Tips 4 Langkah Temukan Passion Anda

Passion adalah Kunci Untuk membuat Hidup anda jadi lebih hidup, Lebih berarti, dan menjadi Awal dari Jalan Sukses anda yang sejati.


Pernah ada seorang teman yang berbagi dengan saya, bagaimana dia sudah merasa puas dan bahagia di semua bidang kehidupannya kecuali kariernya. Dia tidak yakin dengan apa yang ingin dia lakukan dan sedang berjuang untuk menemukan apa yang dapat membuatnya lebih bergairah, bersemangat, dan Bahagia. Dengan kata lain, sahabat ini belum menemukan Passion dalam Karirnya.

Menemukan Passion ini memang sangatlah penting. Karena adakalanya seseorang tidak pernah meraih suatu prestasi yang besar, belum Terbukanya Gerbang kesuksesan, belum ditemukannya Jalan Sukses sesuai impian, atau mengalami kondisi kehidupan yang stagnan, begitu-begitu saja. Itu Karena belum ditemukannya passion ini.

Ini beberapa alasan, mengapa Passion itu penting.
  1. Passion akan membentuk karaktermu menjadi pribadi yang lebih kuat.
  2. 90% semangat hidup yang kamu dapatkan bersumber dari passion.
  3. Semakin erat passion yang digenggam, maka semakin besar kilauan inner beauty / Kharisma yang dipancarkan
  4. Passion menjadikan hidupmu jauh lebih berarti.
  5. Passion dapat mengurangi stress dari masalah-masalah hidupmu.
  6. Tidak sekedar bekerja, Jika suatu Pekerjaan disertai adanya passion, maka pekerjaan itu seakan menjadi taman bermain bagimu.
  7. Passion tidak harus memiliki hubungan langsung dengan profesi. Tapi passion bisa sangat mendukung dalam menjalani profesi.
Lalu, apa sebenarnya arti Passion?
Secara sederhana, passion adalah perasaan atau Emosi seseorang yang sangat kuat pada sesuatu. Passion seringkali menjadi alasan dan Faktor Penggerak yang utama dari berbagai hal sebelum seseorang melakukan sesuatu. Begitu kuatnya hingga terkadang orang bersedia melakukan apa pun meski dengan pengorbanan yang cukup besar.

Passion bagi setiap orang bisa jadi sangat unik baik dari jenis dan intensitasnya, namun secara garis besar dapat terbagi menjadi empat passion, yaitu Passion for Knowledge, Passion for Business, Passion of Service, dan Passion for People.

Passion for Knowledge perlu dimiliki seseorang agar mau mempelajari suatu keahlian atau pengetahuan. Knowledge menjadi pilar pertama yang perlu dikuasai seseorang. Karena bagaimanapun seseorang baru bisa mengembangkan diri secara optimal atau pun membantu orang lain bila memiliki kapabilitas yang mencukupi.

Passion for Business dianjurkan dimiliki agar orang terdorong untuk menjadi mandiri dan tidak menjadi beban orang lain secara finansial. Lebih jauh lagi, seseorang bahkan bisa membantu orang lain dengan memberikan kontribusi berharga secara langsung atau pun tidak langsung. Baik sebagai pengusaha sehingga dapat memberikan lapangan pekerjaan atau pun sebagai pekerja untuk meningkatkan keadaan usaha yang pada gilirannya akan membawa manfaat ekonomis pada rekan kerja.

Passion for Service karena memang manusia adalah makhluk sosial, sehingga secara naluriah ada dorongan untuk mereka selalu terhubung dengan sesama. Secara sadar atau tidak, dalam berbagai interaksi, mereka pun memberikan pelayanan kepada orang lain. Mereka seolah terdorong untuk memberikan perhatian lebih pada kondisi yang dihadapi rekan-rekan mereka.

Passion for People juga berkaitan dengan karakter alamiah manusia sebagai makhluk sosial. Sehingga, passion ini banyak mempengaruhi bagaimana kita membentuk, menjaga, dan mengembangkan hubungan dengan orang lain. Semakin besar passion ini, semakin terdorong juga kita untuk menjadi bagian dari suatu komunitas. Tidak hanya sekadar hadir tapi juga memberikan kontribusi berharga.

Pertanyaannya sekarang, "bagaimana kita tahu apa Passion/hasrat kita?"
Ini adalah pertanyaan yang juga sering saya tanyakan pada diri sendiri. Saya pernah berpikir bahwa hanya generasi yang lebih muda (yaitu Millenials atau Gen Y) yang peduli akan hal ini. Tetapi penelitian dari IBM Institute of Business Value (2014) mengatakan sebaliknya.
  1. Generasi Millenial (20%), 
  2. Generasi X (21%) dan 
  3. Baby Boomers (23%). 
Mereka melihat bahwa melakukan pekerjaan yang mereka sukai adalah sebagai suatu tujuan jangka panjang yang penting.

Menemukan Passion, bisa tampak seperti konsep yang sangat kebarat-baratan, tetapi sebenarnya tidak juga. Di Jepang ada istilah yang disebut "ikigai," yang berarti, "alasan untuk menjadi" (reason for being). Apa Makna dibalik diciptakannya diri kita. Atau Bahasa sederhananya, Kita ini lho ngapain dilahirkan, ngapain hidup. Apa tujuannya, apa manfaatnya, apa maknanya, dll. Dan mungkin bagi kita orang jawa, adalah ajaran seperti sangkan paraning dumadi, Kawruh Jiwa, Manunggaling Kawulo Gusti, dll. yang sering membahas mengenai Topik ini.

