Mengapa Keampuhan ilmu Anda Hilang

MENGAPA KEAMPUHAN ANDA HILANG?

Mengapa ketajaman ilmu anda Turun?

Sering saya jumpai, ada orang yang belajar suatu keilmuan. Merasa Luar Biasa dahsyat saat masih sedang belajar. Tapi seiring dengan perjalanan waktu, sesudah dia lepas dari kelas pembelajaran. Dia merasa seolah-olah ketajaman ilmunya kok semakin lama semakin menurun. Bahkan pada beberapa kasus, ilmunya seolah-olah hilang lenyap tanpa bekas.

Mengapa hal itu terjadi, apa penyebabnya, dan apa solusinya?

Terlepas dari Faktor melanggar pantangan dan keterlibatan dalam proses Pembuangan ilmu. Maka ada beberapa point penting yang harus anda cermati, sebagaimana akan saya jelaskan berikut ini.

BAB MAQOMAT ILMU
Dalam mengasah kemahiran suatu ilmu, Selain level pencapaian, ada juga faktor lain yang turut menentukan ketajaman suatu ilmu, yaitu KESTABILAN atau saya sebut dengan istilah MAQOMAT ILMU.

Ada 2 Jenis Kondisi Maqomat ilmu
  1. Pertama : HAL
  2. Kedua : MAQOM
HAL artinya anda pernah bisa, pernah mengalami, dan juga pernah melakukan, tetapi sifatnya hanya pengalaman sementara, dan belum sampai menetap.

MAQOM artinya ilmu atau Skill yang anda miliki sudah melekat, menetap, dan menjadi satu bagian dari diri anda. Ilmu anda sudah duduk di dalam jiwa anda.

Misalnya,
Anda belajar kemahiran mengemudi Mobil. Dan level pencapaian anda sudah cukup bagus. Anda mampu mengemudi di jalanan ramai, di jalan tanjakan, di jalan yang berkelok-kelok, dll. Dan anda kemudian melakukan pekerjaan mengemudi mobil ini secara ber ULANG-ULANG secara terus menerus selama bertahun-tahun. Bahkan anda kemudian mampu adu balap dalam suatu event Balap Mobil.

Ini artinya, status keilmuan anda adalah begini :
  • LEVEL : MAHIR
  • STATUS : MAQOM
Namun, jika suatu saat tanpa alasan yang jelas. Tiba-tiba anda pensiun dan sama sekali tidak pernah lagi pegang kemudi mobil, bahkan sampai beberapa tahun.

Apakah SKILL anda hilang?
Tentu saja tidak bukan?

Anda hanya sedikit kaku saja ketika hendak memulai lagi mengemudi. Dan kekakuan itu akan hilang, setelah beberapa menit melakukan Test Drive.

Lalu bagaimana dengan kasus yang saya tulis di Paragraf awal mengenai seseorang yang merasa seolah-olah menurun ketajaman ilmunya.

Sampai disini, sebenarnya saya tidak perlu lagi menjelaskan secara panjang lebar. Karena saya yakin anda sudah tahu jawabannya.

Tapi, baiklah. Agar semakin jelas, maka akan sedikit saya berikan penjelasan.

Jadi, Jika anda merasa ketajaman ilmu anda menurun selepas dari suatu kelas pembelajaran. Maka jawabannya adalah jelas. Karena status MAQOMAT ILMU anda baru sampai di tingkat HAL. Baru sekedar bisa, baru sekedar pernah melakukan dan pernah mengalami. Tapi belum anda ulang-ulang praktek keilmuan anda itu secara terus menerus hingga sampai menetap, menyatu, duduk, dan Maqom di dalam diri anda.

Apalagi jika dulu waktu di kelas saja tidak bisa, dan sekarang malah sudah lupa. Mbiyen gak iso, saiki lali (~jawa). Plus sudah tidak lagi dapat tersambung dengan guru atau tidak pernah mau konsultasi dengan guru. Kasus seperti ini yang sulit untuk diperbaiki. Hehehehe...

ilmu gaib, metafisika, ilmu hikmah, tenaga dalam, ilmu batin

Kemudian, solusinya bagaimana?
Solusinya juga sederhana saja, silahkan mengulangi kembali pembelajaran anda mulai dari awal. Kemudian naikkan level pencapaian anda sehingga sampai pada tingkat Mahir, dan ulangi terus menerus prakteknya, sedemikian hingga ilmu itu duduk di dalam jiwa anda.

Ciri khas ketika suatu ilmu sudah duduk di dalam jiwa adalah ketika anda mampu mempraktekkan ilmu anda secara otomatis, bahkan seolah-olah tanpa perlu berfikir, seolah semuanya berlaku secara reflex saja.

Demikian, semoga manfaat.

Salam


Edi Sugianto, Founder NAQSDNA
naqsdna.com l dnasukses.com




Ps.
  • Info kelas Getar Sabda Shakti Online, KLIK DI SINI ( https://sabda.naqsdna.org )
  • Info jadwal workshop terdekat, KLIK DI SINI ( https://workshop.naqsdna.org )
  • Kontak saya di WhatsApp, kirim pesan ke WA No. 0813 8141 1972
*

ads

Terima Kasih sudah membaca Mengapa Keampuhan ilmu Anda Hilang. Silahkan SHARE / BAGIKAN jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jika anda mau COPAS Artikel ini, sertakan Linknya, agar ada yang bertanggung jawab atas isinya. Terima Kasih.
Mengapa Keampuhan ilmu Anda Hilang Mengapa Keampuhan ilmu Anda Hilang Reviewed by Edi Sugianto on 19.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.