dibentuk oleh Tim Hacker yang menyerbu GENERASI KRISTAL NAQS DNA.

Karena alamat Group ini juga dimiliki oleh Group Hacker, maka akhirnya demi keamanan semua member, dan untuk menjaga nama kami dari penyalah gunaan oleh fihak lain yang tidak bertanggung jawab, akhirnya dengan sangat terpaksa, kami memberlakukan MODE ZERO MEMBER. yaitu untuk sementara membekukan semua kegiatan di Group GENERASI KRISTAL NAQS DNA, dan Meremove semua member.

Dan dengan ini saya informasikan bahwa, GENERASI KRISTAL dari NAQS DNA, sama sekali tidak ada kaitannya dengan Chanel yang menggunakan Nama Hati-hati, dan menggunakakan Alamat sama dengan group GENERASI KRISTAL dari NAQS DNA.

Dan kemarin, ketika saya telusuri lagi ID : @generasikristal dan Link : https://telegram.me/generasikristal ternyata Chanel mereka sepertinya mengalami masalah, sehingga pada tanggal 8 oktober 2016, mereka membuat Chanel Baru dengan nama "New Generasi Keristal" yang tetap menggunakan id dan Link URL yang sama, yaitu @generasikristal dan Link : https://telegram.me/generasikristal.

Chanel ini adalah Chanel tidak Jelas, yang tidak jelas siapa yang bertanggung jawab atas Chanel tersebut, dan tidak jelas siapa pembuat Chanel tersebut, karena member group dan juga admin group tidak dapat terlihat oleh orang yang melihat chanel itu. Berikut ini adalah kata sambutan yang ada di Group itu

New Generasi Keristal, [08.10.16 11:43] :

Selamat bergabung di channel Generasi Kristal. Tempat kita belajar mengkristalisasi diri demi mengagas masa depan yang lebih cerah.

Ini adalah channel resmi @generasikristal. Apabila ada yang mengaku memiliki grup semacam ini, maka dipastikan mereka tidak berafiliasi dengan kami dan mereka mungkin tidak mampu mengkristalisasi diri demi menggagas masa depan yang lebih cerah.

Perkumpulan Generasi Kristal tidak akan mengambil biaya sepeserpun, dan tidak akan meminta sumbangan ikhlas maupun sumbangan sukarela, namun kami akan membagikan info bagaimana mengkristalisasi diri demi menggagas masa depan yang lebih cerah.

Terima kasih. Salam kristalisasi diri demi menggagas masa depan yang lebih cerah.

Walau jelas-jelas ini adalah Chanel Buatan Hacker yang dibentuk untuk membelokkan Fans Generasi Kristal NAQS DNA agar terjebak masuk ke dalam Chanel mereka, tetapi mereka tanpa merasa risih dan malu, tetap menyebut diri sebagai yang asli. Itulah sifat Licik manusia.... hehehehe...

BEDA GROUP & CHANEL DALAM TELEGRAM
Jika kita mencermati, rata-rata Group yang dibuat oleh Hacker adalah bertype Chanel, dan bukan Group.

GROUP
Adalah Komunitas Chatting Messenger dari Telegram, yang mana dalam komunikasinya berlangsung secara dua arah, artinya semua member dapat posting dan Koment di dalam Group. Type ini sama dengan Group di WhatsApp, BBM, Line, dll.

CHANEL
Adalah Komunitas Chatting di Telegram yang mana hanya Admin yang dapat memposting Tulisan di dalam Messenger tersebut, sedangkan semua member Non admin, Hanya sekedar sebagai pembaca saja, dan tidak dapat memposting tulisan, ataupun menjawab tulisan yang ada di dalam chanel tersebut.

Dari Type Group yang dibuat oleh Hacker yaitu berbentuk CHANEL, yang tidak jelas siapa pembuatnya dan siapa adminnya. Maka dapat dipastikan bahwa Chanel itu bukanlah Chanel yang dapat dipertanggung jawabkan isinya. Dan kami dari NAQS DNA sama sekali tidak ada kaitannya dengan dua Chanel yang dibuat oleh Hacker tersebut.

Demikian, sekilas Kronologi Tumbangnya Group Generasi Kristal Oleh serbuan Robot, yang membuktikan bahwa saat ini, Telegram Mudah di Hack Akun RoBot.

Semoga kejadian ini dapat menjadi pelajaran untuk kita semua. Khususnya bagi sahabat yang menjadi Admin Group ataupun Admin Chanel di Telegram. Bahwa adanya Fasilitas Bot yang diberikan oleh Telegram, dapat disalah gunakan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab dan dapat digunakan untuk merusak Group-Group Telegram yang lain.

Sekian, semoga bermanfaat.

SALAM.

Edi Sugianto
(Founder NAQS DNA Institute)

SMS/WA : +62 812 3164 9477
HP : +62 822 3458 3577
Pin BB : 7ccd0ca5
Twitter : @edi5758
Facebook : https://www.facebook.com/haryopanuntun
Telegram : https://telegram.me/Hipnotis
Google Plus : +Edi Sugianto, C.Ht., MNLP


Silahkan SHARE / BAGIKAN jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jika anda mau COPAS Artikel ini, sertakan Linknya, agar ada yang bertanggung jawab atas isinya. Terima Kasih.