ZONA KUANTUM NAQS DNA, MEDIA PERPUSTAKAAN DAN PEMBELAJARAN ONLINE

Kamis, 08 Desember 2016

Rahasia Citra Diri Sukses

RAHASIA CITRA DIRI SUKSES.

Sahabat, tahukah anda. Bagaimana kita mengomentari diri kita sendiri, itu akan sangat besar pengaruhnya Terhadap perkembangan kondisi Nasib kita sendiri. Ya, anda tidak salah baca. Jika efek dari apa yang kita fikirkan mengenai diri sendiri, betul-betul dapat mempengaruhi arah hidup dan kondisi hidup kita. Dan ini bukan sekedar bicara mengenai Positive Thingking, Positive Feeling, Ataupun Latihan menggunakan Kalimat Positif. Ini adalah soal Citra Diri Anda yang sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan anda. Apakah Citra Diri anda itu menguatkan atau melemahkan diri anda sendiri..?

Dan sebelum saya menulis lebih jauh, perlu saya tegaskan di sini, bahwa CITRA DIRI dengan PENCITRAAN itu adalah dua hal yang berbeda. hehehehehe.... Okey, simak tulisan ini sampai selesai ya.


Sekarang, Silahkan di Evaluasi, apa yang sering anda katakan mengenai kondisi diri anda sendiri...

Apakah anda sering berkata seperti ini :
~ Saya ditakdirkan untuk selalu menjadi pecundang,
~ Saya tidak berhak atas keberlimpahan.
~ Saya memang orang yang gagal.
~ Saya tidak layak dicintai oleh seseorang.
~ Saya memang terlahir lemah.
~ DLL.

Ataukah anda sering berkata seperti ini :
~ Saya selalu dikarunia kemakmuran yang melimpah ruah.
~ Seluruh kebutuhan saya selalu terpenuhi dengan cara yang sangat mudah.
~ Saya pribadi yang sangat menyenangkan bagi siapapun juga.
~ Saya selalu menjadi cahaya bagi sesama.
~ Saya selalu sehat dan penuh energi.
~ Saya selalu berpikiran positif dalam keadaan apapun juga.
~ Saya selalu memperoleh hikmah dan pencerahan dari setiap peristiwa kehidupan yang saya alami.
~ Saya selalu memperoleh kemudahan dalam kehidupan saya.
~ Saya sangat mudah untuk memahami pengetahuan apapun juga.
~ DLL.

Ungkapan-ungkapan kalimat di kumpulan kalimat yang pertama, adalah ungkapan yang negatif dan tidak memberdayakan diri. Dan ketika komentar itu yang sering muncul di pikiran anda, maka anda tidak akan pernah tergerak dan bergerak untuk meraih kehidupan yang lebih baik dan lebih sukses.

Sangat berbeda jika anda sering mengomentari diri anda sendiri dengan ungkapan di kelompok kalimat yang kedua.

Apa yang sering anda katakan kepada diri anda sendiri seperti itu, menunjukkan bagaimana anda menggambarkan diri sendiri. Itulah yang disebut dengan SELF IMAGE atau Citra Diri Anda.

Secara sederhana Self Image (Citra Diri) adalah suatu gambaran diri dari seseorang dari sudut pandang terdalam dirinya sendiri. Self Image seseorang hanya dapat terlihat, ketika seseorang berani melihat dirinya secara jujur. Dengan kata lain, perlu keikhlasan luar biasa untuk dapat melihat secara jelas Self Image dari diri kita sendiri.

Psikologi Citra Diri (Self Image) tidak terlepas dari kiprah Dr. Maxwell Maltz, seorang dokter bedah plastik (tahun 60-an) yang menemukan fenomena menarik dari prakteknya. Sebagian besar pasien yang ditanganinya tetap mengalami rasa minder walaupun telah dilakukan operasi bedah plastik yang sempurna, artinya cacat atau kerusakan yang terjadi tidak saja di tubuh fisik, melainkan sudah menembus sampai ke jiwa yang terdalam, dan tidak serta merta sembuh ketika lapisan fisik disembuhkan. Nah, kualitas yang berada di jiwa terdalam inilah yang nantinya dikenal sebagai Self Image, dan ternyata entitas ini sangat berperan untuk menggerakkan segalanya. Dari pengalaman dan pemahaman inilah nantinya Maxwell memperkenalkan konsep PsychoCybernetics, yang kelak akan menjadi dasar berbagai metode pemberdayaan diri.

Dari sudut pandang keilmuan MIND, maka seluruh gerakan seseorang, misalkan berpikir tertentu, menuju arah tertentu, bertemu dengan keadaan tertentu, bertemu dengan orang tertentu, bertemu dengan Peluang Usaha tertentu, dll. Bukanlah suatu peristiwa yang kebetulan, melainkan suatu gerakan yang rapih dari salah satu area Mind yang dikenal dengan nama SuperConscious Mind (kesadaran super). Gerakan SuperConscious Mind ini selalu akan sesuai dengan program inti yang tertulis di Self Image.

