Protocol web, SSL, http Vs https

🔥 http vs https


Silahkan Test buka blog DNASUKSES ini, dengan berbagai protocol domain berikut ini :

1. dnasukses.com
2. www.dnasukses.com
3. http://dnasukses.com
4. http://www.dnasukses.com
5. https://www.dnasukses.com

Sama saja bukan...?

Lalu Apa sih beda protocol http & https? Website yang sudah menggunakan protocol https itu artinya security website/blog tersebut sudah diakui dan terjamin, serta diprioritaskan oleh mesin pencari seperti google, bing, yahoo, dll.

Data digital anda yang terekam ke website tersebut juga dianggap lebih terjamin dari pencurian, scam, ataupun phising.

Di zaman old, https bagi blog ataupu website. Tidaklah terlalu menjadi sorotan bagi para webmaster dan blogger. Namun mengingat di zaman now ini banyak cyber crime alias kejahatan dunia internet, maka berlakulah standard prioritas. Sehingga bagi blog ataupun website yang belum pakai protocol https di mesin pencari akan cenderung di anak tirikan.

Artinya, untuk keyword yang sama. Maka website anda yang belum https akan ditaruh di halaman puluhan atau bahkan ratusan. Alias dibelakang sendiri. Dibandingkan website lain yang pakai keyword yang sama.

Dari pengalaman saya menggunakan protocol https, salah satu hal yang tidak mengenakkan adalah untuk biaya sewa https yang murah atau bahkan gratis. Misalnya let's encrypt, dll. Seringkalinya tidak semua browser mau memberikan hak izin (permission) untuk diakses. Sudah capek-capek setting, masih juga sering nemu kalimat "website not reach, website not secure, dll" alias website ndak bisa dibuka. Haddeeh....

Beda dengan SSL yang paket mahal, misalnya yang harga paket pertahunnya sampai 3,5jt. Ini tentu saja bisa diakses di semua browser.

Anehnya... kasus website / blog tidak bisa dibuka seperti itu. Tidak pernah terjadi untuk web ataupun blog yang masih pakai http.

Hal itulah yang membuat saya kadang bertanya-tanya, benarkah kebijakan SSL ini untuk melindungi konsumen pemakai internet. Ataukah ini hanya permainan bisnis para raksasa digital saja. Entahlah...

Catatan :

Apa itu SSL?
Secure Sockets Layer, atau disingkat SSL, merupakan protokol keamanan yang menggunakan enkripsi modern untuk mengirimkan dan menerima informasi bersifat sensitif yang ada dan tersebar di seluruh internet. Cara kerja SSL adalah membuat channel yang aman di antara pengguna browser dan server website yang hendak dituju user. Informasi apa pun yang melewati channel ini akan dienkripsi di satu end dan didekripsi setelah diterima di end lain.

Website dapat mengaktifkan SSL dengan cara mengakuisisi sertifikat SSL. Website yang menggunakan SSL juga dapat diidentifikasi via penggunaan protokol HTTPS.

Contoh daftar harga SSL per tahun ( Sumber domainesia ) :

Lets Encrypt : GRATIS

RapidSSL : Rp149.000
Geotrust TrueBusinessID : Rp1.092.000
Geotrust TrueBusinessID EV : Rp2.390.000
GeoTrust QuickSSL Premium : Rp726.000
GeoTrust QuickSSL Premium Wildcard : Rp4.042.500

AlphaSSL : Rp336.000
AlphaSSL Wildcard : Rp1.120.000

Comodo PositiveSSL : Rp99.000
Comodo PositiveSSL Wildcard : Rp1.159.200
Comodo PositiveSSL EV : Rp1.490.000

VeriSign Secure Site : Rp4.620.000
VeriSign Secure Site Pro EV : Rp15.960.000

*

Sekian, semoga bermanfaat.

Salam Happy Blogging.


• Edi Sugianto, Founder NAQSDNA
naqsdna.combasupati.comsabdasakti.com

WA : +62 813 8141 1972
HP : +62 822 3458 3577
Telegram : @Hipnotis
Pin BB : DA927129
Twitter : @edi5758
Facebook : https://www.facebook.com/haryopanuntun
Google Plus : +Edi Sugianto, C.Ht., MNLP

Click To Chat :
Simak Materi Pelatihan Gratis Yang lain di Group Telegram JRC, KLIK DI SINI... untuk bergabung.



ads
Silahkan SHARE / BAGIKAN jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jika anda mau COPAS Artikel ini, sertakan Linknya, agar ada yang bertanggung jawab atas isinya. Terima Kasih.
Protocol web, SSL, http Vs https Protocol web, SSL, http Vs https Reviewed by Edi Sugianto, C.Ht., MNLP on 02.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.