4 SISI WAJAH MANUSIA

Kita memiliki 4 sisi sifat yang melekat di dalam diri, yaitu:
1. Malaikat.
2. Manusia.
3. Binatang.
4. Sampah.

Empat sisi sifat manusia ini juga bisa disebut 4 Sisi wajah. Karena dalam satu ruang dan waktu. Hanya ada 1 sisi wajah yang tampil. Sedangkan yang lainnya diam tertidur jauh di kedalaman bawah sadar.

Misalnya, saat ini yang tampil adalah sisi malaikat. Maka sisi kemanusiaan, kebinatangan, dan sampah tidak akan terlihat. Di saat seperti ini, Kita akan menjadi manusia suci yang tanpa noda.

Seperti apakah penjelasan lengkap 4 sifat manusia tersebut? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

🔹️ 1. Sisi Malaikat.
Malaikat adalah sosok cahaya yang bersih tanpa noda. Kehadiran dan keberadaannya adalah untuk menerangi diri dan sekitarnya. Memberikan cahaya pada alam semesta. Memberi tanpa meminta kembali. Berbuat kebajikan murni dan tanpa pamrih.

🔹️ 2. Sisi Manusia.
Sifat ini adalah sifat terbaik dan mulya sebagai manusia. Kita tidak lagi dikendalikan oleh nafsu, keinginan, dan kelemahan diri. Kita juga sudah tidak lagi dipengaruhi oleh dorongan untuk melakukan keburukan, kejahatan, dan kerusakan.

Namun, walau kita berada pada puncak terbaik kemanusiaan kita. Hal ini tidak sampai membuat kita kehilangan diri dan berubah sifat menjadi malaikat yang suci.

Kita tetaplah manusia biasa dengan segudang kelebihan dan kekurangannya. Namun karena kita sudah membangkitkan sifat RAJA (Khalifah) di dalam diri. Maka segala nafsu, keinginan, hasrat, kelemahan, dan berbagai dorongan duniawi. Itu semua masih berada dalam kendali dan kontrol kita.

Martabat kita tetap terjaga sebagai manusia yang sejati. Tidak sampai terjerumus menjadi binatang, apalagi sampah masyarakat. Tetapi kita juga tidak sok suci dan menjadi malaikat.

🔹️ 3. Sisi Binatang.
Manusia juga memiliki sifat kebinatangan. Yang secara umum dibagi menjadi 2, yaitu:

A. Sifat Binatang Jinak.
Contoh : Kambing, Domba, ayam, bebek, sapi, kerbau, babi, dll.

B. Sifat Binatang Buas/Ganas.
Contoh : Anjing, Harimau, Singa, Beruang, dll.

Saat manusia dikuasai oleh sifat binatang jinak. Dia akan menjadi manusia tanpa otak dan dikendalikan oleh nafsu kemalasan dan kebodohannya. Hidupnya selalu ada dalam kendali orang lain. Bahkan tidak jarang dijadikan sebagai korban dan kambing hitam.

Di sisi yang lain, ketika manusia dikuasai oleh sifat binatang buas. Dia akan menganggap manusia yang lain sebagai calon mangsa, yang bisa dia makan kapan saja di saat lapar. Atau bahkan hanya sekedar untuk bersenang-senang. Berburu mangsa, membunuh, dan mempermainkan korbannya hanya karena dia suka untuk melakukannya.

Manusia yang dirasuki sifat binatang buas. Dia juga menunjukkan sifat dirinya sebagai RAJA. Tapi bukan sembarang raja, karena dia adalah RAJA HUTAN, yang rasa kasih sayang dan kemanusiaannya sudah sedikit hilang atau bahkan sudah hilang sama sekali.

Contoh :
Pepatah mengatakan bahwa "harimau tidak akan memakan anaknya sendiri". Tapi bagaimana dengan manusia yang sudah kerasukan sifat binatang? Dia bisa lebih binatang dari binatang itu sendiri. Dia bisa mengorbankan anak dan keluarganya demi keuntungannya sendiri. Sangat ganas bukan???

🔹️ 4. Sisi Sampah.
Manusia yang jatuh terjerumus ke dalam karakter sampah seperti ini. Dia adalah manusia yang gagal dalam menggunakan potensi unggul dirinya. Dia adalah manusia yang kalah terhadap dorongan negatif dirinya sendiri.

Dia adalah Manusia yang tidak berguna. Yang keberadaannya menjadi beban bagi yang lain. Dan bahkan dapat mencemari dan merusak lingkungan. Inilah manusia sampah.

Sampah harus didaur ulang agar jadi barang yang bermanfaat.

Manusia sampah juga begitu. Jika dia ingin berubah untuk meningkatkan martabat, Kualitas Diri, Kualitas Hidup, dan Nasibnya, maka dia juga harus menjalani proses daur ulang. Entah itu di Pelatihan khusus, di neraka dunia, atau di neraka akherat.

Demikian sekedar buah renungan dari saya kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Salam.

Edi sugianto
Gubes NAQSDNA
Jumat, 22 Desember 2023
naqsdna.com l gendam.org




Ps.
  • Info kelas Getar sabda shakti Online, KLIK DI SINI ( https://sabda.naqsdna.org )
  • Info jadwal workshop terdekat, KLIK DI SINI ( https://workshop.naqsdna.org )
  • Kontak saya di WhatsApp, kirim pesan ke WA No. 0812 3164 9477
*

GENDAM RAJADEWA

Terima Kasih sudah membaca 4 SISI WAJAH MANUSIA. Silahkan SHARE / BAGIKAN jika anda merasa artikel ini bermanfaat, dan jika anda mau COPAS Artikel ini, sertakan Linknya, agar ada yang bertanggung jawab atas isinya. Terima Kasih.
4 SISI WAJAH MANUSIA 4 SISI WAJAH MANUSIA Reviewed by Edi Sugianto on 21.29 Rating: 5

Tidak ada komentar:


kelas Gendam Online
Diberdayakan oleh Blogger.