Singkatnya, gerakan manusia dalam kehidupannya, termasuk kemungkinan-kemungkinan yang akan ditemuinya (hal baik atau hal buruk) sangat terkait dengan kuasa dahsyat dari entitas yang bernama “Self Image” ini. Self Image bertindak sebagai penyaring pemikiran dari seseorang. Hal yang bertentangan atau tidak selaras dengan Self Image akan dimentahkan (ditolak), sedangkan yang sejalan akan diteruskan. Dalam pengetahuan PsychoCybernetics digambarkan bahwa manusia bergerak dipandu oleh pilot otomatis (Automatic Guidance System), dan pilot ini berpatokan pada tujuan titik kordinat tertentu yang sudah “tertulis” di Self Image.

Maxwell memperkenalkan konsep yang dinamakan “Servomechanism” atau mekanisme otomatis. Suatu gerakan cerdas yang akan selalu menemukan jalannya sendiri untuk mencapai tujuannya. Sebagai ilustrasi, suatu misil (peluru kendali) yang sudah terprogram untuk menghancurkan target di titik koordinat XYZ, ketika diluncurkan akan memiliki arah gerakan yang berbelak-belok, karena melawan hambatan udara, akan tetapi arah gerakan ini selalu direvisi ulang, sehingga pada akhirnya walaupun melalui jalur yang acak, misil ini akhirnya akan mencapai target. Artinya, hal paling penting dari misil ini adalah titik koordinat target yang diprogramkan kepadanya, sedangkan perjalanan misil akan selalu menyesuaikan dengan kondisi hambatan udara yang dilaluinya.

Analogi ini berlaku terhadap Self Image, dimana Self Image adalah program yang menentukan titik koordinat apa yang akan dicapai. Jika seseorang memiliki Self Image, misal : “Saya ditakdirkan untuk selalu menjadi pecundang”, maka selanjutkan akan terjadi gerakan otomatis yang selalu mengkoreksi arahnya (Servomechanism), sehingga apapun yang terjadi selalu akan berakhir untuk menjadikan si pemilik Self Image sebagai pecundang ! Contoh yang lain, ketika seseorang memiliki Self Image, misal “Saya selalu diberikan keberlimpahan”, maka apapun yang terjadi di perjalanan, bahkan jika terjadi hambatan yang menyebabkan yang bersangkutan jatuh ke titik nadir terendah, hal itu akan bersifat sementara, karena akan terjadi koreksi terus menerus yang akan berakhir dengan hadirnya keberlimpahan, sesuai dengan target yang telah diprogramkan Self Image.

Sampai disini mudah-mudahan mulai dapat dipahami, bagaimana mungkin seseorang akan berhasil dalam berbisnis, jika ternyata ia memiliki Self Image yang justru bertentangan tujuannya berbisnis, misalkan ternyata ia memiliki Self Image “Saya tidak berhak atas keberlimpahan”.

Self Image yang tidak memberdayakan pada umumnya terbentuk secara “tidak disadari” (Unconsciously), antara lain terbentuk karena lingkungan, ajaran yang salah, dan kejadian buruk yang terus berulang sehingga menjadi “Faulty Programming” yang membentuk Self Image. Dari sudut pandang Spiritualitas, maka Self Image adalah cerminan bagaimana seseorang menilai Tuhan-nya. Lebih tepatnya bagaimana seseorang memiliki pandangan dan keyakinan apa yang dapat diberikan oleh Tuhan-nya untuk dirinya. Tidak setiap orang secara jujur meyakini bahwa Tuhan maha pemberi, tidak setiap orang secara jujur dapat meyakini bahwa Tuhan dapat dengan mudah memberikan kebahagiaan bahkan keberlimpahan ! Tidak setiap orang dapat meyakini bahwa Tuhan dapat dengan mudah memberikan kesehatan dan cinta. Dst.

Nah, sekarang..

Apa Self Image anda..?
Apakah Self Image anda bersifat menguatkan diri ataukah malah melemahkan diri anda..?

Jika ternyata Self Image anda lebih cenderung tidak memberdayakan diri, bukankah sudah saatnya anda sekarang berubah..?

Dan saya yakin, anda sekarang sudah tahu bagaimana merubah SELF IMAGE anda, bukan..?

Ya, betul..
Dengan mengubah, kalimat komentar anda menjadi seperti contoh yang ada di Kumpulan Kalimat Kedua.

**

Tulisan ini adalah cuplikan dari status Almarhum Guru saya, Pak Yan Nurindra (Semoga beliau mendapatkan Tempat Yang Mulya di sisiNya, Al-Fatehah.. Aamiin..) Yang saya posting kembali, semoga bermanfaat untuk sahabat semua.

SALAM.

Edi Sugianto.
www.naqsdna.com | www.sabdasakti.com

SMS/WA : +62 812 3164 9477
HP : +62 822 3458 3577
Telegram Messenger : @Hipnotis
Pin BB : 7ccd0ca5
Twitter : @edi5758
Facebook : https://www.facebook.com/haryopanuntun
Google Plus : +Edi Sugianto, C.Ht., MNLP

DOWNLOAD APLIKASI ANDROID NAQS DNA (Free Iklan), KLIK NaqsMobile

Silahkan SHARE / BAGIKAN jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jika anda mau COPAS Artikel ini, sertakan Linknya, agar ada yang bertanggung jawab atas isinya. Terima Kasih.