Ikigai ini mirip dengan Gairah/Passion tetapi memiliki konotasi "tujuan" yang lebih kuat". Ikigai juga diyakini sebagai penyatuan dari 4 elemen, yaitu :
  1. Apa yang Anda cintai ( What you love ).
  2. Apa yang Anda kuasai ( what you are good at ).
  3. Apa yang dibutuhkan dunia ( what the world needs ).
  4. Apa yang dapat Anda bayar ( what you can be paid for ).
Orang Jepang melihat bahwa penemuan ikigai ini membutuhkan suatu pencarian yang sangat mendalam dan panjang ke dalam diri, agar dapat membawa kepuasan dan makna yang hakiki bagi kehidupan.

Jadi bagaimana Anda bisa menemukan Passion atau ikigai Anda?

Berikut ada beberapa tips yang akan membantu Anda:

Tips 1 : Temukan tujuan yang sangat Anda percayai (Find a purpose you strongly believe in)

Pada umumnya Orang menemukan passions atau "ikigai" mereka melalui sejumlah cara, seperti :
  1. Melalui pengalaman yang mengubah hidup (baik positif maupun negatif),
  2. Refleksi batin yang mendalam,
  3. Secara kebetulan,
  4. Dengan tekad dalam diri untuk melakukan perubahan.
Menemukan tujuan yang kuat atau sesuatu yang sangat Anda pedulikan akan membuat
  1. Anda tetap berada di jalur,
  2. Tetap setia pada diri sendiri, dan
  3. Fokus untuk bertahan melalui masa-masa sulit.
Pertanyaan awal yang bagus untuk direnungkan adalah, "apa yang ingin saya lihat berbeda di dunia ini?" - “what would I like to see different in the world?”

Tips 2 : Berhenti berpikir dan mulai lakukan

Jika Anda adalah seseorang dengan banyak keinginan atau Anda sedang menunggu suatu Moment yang tepat, sadarilah bahwa sesungguhnya tidak ada waktu atau usia yang tepat untuk mengejar Passion Anda.

Mark Zuckerberg memulai Facebook saat berusia 19 dan Charles Flint di sisi lain mendirikan IBM pada usia 61 tahun. Satu-satunya cara Anda dapat menemukan hasrat sejati Anda adalah dengan mencoba.

Setiap langkah kecil adalah sangat bernilai untuk diperhitungkan dan akan membawa Anda lebih dekat untuk menemukan hasrat Anda.

Dan jika Anda bersemangat tentang banyak hal, persempit pilihan anda pada Point ke 2 teratas dan lakukan hal itu dengan cukup lama sehingga Anda dapat memutuskan apakah itu benar-benar sesuatu yang ingin Anda lakukan ataukah tidak.

Tips 3 : Berbicaralah dengan orang-orang Yang Memiliki gairah yang sama

Berbicaralah dengan orang-orang yang memiliki passions, minat, dan bahkan mereka yang sudah berpengalaman dalam hal itu dan kemudian lakukanlah.

Anda mungkin terkejut dengan ide-ide menarik yang akan mereka bagikan dengan Anda, peluang untuk berkolaborasi, dan bahkan belajar dari kesalahan langkah yang pernah mereka lakukan sehingga anda dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari kesalahan itu tanpa harus mengalami sendiri kesalahan yang sama.

Tips 4 : Terima bahwa kesalahan, kemunduran, dan kegagalan sebagai sesuatu yang normal.

Sementara mengejar Passion atau IKIGAI, Anda mungkin akan mengalami banyak kemunduran seperti :
  • Kurangnya dukungan,
  • Ide-ide Anda dibuang,
  • tidak menerima bantuan keuangan,
  • dll.

Jack Ma, pendiri Alibaba, berbagi bahwa ia ditolak dari Harvard Business School 10 kali tetapi itu tidak menghentikannya untuk memulai perusahaannya, yang sekarang bernilai $ 264,9 miliar.

Jadi hal yang terpenting dalam hal ini adalah, Kenali dan identifikasi suatu kemunduran sebagai sesuatu yang normal, ambil pelajaran darinya, bersihkan diri Anda dari Trauma dan emosi negatif, dan teruslah bergerak maju.

Menemukan ikigai, atau passion Anda, bisa jadi adalah salah satu perjalanan terhebat dan paling menarik yang akan Anda lalui. Boleh jadi Ini akan menjadi suatu tantangan yang menarik bagi anda dan akan ada banyak pasang surut dalam perjalanannya.

Ingat!!!
Sukses itu tidak akan terjadi hanya dalam satu malam.

Anda tidak bisa hanya duduk manis dan menunggu orang memberi Anda harta karun, Anda harus Mau berjuang dan mewujudkannya untuk diri anda sendiri.

Menemukan Passion anda, mungkin memang tidak mudah. Tetapi ini adalah sangat layak untuk dilakukan. Karena penemuan diri anda ini akan menjadi babak baru dalam kehidupan anda yang lebih penuh gairah, penuh semangat, dan penuh kebahagiaan.

Temukan Passion anda, dan Jadikan Hidup anda lebih Hidup.

Salam


Edi Sugianto, Founder NAQSDNA
naqsdna.com l dnasukses.com




Ps.
  • Info kelas Getar sabda shakti Online, KLIK DI SINI ( https://sabda.naqsdna.org )
  • Info jadwal workshop terdekat, KLIK DI SINI ( https://workshop.naqsdna.org )
  • Kontak saya di WhatsApp, kirim pesan ke WA No. 0813 8141 1972
*

ads

Terima Kasih sudah membaca Tips 4 Langkah Temukan Passion Anda. Silahkan SHARE / BAGIKAN jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jika anda mau COPAS Artikel ini, sertakan Linknya, agar ada yang bertanggung jawab atas isinya. Terima Kasih.
Tips 4 Langkah Temukan Passion Anda Tips 4 Langkah Temukan Passion Anda Reviewed by Edi Sugianto on 08.10 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.